Peran wanita dalam dunia bisnis tak bisa dipandang sebelah mata. Banyak wanita yang berhasil membuktikan ketangguhannya menjalani bisnis di berbagai bidang. Bahkan, beberapa di antara mereka berhasil mencatatkan namanya sebagai wanita terkaya di dunia.

Bicara wanita terkaya di dunia, ada fakta menarik yang perlu diketahui. Menurut catatan Forbes, jumlah wanita terkaya sejagat meningkat hampir tiga kali lipat dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir. Jika di 2010 lalu jumlahnya ada 91 miliarder, saat ini telah meningkat jadi 243 orang.

Lantas, siapa saja sosok hebat yang berhasil masuk dalam jajaran wanita terkaya di dunia? Berikut daftarnya!

#1 Françoise Bettencourt-Meyers

Wanita terkaya di dunia yang pertama adalah Françoise Bettencourt-Meyers. Ia merupakan pemilik brand ternama L’Oréal yang telah mendunia. Kekayaannya saat ini ditaksir mencapai 49,3 miliar dolar AS.

Françoise mendapatkan kekayaannya tersebut melalui warisan sang ibu, Liliane Bettencourt, yang telah meninggal dunia pada September 2017 lalu. Selain berbisnis, wanita 65 tahun tersebut juga berprofesi sebagai akademisi yang telah menerbitkan sejumlah buku ternama.

#2 Alice Walton

Kekayaan bersihnya mencapai 44,4 miliar dolar AS. Ia masuk deretan wanita terkaya di dunia berkat saham di Walmart yang merupakan milik ayahnya, Sam Walton. Tak seperti dua saudaranya, Alice memutuskan untuk tak aktif lagi dalam kepengurusan di Walmart dan lebih fokus pada dunia seni.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya Sejagat Raya, ini 10 Fakta tentang Jeff Bezos yang Jarang Diketahui!

#3 MacKenzie Bezos

MacKenzie resmi jadi wanita terkaya ketiga di dunia berkat pembagian harta yang fantastis usai bercerai dengan Jeff Bezos, bos Amazon yang juga merupakan orang terkaya di dunia. Wanita 49 tahun tersebut saat ini memiliki kekayaan bersih mencapai 35,6 miliar dolar AS. Sementara itu, dari 16 persen kepemilikan saham di Amazon, MacKenzie berhak atas 4 persen di antaranya.

#4 Jacqueline Mars

Mars merupakan salah satu petinggi di perusahaan pembuat permen terbesar di dunia. Perusahaan tersebut didirikan oleh sang kakek Frank pada tahun 1911. Selama 20 tahun, ia bekerja di sana dan aktif di jajaran direksi hingga tahun 2016 lalu. Saat ini, Mars memfokuskan diri menjadi filantropis di Washington National Opera. Ia memiliki kekayaan bersih mencapai 23,9 miliar dolar AS.

#5 Yang Huiyan

Wanita 37 tahun ini memiliki saham sebesar 57 persen di perusahaan properti raksasa Country Garden Holdings. Saham tersebut ia dapatkan dari sang ayah pada tahun 2007 silam. Secara umum, Yang menduduki peringkat ke 42 sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes. Kekayaan bersihnya saat ini mencapai 22,1 miliar dolar AS.

Baca juga: Catat, 5 Kesalahan ini Bikin Anda tak Pernah jadi Orang Kaya!

#6 Susanne Klatten

Kekayaan yang dimiliki Klatten bersumber dari beberapa usahanya, baik di bidang otomotif dan obat-obatan. Ia diketahui mewarisi sekitar 50 persen saham di perusahaan kimia Altana AG ketika orang tuanya meninggal dunia. Sementara itu, ia juga mengantongi hampir 50 persen saham di BMW bersama saudara lelakinya. Berdasarkan data, kekayaan Klatten saat ini mencapai 21 miliar dolar AS.

#7 Laurene Powell Jobs

Laurene Powell merupakan istri dari mendiang pendiri Apple, Steve Jobs. Ketika sang suami meninggal, ia mewarisi 20 miliar dolar AS di perusahaan tersebut. Sejak itu, wanita 55 tahun ini terus menginvestasikan sebagian uangnya di bidang jurnalisme. Ia mengambil saham mayoritas di Majalah The Atlantic, Mother Jones dan ProPublica. Dengan kekayaan bersih mencapai 18,6 miliar dolar AS, Laurene  juga mendedikasikan dirinya di bidang pendidikan. Demikian dilansir BBC.

Itulah deretan wanita terkaya di dunia tahun 2019 versi Forbes. Jika dilihat, hampir sebagian besar kekayaan mereka memang diperoleh dari warisan atau pembagian harta dari mantan suami.

Lalu, bagaimana dengan orang yang bukan lahir dari keluarga atau suami kaya raya? Apakah mereka tak bisa menjadi orang kaya seperti sederet wanita tadi?

Jawabannya, tentu saja bisa!

Ingat selalu ucapan Robert Kiyosaki. “Untuk bisa mencapai kebebasan finansial, seseorang harus jadi pengusaha, investor, atau keduanya, sehingga bisa mendapatkan pendapatan pasif setiap bulan.”

Sekarang tergantung pilihan Anda, ingin jadi pengusaha, investor, atau bahkan dua-duanya?

Jika ingin jadi pengusaha, ada banyak bisnis yang bisa Anda jalankan, mulai dari bisnis kuliner, fashion, laundry, dan masih banyak lagi. Sementara itu, jika ingin menjadi investor, usahakan untuk memilih instrumen investasi yang aman, mudah, sekaligus menguntungkan.

Dalam hal ini, Anda bisa mencoba berinvestasi di sektor Peer to Peer (P2P) Lending, seperti di platform Danain. Selain memberikan imbal hasil yang menjanjikan, minimal 8% maksimal 120% per tahun, berinvestasi di Danain juga sangat minim risiko. Selengkapnya, baca: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!