Peribahasa “Hemat pangkal kaya” sejatinya punya makna sangat mendalam bagi kehidupan kita sehari-hari. Secara garis besar, menerapkan gaya hidup hemat bisa jadi jembatan bagi kita untuk dapatkan hidup yang berkecukupan bahkan kaya di kemudian hari.

Bicara hemat, tahukah Anda jika ada sejumlah miliarder kelas dunia yang hidupnya jauh dari kemewahan? Alih-alih punya harta berlimpah, mereka malah memilih untuk hidup hemat dalam kesehariannya.

Langsung saja, berikut sederet tips hemat ala miliarder dunia yang bisa Anda contoh:

Pakai transportasi umum

Untuk menghemat pengeluaran, memakai transportasi umum saat beraktivitas bisa jadi pilihan tepat. Ya, sekalipun Anda punya mobil atau motor yang bisa digunakan. Perlu diketahui, langkah tersebut juga diterapkan oleh sejumlah miliarder dunia, seperti John Caudwell, David Cheriton, Chuck Feeney, dan Carlos Slim. Meski bisa gunakan mobil mewah bahkan helikopter, mereka lebih memilih untuk berhemat saat beraktivitas dengan naik transportasi umum, berjalan kaki, atau bersepeda.

Tinggal di hunian sederhana

Untuk miliki hunian yang sangat ekslusif, bukan hal sulit bagi seorang miliarder. Ada banyak miliarder di dunia ini yang menempati rumah mewah berharga fantastis. Sebut saja pendiri Microsoft, Bill Gates, yang menghuni rumah mewah di kawasan Washington berharga ratusan juta dolar.

Berbanding terbalik, milarder kelahiran 30 Agustus 1930, Warren Buffett, tidak menerapkan hal demikian. Ia lebih memilih tinggal di rumah dengan lima kamar tidur yang dibeli pada tahun 1958 seharga 31.500 US dollar.

Apa yang bisa kita petik dari kehidupan Warren Buffett? Sekalipun gaji Anda cukup untuk membeli hunian mewah, tak ada  salahnya tetap tinggal di rumah sederhana untuk menghemat pengeluaran. Itu juga bisa diterapkan oleh Anda yang tinggal di rumah kontrakan atau kost.

Hindari beli barang mewah

Ketika banyak milarder berlomba-lomba membeli barang mewah, Carlos Slim tak terbawa arus. Menyandang predikat sebagai orang terkaya, Slim nyatanya tak punya pesawat atau yacht seperti miliarder pada umumnya. Ia tetap mempertahankan kesederhanaannya selama hidup. Begitu pun dengan Bill Gates yang tak malu memakai jam tangan seharga 10 US dollar.

Cukur di tempat murah

Menghemat pengeluaran juga bisa dilakukan dengan hal yang sederhana, sebut saja dalam soal mencukur rambut. Cobalah untuk membiasakan diri tidak memotong rambut di salon mewah. Pilihlah tempat cukur yang murah namun berkualitas. Percaya tak percaya, miliarder sekelas John Caudwell dan David Cheriton lebih memilih potong rambut di rumah sendiri untuk penghematan.

Beli pakaian dengan harga terjangkau

Mengenakan pakaian mahal memang memiliki kebanggaan tersendiri. Meski begitu, hindarilah beli pakaian dengan harga selangit untuk menghemat pengeluaran. Ada banyak pakaian di luar sana yang dibandrol dengan harga terjangkau namun tetap nyaman ketika dipakai.

Tak perlu malu dengan perilaku demikian. Pasalnya, pendiri perusahaan furnitur Ikea Ingvar Kamprad dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg juga menerapkan hal serupa. Bahkan, seorang John Caudwell pun mengaku tak pernah beli pakaian dari desainer.

Sebenarnya, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Sebut saja dengan rutin membawa bekal saat ke kantor, hindari makan di restoran mahal, atau pilih pesawat kelas ekonomi saat berpergian.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Fintech P2P Lending dengan Payday Loan

Alangkah baiknya uang yang telah dihemat tersebut digunakan untuk investasi guna menambah pemasukan. Berinvestasi menawarkan keuntungan yang lebih besar ketimbang hanya menabungkan uang di bank konvensional.

Jika bingung memilih jenis investasi, P2P Lending bisa jadi alternatif tepat yang bisa Anda pilih. P2P Lending seperti Danain menawarkan kemudahan dalam berinvestasi dan keuntungan lebih besar dibanding reksa dana atau deposito. Sebagai informasi, imbal hasil di Danain bisa mencapai 120% per tahun, minimal 8% per tahun. Menariknya lagi, gagal bayar tidak jadi bagian dari risiko pendana. Apabila peminjam tidak melunasi pinjamannya dalam waktu empat bulan (tenor maksimal), PT Mas Agung Sejahtera (PT MAS) selaku mitra akan tetap mengembalikan pokok dan bunga kepada pendana tanpa potongan.

Siap berhemat untuk masa depan yang lebih baik?