Tunjangan Hari Raya alias THR jadi angin segar bagi para pekerja di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung. Ya, tunjangan tersebut pada dasarnya bisa jadi penunjang finansial saat kondisi ekonomi sedang seret seperti saat ini.

Nah, bagi kamu yang sudah menerima THR dari tempat kerja, ada baiknya gunakan anggaran tersebut untuk hal-hal yang memang bermanfaat. Hindari menggunakan uang THR untuk hal konsumtif, seperti membeli gadget atau barang elektronik lainnya.

Sebagai opsi, gunakanlah uang THR untuk sederet hal di bawah ini:

Kebutuhan hari raya

THR diberikan bukan untuk foya-foya, melainkan untuk menunjang kebutuhan hari raya. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membeli jamuan lebaran hingga ‘salam tempel’ buat sanak saudara atau kerabat dekat. Mengingat pandemi corona masih bergulir, sebaiknya abaikan dulu membeli pakaian baru untuk Idul Fitri. Toh, kamu tak bisa ke mana-mana juga, kan?

Baca juga: Langkah Cerdas Stabilkan Keuangan di Tengah Pandemi Covid-19

Berbuat baik terhadap sesama

Kamu juga bisa memanfaatkan THR yang didapat untuk berbuat baik terhadap sesama. Kamu bisa menggunakannya untuk memenuhi kewajiban zakat, infaq, dan sedekah. Ingat, ada hak orang lain dari sebagian rezeki yang kamu peroleh. Jadi, alangkah baiknya jika kamu memprioritaskan hal tersebut.

Bayar utang

Menggunakan uang THR untuk melunasi utang juga bisa jadi pilihan tepat. Catat semua utang yang kamu punya, seperti utang paylater, pinjaman online, atau kartu kredit, kemudian prioritaskan utang besar yang harus dibayar. Ke depan, hindarilah berutang untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

Baca juga: Tips Keuangan untuk Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19

Sisihkan untuk dana darurat

Jika selama ini kamu kerap menggunakan uang THR untuk membeli pakaian baru atau mendekorasi rumah agar tampak indah di hari raya, sebaiknya kesampingkan dulu hal tersebut di masa pandemi seperti saat ini.

Akan lebih bijak jika kamu mengalokasikan dana tersebut untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, seperti halnya untuk dana darurat. Dana ini bisa menolong kamu menghindari utang ketika ada pengeluaran yang sifatnya mendadak. Ingat, kita tak ada yang tahu, kapan wabah ini akan berakhir!

Gunakan untuk pengembangan dana

Uang THR yang kamu punya juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan passive income. Caranya? Pakai untuk melakukan pengembangan dana di platform Danain!

Dengan melakukan pengembangan dana, kamu bisa menambah penghasilan, menghindari perilaku boros, bantu mewujudkan keinginan, persiapkan hari tua yang cerah, hingga meraih kebebasan finansial.

Apakah platform Danain aman di tengah pandemi Covid-19?

Perlu kamu tahu, performa kinerja Danain justru moncer di tengah wabah ini. Pendanaan yang disalurkan pada Q1 tahun ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Selengkanya, baca: Siaran Pers: Pandemi Covid-19, Pendanaan yang Disalurkan Platform Danain Justru Meningkat Signifikan, Kok Bisa?