Hidup hemat kadang kala hanya jadi angan-angan yang tak kunjung terwujudkan. Salah satu penyebabnya sebut saja karena kurang baiknya kamu dalam merencanakan dan mengelola finansial. Jika dibiarkan terus-menerus terjadi, jangan heran bila kondisi keuanganmu tak akan pernah sehat.

Nah, agar keuanganmu selalu dalam kondisi baik, ada 5 mindset yang sejatinya perlu kamu terapkan. Sederet mindset tersebut diyakini bisa membuat hidup kamu jadi lebih hemat. Berikut ulasannya!

Hidup sesuai kemampuan

Agar bisa hidup hemat, cobalah untuk miliki mindset “Hidup sesuai kemampuan” sejak dini. Mindset seperti itu akan membuat hidupmu jadi lebih nyaman dan jauh dari kata boros.

Misal, kalau kamu merasa belum butuh kendaraan roda empat, sebaiknya jangan memaksakan kehendak untuk membeli alat transportasi itu. Alangkah baiknya jika kamu gunakan motor yang sudah ada sebagai ‘kaki’ untuk berpergian. Dengan pola pikir seperti itu, keuangan kamu pun akan lebih sehat dan terkontrol.

Saldo rekening gemuk lebih baik daripada pamer barang

Banyak orang terbawa nafsu membeli sesuatu yang sedang hits hanya karena ingin dipamerkan di media sosial atau sekadar tak ingin kalah dengan orang sekitar. Jika kamu termasuk salah satunya, sebaiknya hentikan perilaku tersebut mulai saat ini.

Pahamilah, membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan hanya akan membuat pengeluaran membengkak dan cenderung tak ada gunanya. Akan lebih baik jika uang yang kamu punya disisihkan untuk dana darurat. Percayalah bahwa saldo rekening yang gemuk akan selalu lebih baik ketimbang memamerkan barang ke orang lain yang sifatnya sementara.

Baca juga: Awas, 7 Kebiasaan Hemat ini Ternyata Malah Merugikan Diri Anda!

Hindari sikap ingin selalu mengesankan orang lain

Mindset selanjutnya yang harus kamu miliki agar bisa hidup hemat adalah hindari sikap ingin mengesankan orang lain.

Perlu kamu tahu, sikap seperti ini sering sekali ditemukan dalam diri manusia. Mirip-mirip dengan poin sebelumnya. Banyak orang yang ingin membuat orang lain terkesan dengan barang-barang yang dimiliki atau yang dibawa.

Dalam hal ini, kamu harus menghindari sikap seperti itu jika ingin hidup hemat. Alih-alih membuat orang lain terkesan dengan barang-barang yang dimiliki, sebaiknya kamu lebih fokus menjalani hidup sederhana agar kondisi keuangan tetap sehat dan stabil.

Setahunkan pengeluaranmu

Selalu menyetahunkan pengeluaran setiap kali mengeluarkan uang juga merupakan cara ampuh untuk berhemat.

Contoh: Setiap hari kamu mengeluarkan uang Rp 50 ribu untuk nongkrong di kafe. Sepintas, jumlah tersebut memang terasa kecil. Akan tetapi, coba kamu kalikan setahun! Jumlahnya tentu tak sedikit.

Dengan menyetahunkan pengeluaran-pengeluaran yang dianggap ‘kecil’ tadi, kamu akan berpikir dua kali saat menggelontorkan uang untuk belanja tersebut.

Yakinkan diri bahwa ‘mendapatkan’ lebih berharga daripada ‘menyimpan’

Secara psikologis, orang lebih senang ketika ‘mendapatkan’ sesuatu yang berharga ketimbang ‘menyimpan’ sesuatu yang sudah dimiliki. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa menerapkan trik psikologis yang satu ini, yakni berpikir terbalik.

Penjelasan singkatnya: Daripada kamu beranggapan bahwa kamu bisa ‘menyimpan’ uang Rp 1 juta dalam sebulan dengan berhenti merokok, akan lebih baik jika kamu berpikiran bisa ‘mendapatkan’ bonus Rp 1 juta di akhir bulan karena berhenti merokok. Perlu dipahami, pola pikir seperti itu akan membuat kamu lebih bersemangat untuk berhemat.

Baca juga: Ini Dia, Sederet Tips Hemat ala Miliarder Dunia yang Bisa Anda Contoh!

Itulah sederet mindset yang harus kamu miliki jika ingin hidup hemat. Di sisi lain, berhemat bukan berarti pelit alias benar-benar mengunci rapat pengeluaran. Kamu harus ingat, ada hak orang lain dari sebagian rezeki yang kamu peroleh.

Poin pentingnya, jangan pernah ragu untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan, terlebih saat ini adalah bulan penuh berkah. Percayalah, kamu tak akan pernah miskin dengan membantu sesama, sebab rezekimu malah akan bertambah.

Lantas, apa yang harus dilakukan setelah sukses berhemat? Gunakanlah uang yang kamu miliki untuk investasi guna meraih kebebasan finansial di masa yang akan datang.

Kamu bisa berinvestasi di platform Danain yang merupakan Peer to Peer (P2P) Lending pertama beragunan emas di Indonesia. Selain mudah dan aman, berinvestasi di Danain juga menguntungkan, sebab imbal hasil yang diberikan minimal 8% maksimal 120% per tahun. Selengkapnya, baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!