Pandemi Covid-19 berdampak buruk terhadap perekonomian. Sejumlah perusahaan yang terdampak telah merumahkan karyawannya, hingga yang paling ekstrem adalah melakukan PHK alias pemutusan hubungan kerja.

Sementara itu, dalam kondisi ini, masyarakat juga dituntut untuk makin cerdas dalam melakukan pengelolaan keuangan. Hindari pengeluaran yang tidak perlu hingga wabah ini benar-benar berakhir.

Di sisi lain, penting juga bagi masyarakat untuk mengambil tindakan yang tepat guna menstabilkan kondisi keuangan di tengah penyebaran virus corona yang makin masif.

Caranya? Terapkanlah sejumlah langkah cerdas yang disebutkan di bawah ini!

 Hindari belanja makanan berlebih

Kepanikan yang melanda terkadang membuat orang merasa perlu membeli bahan makanan secara berlebihan. Alasannya untuk jaga-jaga. Perlu kamu tahu, hal tersebut sebenarnya sangat tak disarankan untuk dilakukan.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan saat Wabah Covid-19, Berhenti Menabung!

Panic buying hanya akan mengacaukan kondisi keuanganmu. Padahal, di saat yang sama, mungkin saja ada kebutuhan lain yang sifatnya lebih mendesak. Karena itu, belilah bahan makanan dengan jumlah secukupnya.

Tekan pengeluaran yang tidak perlu

Sebelum terjadinya wabah Covid-19, kamu mungkin punya kebiasaan untuk berbelanja barang-barang yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan. Dalam kondisi ini, sebaiknya hindari perilaku tersebut. Tekan pengeluaran sebisa mungkin. Sebagai langkah pendukung, kamu bisa mulai dengan membatasi akses ke toko online saat berselancar di dunia maya.

Hindari penggunaan kartu kredit

Penggunaan kartu kredit sangat tak disarankan dalam situasi seperti ini. Selain hanya akan menambah utang, tingginya bunga pada kartu kredit juga akan membuatmu sengsara pada saat melunasinya.

Baca juga: Berapa Jumlah Dana Darurat yang Perlu Dimiliki saat Pandemi Covid-19?

 Jual dolar

Jika kamu punya tabungan dalam bentuk dolar, tak ada salahnya untuk menjual mata uang tersebut dalam kondisi seperti saat ini. Menguatnya nilai tukar dolar bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Sebaliknya, tak disarankan untuk membeli dolar terlebih dulu untuk kemudian dijual kembali. Demikian dilansir Merdeka.com.

Cari pekerjaan tambahan

Pandemi Covid-19 yang terjadi tentu saja akan mengancam kondisi keuangan kamu. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencari pekerjaan tambahan (yang tetap bisa dikerjakan di rumah) untuk mendukung finansial. Sejumlah pekerjaan yang bisa kamu coba di antaranya, menjadi pedagang online, penulis lepas, desain, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Kesalahan Terbesar saat Work from Home, Wajib Dihindari! 

Jual barang

Untuk menstabilkan kondisi keuangan, tak ada salahnya juga bila kamu mengambil sebuah tindakan yang memadai. Misalnya, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjual sejumlah barang yang sejatinya sudah tak terpakai secara online. Dengan begitu, kamu bisa mendapat penghasilan tambahan untuk menopang finansial.

 

Ya, itulah beberapa langkah cerdas yang bisa kamu lakukan untuk menstabilkan keuangan di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Terapkan segera, jangan tunggu keuangan telah menipis!