Sebagian orang menganggap bahwa menerapkan pola hidup hemat adalah sesuatu yang sulit. Jika kamu termasuk salah satunya, sebaiknya buang jauh-jauh anggapan tersebut mulai saat ini.

Perlu dipahami, berhemat adalah salah satu cara cerdas untuk menyehatkan kondisi finansial. Dengan menekan pengeluaran, kamu bisa memanfaatkan uang yang dimiliki untuk sederet hal yang lebih bermanfaat.

Bicara hidup hemat, ada fakta menarik yang perlu kamu ketahui. Ternyata, di balik kemewahan yang biasa kita lihat, keluarga kerajaan Inggris menerapkan pola hidup hemat dalam kesehariannya.

Berikut 10 kebiasaan hemat keluarga kerajaan Inggris yang perlu ditiru:

Sarapan sederhana

Ketika bicara sarapan keluarga kerajaan, sebagian orang mungkin beranggapan  bahwa menu yang disajikan selalu mewah dan berkelas. Salmon, buah-buahan segar, hingga kue yang tak ada habisnya. Namun, perlu kamu tahu, fakta yang sebenarnya tak demikian. Ratu Elizabeth II ternyata lebih memilih menu sarapan hemat, yakni semangkuk sereal dan beberapa buah.

Mendaur ulang bungkus kado

Penulis biografi Kate Williams mengungkapkan, Ratu Elizabeth II tak pernah membuang bungkus kado yang ia terima sebagai hadiah. Sejak muda, kata Williams, sang ratu selalu merapikan bungkus-bungkus kado tersebut, sehingga bisa dipakai di kemudian hari.

Baca juga: Ingin Hidup Hemat? 5 Mindset ini Harus Kamu Miliki!

Mengenakan pakaian lebih dari satu kali

Banyak orang, terutama figur publik yang malu mengenakan pakaian yang sama di beberapa kesempatan. Akan tetapi, hal tersebut tak berlaku bagi keluarga kerajaan Inggris. Ratu Elizabet dan Kate Middleton diketahui sering memakai pakaian yang sama di beberapa acara penting. Bahkan, Putri Anne mengklaim bahwa dirinya menyimpan pakaian favorit selama lebih dari 35 tahun. Demikian dilansir Reader’s Digest.

Lebih suka perbaiki barang daripada beli baru

Jika kamu punya kebiasaan membuang barang rusak padahal masih bisa dipakai, kamu patut malu pada anggota keluarga kerajaan Inggris. Usut punya usut, Ratu Elizabeth ternyata lebih suka memperbaiki barang yang masih bisa dipakai ketimbang membeli yang baru. Hal itu terbukti dari sarung tangan yang dimilikinya, di mana saat rusak tak langsung dibuang, melainkan dicuci dan diperbaiki, kemudian dipakai kembali.

Memasak sendiri

Tak semua anggota keluarga kerajaan dilayani koki. Sebut saja Kate Middleton. Ia diketahui kerap memasak sendiri, termasuk saat membuatkan makanan untuk Pangeran William, yakni ayam panggang. Sementara itu, Pangeran Harry juga kerap tertangkap kamera tengah berbelanja bahan makanan sendiri.

Baca juga: Awas, 7 Kebiasaan Hemat ini Ternyata Malah Merugikan Diri Anda!

Terbang dengan pesawat kelas ekonomi

Meski bergelimang harta, Pangeran William rupanya lebih memilih terbang dengan pesawat kelas ekonomi dari Memphis ke Dallas pada 2014 lalu. Sedangkan Pangeran Harry dan Meghan Markle pernah melakukan perjalanan dengan British Airways kelas ekonomi pada malam Tahun Baru 2018.

Hemat listrik

Dengan perkiraan sekitar 40 ribu lampu di Istana Buckingham, tagihan listrik tentu saja akan sangat besar. Itulah sebabnya pada 2011 lalu, Ratu memasang tanda di sekitar gedung dan memerintahkan staf istana untuk mematikan lampu ketika tak menggunakannya. Sang Ratu begitu serius menangani hal itu. Demikian dilaporkan Financial Times. Tuh, Ratu Inggris saja hemat listrik, masa kamu nggak?

Pakai barang bekas

Pangeran George dan Putri Charlotte mungkin saja mampu membeli pakaian baru setiap saat. Tapi, William dan Kate tampaknya punya rencana lain untuk anak-anak mereka. Dalam satu kesempatan, Putri Charlotte pernah terlihat mengenakan sepatu yang dikenakan oleh sang paman, Pangeran Harry lebih dari 30 tahun sebelumnya. Sementara itu, Pangeran George juga pernah memakai baju baptis sang ayah yang dulu sempat dipakai tahun 1984.

Manfaatkan sisa makanan

Beberapa keluarga kaya mungkin akan membuang makanan yang tersisa, namun tidak untuk keluarga kerajaan. Seorang koki bernama Carolyn Robb, yang pernah bekerja untuk Pangeran Charles dan Putri Diana mengaku bahwa keluarga tak pernah membuang sisa makanan. Pangeran Charles kerap meminta sang koki untuk memasukkan sisa makanan ke menu makan selanjutnya. Misal, sisa daging domba panggang akan dicampurkan ke dalam sebuah pie.

Baca juga: Ini Dia, Sederet Tips Hemat ala Miliarder Dunia yang Bisa Anda Contoh!

Beli pakaian murah

Gengsi pakai baju yang nggak mahal? Kamu patut malu sama Kate Middleton! Perlu kamu tahu, Kate saja tak pernah malu mengenakan pakaian berharga ratusan ribu, yang notabene sangat murah untuk sekelas keluarga kerajaan.

Itulah 10 kebiasaan hemat keluarga kerajaan Inggris yang patut ditiru. Seperti yang sudah disampaikan di atas tadi, ada baiknya jika kamu mulai menghemat segala bentuk pengeluaran setiap bulannya.

Gunakanlah uang yang berhasil dihemat tersebut untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, seperti halnya berinvestasi guna meraih kebebasan finansial.

Kamu bisa jatuhkan pilihan investasi di platform Danain yang merupakan Peer to Peer (P2P) Lending pertama beragunan emas di Indonesia. Selain aman dan mudah dilakukan, berinvestasi di Danain juga memberikan imbal hasil yang menjanjikan, minimal 8% maksimal 120% per tahun. Keunggulan lainnya, baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!