Setiap orang perlu mandiri secara finansial. Hal itu berlaku bagi pria maupun wanita. Karena itu, semua orang dituntut untuk cerdas dalam mengelola keuangannya.

Dalam kesempatan ini, kami ingin mengulas pentingnya kaum hawa untuk belajar mandiri secara finansial. Salah satu alasannya, karena wanita hidup lebih lama daripada pria.

Menurut data, sekitar 90% wanita akan bertanggung jawab penuh atas keuangannya pada suatu saat dalam kehidupan mereka. Sementara fakta lainnya, sekitar 75% wanita akan menjanda pada usia rata-rata 56 tahun.

Pada prinsipnya, kemandirian finansial bukan tentang berapa banyak uang yang dimiliki oleh seseorang, melainkan tentang keputusan baik dengan uang yang dimiliki.

Ada dorongan besar dalam industri perencanaan keuangan untuk menitikberatkan wanita pada kemandirian finansial. Dengan lebih banyaknya perempuan dalam angkatan kerja, karier yang meningkat, dan warisan, wanita akan mengendalikan jumlah kekayaan yang semakin meningkat secara global.

Pada 2020 mendatang, wanita diprediksi akan mengendalikan sekitar 72 triliun US dolar atau 32% dari total kekayaan secara global. Angka tersebut naik dari tahun 2015 lalu yang hanya sebesar 51 triliun US dolar.

Apa yang jadi permasalahan?

Menurut studi, wanita kerap kali kurang percaya diri, masih berinvestasi secara konservatif, kurang menabung, hingga dinilai belum memiliki pengetahuan yang baik tentang investasi ketimbang kaum pria. Karenanya, butuh solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Baca juga: Kesalahan Terbesar Wanita dalam Mengelola Keuangan, Wajib Dihindari!

Dalam hal ini, wanita butuh bimbingan untuk memaksimalkan pengelolaan uang mereka. Kuncinya, wanita perlu menemukan perencana atau partner keuangan yang tepat, di mana mampu mengerti kebutuhan mereka dan yang terpenting bisa respek pada tujuan yang ingin dicapai di masa depan. Demikian dilansir CNBC.

Seperti yang diketahui, setiap orang tentu berbeda satu dengan yang lain. Begitu pun pria dan wanita. Keduanya punya cara masing-masing untuk mengatur kehidupan finansialnya. Namun, bukan berarti setiap wanita punya cara atur keuangan yang sama pula, meski sebagian besar bisa dibilang memiliki kesamaan.

Contoh: wanita biasanya lebih terbuka, bijak, dan tekun. Sifat inilah yang akan menuntun mereka untuk senantiasa memerhatikan kondisi finansial dan membuat mereka lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan keuangan.

Bagi sebagian besar wanita, investasi tak melulu soal menghasilkan uang. Bagi mereka, investasi juga terkait dengan kontribusi, baik itu melalui aktivitas sukarela atau donasi.

Baca juga: Ini Dia, Deretan Wanita Terkaya di Dunia 2019 Versi Forbes!

Sementara itu, wanita juga cenderung berhati-hati dalam mengambil risiko, sehingga mereka kurang agresif dalam berinvestasi. Secara garis besar, menggunakan pendekatan investasi yang lebih konsisten (meski lebih lambat), bisa menjadi ideal dan memberikan hasil yang baik dalam jangka panjang.

Tips raih kemandirian finansial

Terlepas dari strategi investasi dan apapun jenis kelaminnya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan guna meraih kemandirian secara finansial. Berikut sederet langkah yang bisa dilakukan:

– Buat anggaran

– Alokasikan sebagian uang dari pendapatan setiap tahun

– Buat akun untuk dana darurat

– Pastikan penghasilan diri dan target masa depan

– Investasi sesuai tujuan dan tentukan toleransi risiko

Bekerjasama dengan penasihat keuangan yang tepat mampu memberikan pemahaman yang baik dalam mengelola keuangan. Mereka akan meluangkan waktu untuk memahami tujuan, hasrat, dan kekhawatiran yang dialami klien mereka.

Baca juga: Ingin Punya Anak Sukses? Wanita ini Berikan Tipsnya!

Penasihat keuangan yang baik akan menempatkan kepentingan klien sebagai yang utama. Mereka juga akan proaktif dan senantiasa menjaga klien untuk tetap tenang di tengah ketidakpastian atau gejolak yang terjadi di pasar. Dengan begitu, mereka akan memastikan bahwa klien bisa mencapai tujuannya di masa depan.

 

Platform pengembangan dana yang aman dan menguntungkan

Nah, bagi kamu kaum hawa yang ingin mengembangkan dana dengan aman, mudah, dan menguntungkan, kamu bisa melakukan pengembangan dana di platform Danain yang merupakan Peer to Peer (P2P) Lending pertama beragunan emas di Indonesia. Imbal hasil yang diberikan menjanjikan, minimal 8% maksimal 120% per tahun. Keunggulan lainnya, baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!