Tim Chen, CEO dan salah satu pendiri perusahaan NerdWallet senilai 500 juta dolar AS mengaku bahwa saat ini ia juga tengah menghadapi badai virus corona, seperti halnya bisnis lainnya. Meski begitu, ia tetap optimis dengan keadaan ini. Ia percaya ada peluang bagi generasi wirausahawan berikutnya.

“Sekarang adalah waktu terbaik untuk membangun perusahaan,” kata Chen, sebagaimana dilansir CNBC.

Dalam wawancaranya, Chen bercerita bahwa selama krisis keuangan 2008-2009, ia diberhentikan dari pekerjaannya di hedge fund. Meski terpukul, ia mengambil langkah yang selama ini diimpikan, yakni menjadi wirausaha.

Chen, yang saat ini berusia 37 tahun, mengungkapkan jika ia mendapat ide untuk membuat NerdWallet beberapa bulan setelah menganggur. Ketika itu, saudara perempuannya yang tinggal di Australia mengirim email dan bertanya tentang kartu kredit dengan biaya transaksi luar negeri yang lebih murah.

Karena tak menemukan jawabannya di Google, ia memutuskan untuk membuat daftar sendiri. Daftar itulah yang menginspirasinya menelurkan NerdWallet. Chen menghabiskan 800 dolar AS sebagai modal untuk biaya domain dan perangkat lunak.

Baca juga: Tips Mengelola THR di Masa Pandemi Covid-19, Gunakan untuk hal Bermanfaat!

Saat ini, NerdWallet memiliki lebih dari 10 juta pengunjung setiap bulannya dan bernilai lebih dari setengah miliar dolar AS. “Bisa dibilang, krisis keuangan adalah waktu terburuk untuk memulai sebuah bisnis, tapi saya benar-benar menemukan yang sebaliknya,” ungkap Chen.

Ia juga menuturkan bahwa setidaknya ada 3 alasan kenapa resesi atau pandemi seperti sekarang merupakan waktu yang tepat untuk memulai bisnis. Berikut ulasan lengkapnya!

Peluang lebih besar menemukan pekerja terampil

Dalam kondisi seperti saat ini, banyak perusahaan yang merumahkan bahkan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada karyawannya. Kata Chen, inilah waktu yang tepat untuk menemukan talenta terbaik.

“Biaya untuk talenta hebat akan turun selama masa resesi dan Anda lebih mudah untuk mempekerjakan mereka. Singkat kata, pengusaha bisa menciptakan produk yang lebih baik dengan biaya yang lebih murah,” ujarnya.

Biaya marketing yang lebih murah

Chen juga berujar, ia telah melihat penurunan harga iklan yang drastis selama pandemi Covid-19. Menurutnya, ini adalah kesempatan yang bagus untuk membangun merek dengan biaya marketing yang lebih murah.

Bagi pemula, Chen menyarankan untuk menemukan platform iklan berbiaya murah untuk menghemat biaya. Bahkan, jika belum memiliki anggaran, tak ada salahnya untuk memasarkan produk secara organik dari mulut ke mulut.

Dalam kasus NerdWallet, pemasaran secara organik lebih mudah di masa awal krisis keuangan. Alasannya, situs ini berfokus untuk membantu orang dalam mengambil keputusan keuangan.

Baca juga: Tips Keuangan untuk Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19

Minim pesaing

Saat Chen meluncurkan NerdWallet pada awal 2009, ia mengatakan hampir tak ada orang yang mencoba memulai perusahaan keuangan pribadi seperti dirinya. Itu artinya, hanya akan ada sedikit kompetisi dalam beberapa tahun mendatang.

“Sekarang adalah waktu yang fantastis untuk memulai sebuah bisnis. Di tengah pembatasan sosial yang diterapkan, hanya sedikit orang yang memikirkannya,” pungkas Chen.

 

Bisnis baru lebih gesit

Chen mendesak para wirausahawan untuk berpikir secara berbeda saat mengembangkan sebuah bisnis atau produk baru, mengingat dunia tak akan lagi sama ketika keluar dari pandemi ini.

“Keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan tahap awal adalah mereka jauh lebih gesit, mampu bergerak lebih cepat, dan bisa merespons peluang dengan lebih baik daripada pemain lama yang saat ini sedang berusaha untuk memberhentikan karyawan atau bahkan khawatir dengan masa depan perusahannya,” terang Chen.

Di sisi lain, Chen juga meminta wirausahawan pemula untuk berhati-hati menjalankan bisnis di tengah krisis. Ia menyarankan untuk seefisien mungkin menggunakan anggaran.

 

Itulah beberapa alasan kenapa pandemi covid-19 adalah waktu terbaik untuk memulai sebuah bisnis. Meski begitu, Anda tak perlu terlalu khawatir jika belum siap atau belum memiliki modal untuk menerapkan langkah tersebut.

Masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh penghasilan di tengah pandemi seperti saat ini. Anda bisa memanfaatkan platform Danain sebagai sarana pengembangan dana. Apakah Danain aman? Cek selengkapnya di sini:  Siaran Pers: Pandemi Covid-19, Pendanaan yang Disalurkan Platform Danain Justru Meningkat Signifikan, Kok Bisa?