Berhemat adalah salah satu cara tepat untuk menyehatkan kondisi finansial. Dengan menekan segala bentuk pengeluaran, seseorang bisa menggunakan uang yang dimiliki untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, seperti untuk ditabung atau investasi.

Bicara hidup hemat, ada fakta menarik yang perlu Anda ketahui. Ternyata, dalam beberapa kasus, ada pola hidup hemat yang malah berdampak buruk bagi diri Anda, terutama untuk kondisi keuangan.

Berikut 7 kebiasaan hemat yang merugikan diri sendiri:

Beli makanan murah tapi tidak sehat

Ada orang yang berhemat dengan cara selalu membeli makanan murah namun tidak sehat. Mie instan, misalnya. Bukannya tidak boleh, namun terus-menerus makan mie instan punya dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jika dibiarkan, bukan tak mungkin Anda akan mengalami masalah kesehatan yang berujung pada pengeluaran yang tidak sedikit.

Alangkah baiknya gunakan uang yang dimiliki untuk membeli makanan yang menyehatkan, tapi tetap terjangkau. Anda bisa membeli sayur-mayur atau bahan makanan lain di pasar lalu memasaknya sendiri di rumah.

Baca juga: Anti Hemat, 6 Zodiak ini Diklaim Paling Boros!

Tidak sarapan

Dengan alasan ingin menghemat pengeluaran, sebagian orang memilih untuk tidak makan saat pagi hari. Jika Anda termasuk salah satunya, ada baiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai saat ini.

Melewatkan sarapan berpotensi besar menyebabkan kesehatan jadi terganggu. Jika terjadi, hal itu akan merugikan diri Anda, baik dari segi kesehatan maupun  finansial.

Ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK. mengatakan, sarapan adalah rutinitas yang wajib dilakukan karena bisa menentukan kondisi tubuh selama seharian beraktivitas. Ia menyarankan agar memilih menu yang tinggi serat agar kondisi tubuh tetap bugar sepanjang hari. Demikian dilansir Detik.com.

Ingat, sehat itu mahal, jadi jangan sepelekan!

Belanja bahan makanan bulanan

Apakah Anda terbiasa membeli bahan makanan bulanan di supermarket? Jika ya, Anda patut berhati-hati! Pasalnya, kebiasaan tersebut juga bisa merugikan diri Anda. Kok bisa?

Perlu dipahami, belanja bahan makanan bulanan sangat efektif bagi Anda yang setiap harinya memang masak di rumah. Tapi, jika sekiranya Anda jarang di rumah karena kesibukan yang padat, ada baiknya hindari kebiasaan tersebut.

Cobalah untuk belanja makanan seperlunya untuk menghindari pemborosan. Anda tentu bisa bayangkan, apa jadinya jika Anda sudah belanja banyak, tapi ternyata makanan tersebut kedaluwarsa karena tak kunjung dimasak. Mubazir!

Baca juga: Ini Dia, Sederet Tips Hemat ala Miliarder Dunia yang Bisa Anda Contoh!

Tidak memeriksa kesehatan dan tidak ke dokter saat sakit

Bagi sebagian orang, memeriksa kondisi kesehatan kerap dianggap buang-buang uang. Padahal, ada pepatah mengatakan, ”Lebih baik mencegah daripada mengobati.” Singkat kata, lebih baik merogoh kocek sedikit untuk memeriksa kesehatan ketimbang mengeluarkan uang dalam jumlah besar ketika penyakit sudah parah.

Pun demikian dalam kasus ketika sudah sakit. Demi berhemat, ada orang yang lebih memilih membeli obat warung ketimbang pergi ke dokter. Ini juga cara berhemat yang salah!

Selain berisiko terkena penyakit berbahaya, pengeluaran Anda juga bisa jadi lebih besar akibat penyakit yang semakin parah. Poin pentingnya, jangan pernah mengabaikan kesehatan demi alasan berhemat!

Tak mau keluar uang untuk biaya perawatan

Ini berlaku bagi Anda yang memiliki barang yang perlu di-service secara berkala, seperti halnya kendaraan bermotor. Biasanya, ada orang yang ‘malas’ mengeluarkan uang untuk melakukan perawatan rutin. Alasannya satu, yakni ingin berhemat.

Perlu dipahami, cara berhemat seperti itu salah besar. Kenapa? Sebab biaya perawatan pada dasarnya lebih murah daripada biaya yang harus digelontorkan ketika kendaraan sudah terlanjur rusak.

Beli barang palsu

Tahukah Anda, membeli barang palsu justru akan bikin pengeluaran Anda jadi makin membengkak, kok bisa?

Perlu diketahui, barang palsu sejatinya punya kualitas yang lebih buruk daripada aslinya. Anda mungkin berpikiran, membeli barang palsu bisa menghemat pengeluaran. Tak ada yang salah dengan anggapan tersebut.

Tapi, buat apa jika barang yang Anda beli ternyata cepat rusak? Anda tentu akan mengeluarkan uang lagi untuk membeli barang tersebut di kemudian hari. Solusi terbaik, belilah barang mahal tapi tahan lama. Itu akan mengemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang.

Baca juga: Awas, 5 Hal Sepele ini Tanpa Disadari Bikin Uang Cepat Habis!

Melewatkan waktu liburan

Demi menghemat pengeluaran, ada orang yang rela melewatkan waktu liburannya. Jika Anda termasuk salah satunya, hentikan kebiasaan tersebut mulai saat ini!

Mengabaikan waktu liburan sama saja dengan mengundang stres dalam kehidupan. Hal tersebut tentu tidak baik bagi kesehatan jiwa dan juga raga. Dengan datangnya penyakit, pengeluaran Anda untuk mengobatinya pun otomatis akan jadi lebih mahal. Karena itu, manfaatkanlah waktu liburan sebaik mungkin untuk menghindari stres yang merugikan.

Ya, itulah sederet kebiasaan hemat yang sejatinya merugikan. Sebaiknya hindari untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan di kemudian hari!