Saat ini, smartphone alias ponsel pintar sudah jadi barang yang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal tersebut tak lepas dari fungsinya yang beragam, mulai dari sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain lewat chat atau media sosial, hiburan, sumber informasi, alat pembayaran, navigator saat di perjalanan, hingga bisa membantu seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.

Meski demikian, masih banyak orang yang kurang menyadari bahwa keberadaan smartphone ternyata bisa memberikan manfaat langsung bagi kondisi perekonomian. Singkat kata, smartphone juga bisa digunakan sebagai instrumen penghasil uang.

Berikut kami jabarkan sederet cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang  bermodalkan smartphone:

Bisnis online

Memanfaatkan smartphone untuk bisnis online juga merupakan cara tepat untuk menghasilkan uang. Jika punya modal yang cukup, kamu bisa menjual beberapa produk fashion atau rumah tangga di media sosial atau platform jual beli yang saat ini banyak tersedia.

Bagaimana jika tidak punya modal?

Kamu bisa menjual sejumlah barang, seperti kamera, tas, atau jam tangan yang sudah tak terpakai. Selain bisa menambah penghasilan, cara tersebut juga ampuh untuk mengurangi penumpukan barang di dalam rumah.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya, Pria ini hanya Habiskan Uang tak Lebih dari Rp 10 Juta Tiap Bulan!

Dropshipper

Selain bisnis online, kamu juga bisa memanfaatkan smartphone yang dimiliki untuk menjadi dropshipper. Di sini, kamu tak perlu modal dan menyediakan stok barang seperti supplier. Tugas kamu hanya memasarkan produk melalui media online yang kamu miliki.

Untuk jadi dropshipper, kamu terlebih dulu harus memilih supplier atau pemilik barang sebagai partner bisnis. Jika mereka setuju bekerjasama, kamu baru bisa mengunggah foto-foto produk mereka di akun media sosial, tentu saja dengan harga yang lebih tinggi dari yang dibandrol si pemilik.

Jika ada yang memesan dan melakukan pembayaran, kamu tinggal menghubungi supplier dan menyetorkan uang dengan nominal harga yang telah disepakati di awal. Setelahnya, supplier akan mengirimkan barang kepada pembeli atas nama kamu selaku dropshipper.

Jastip

Apakah kamu sering berpergian ke luar kota, luar negeri, atau pameran tertentu? Jika ya, jasa titip alias jastip bisa kamu coba untuk meraup keuntungan.

Dalam hal ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari biaya jastip untuk setiap barang yang dibeli. Cara lainnya, kamu juga bisa menaikan harga barang yang ingin dibeli oleh si pemesan.

Menjalankan aktivitas ini tak perlu keahlian khusus. Setiap kali ingin berpergian, kamu cukup menanyakan pada orang-orang terdekat apakah ingin titip sesuatu atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa membuat akun jastip dan mempromosikannya di media sosial.

Baca juga: Ingin Turunkan Berat Badan dengan Mudah? Biasakan Bayar Sesuatu Pakai Uang Tunai!

Freelancer

Saat ini, banyak perusahaan atau startup yang membutuhkan tenaga profesional dengan status freelance alias pekerja lepas untuk mendukung kegiatan mereka. Kamu bisa manfaatkan peluang ini untuk menghasilkan uang.

Kamu bisa jadi penulis lepas atau penerjemah bagi perusahaan yang membutuhkan. Tak hanya itu, jika kamu punya smartphone yang dibekali dengan kamera berteknologi mumpuni, kamu juga bisa jadi fotografer dan menjual hasil-hasil jepretan kamu di situs penyedia foto. Yang perlu kamu lakukan hanya rajin berburu foto menarik.

Kembangkan dana secara online

Di era digital seperti saat ini, melakukan pengembangan dana sangatlah mudah. Hanya dengan smartphone yang dimiliki, kamu bisa mengembangkan dana kapan pun dan di mana pun kamu mau.

Dari sekian banyak jenis platform pengembangan dana yang tersedia, Peer to Peer (P2P) Lending bisa dibilang yang paling tepat, sebab tidak menyita waktu. Dalam hal ini, kamu bisa mengembangkan dana di platform Danain yang merupakan P2P Lending beragunan emas. Selain aman karena memiliki jaminan, mengembangkan dana di Danain juga menawarkan imbal hasil yang menggiurkan. Selengkapnya, baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!