Investasi merupakan cara paling ampuh untuk melawan inflasi yang terus terjadi setiap tahun. Sayangnya, masih banyak orang yang enggan menerapkannya karena berbagai alasan. Ada yang takut tertipu, takut tak bisa menjalankannya, hingga takut kehilangan dana yang diinvestasikan.

Apakah Anda termasuk salah seorang yang takut memulai investasi? Jika ya, berikut kami beberkan sejumlah hal yang bisa mengatasi ketakutan tersebut!

Didik diri sendiri

Untuk mengatasi ketakutan memulai investasi, cobalah pelajari dengan seksama seluk beluk investasi yang ada saat ini. Anda bisa membaca buku dari pakar keuangan atau sumber di dunia maya yang terpercaya.

Perlu dipahami, rasa takut biasanya muncul karena faktor tidak tahu. Selain itu, Anda juga tak akan pernah merasa nyaman berinvestasi jika tak memahami prinsip dasar, strategi, atau potensi keuntungan dan kerugian dari investasi itu sendiri. Dengan mempelajari prinsip dasar investasi, Anda akan lebih percaya diri dan lebih siap dalam membuat keputusan investasi.

Jadikan investasi sebagai hal sederhana

Banyak orang menganggap investasi adalah sebuah aktivitas yang rumit dan sulit untuk dijalankan. Perlu diketahui, anggapan seperti itu sering terjadi karena investasi kerap diasosiasikan dengan pasar saham, di mana sering dihadapkan pada grafik harga saham dan neraca keuangan.

Padahal, investasi tak melulu tentang saham. Di zaman serba digital seperti saat ini, banyak investasi yang bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, bahkan hanya dengan gadget yang dimiliki. Poin pentingnya, untuk mengatasi rasa takut berinvestasi, jadikanlah investasi itu sebagai suatu hal yang sederhana dan tak memusingkan.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini 5 Alasan Anak Muda Usia 20-an Wajib Investasi!

Jangan percaya mitos

Saat ini, minat masyarakat untuk investasi bisa dibilang mengalami peningkatan. Hal itu tak lepas dari makin mudahnya masyarakat mengakses berbagai macam informasi terkait investasi di dunia maya.

Sejalan dengan hal itu, banyak pula mitos yang beredar dan membuat masyarakat jadi enggan untuk berinvestasi. Beberapa mitos yang kerap mengemuka sebut saja: investasi berisiko tinggi, investasi hanya ada di kota besar, hingga investasi hanya untuk kaum intelektual saja. Dalam hal ini, tak perlu percaya dengan mitos-mitos seperti itu, sebab hal tersebut tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selengkapnya, baca: Hati-hati, 5 Mitos ini Bikin Anda Enggan untuk Investasi, Jangan Percaya!

Cari tahu rekam jejak perusahaan

Ketakutan investasi juga bisa muncul karena Anda tak mengenal perusahaan yang menawarkan investasi. Karena itu, penting bagi Anda untuk melacak secara lengkap tentang rekam jejak perusahaan tersebut dari berbagai sumber.

Misal, jika Anda berencana untuk investasi di industri financial technology (fintech), pastikan perusahaan tersebut legal alias telah memiliki izin dari regulator, dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Catat, ini 7 Karakter yang Harus Dimiliki jika ingin Sukses Berinvestasi!

Mulai investasi dengan nilai yang kecil

Hingga kini, masih banyak orang yang enggan atau takut berinvestasi karena alasan butuh modal yang besar. Mereka mengganggap investasi hanya untuk orang-orang berduit saja.

Perlu dicatat, anggapan seperti itu tak sepenuhnya benar. Saat ini, modal untuk investasi sangat bervariasi. Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan yang dimiliki. Jika Anda takut menggelontorkan modal besar untuk investasi, Anda bisa memulainya dengan jumlah yang tak terlalu besar.

Dalam hal ini, Anda bisa jatuhkan pilihan investasi di platform Danain yang merupakan Peer to Peer (P2P) Lending pertama beragunan emas di Indonesia. Selain aman dan mudah dijalankan, investasi di Danain juga memberikan imbal hasil yang menjanjikan, minimal 8% maksimal 120% per tahun. Lebih lengkapnya, baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!

Ingat, tak perlu jadi ahli ekonomi untuk bisa berinvestasi! Ayo, mulai investasi sekarang juga!