Saat ini, ulasan seputar investasi sudah banyak berseliweran di dunia maya. Mulai dari jenis-jenis investasi, investasi yang cocok untuk pemula, hingga investasi yang paling banyak memberikan keuntungan. Berkat sejumlah artikel tersebut, sebagian orang pun dapat dengan mudah mempraktikkannya di dunia nyata.

Bicara investasi, kurang lengkap rasanya jika tak menyinggung orang-orang yang telah sukses di bidang tersebut. Dari banyak sosok yang mengemuka, satu nama yang kerap muncul sebut saja Warren Buffet. Berkat investasi, pria 88 tahun itu berhasil mencatatkan namanya dalam daftar orang terkaya di dunia.

Pertanyaannya, bisakah Anda menjadi investor sukses seperti Buffet? Tentu saja bisa, sebab tak ada yang mustahil di dunia ini! Caranya?

Berikut 7 karakter yang harus Anda miliki jika ingin sukses berinvestasi:

Punya tujuan yang jelas

Ada sebuah istilah: “Gagal membuat rencana sama saja merencanakan kegagalan”.

Dalam berinvestasi, Anda dituntut untuk punya tujuan yang jelas. Misalnya untuk hari tua, beli rumah, atau untuk biaya pendidikan anak. Mengetahui tujuan yang ingin dicapai akan memudahkan Anda dalam memilih produk investasi, jangka waktu, hingga strategi yang akan diterapkan. Intinya, jangan pernah investasi hanya karena ingin melakukannya saja.

Optimis

Di dunia ini, banyak orang enggan berinvestasi karena mereka menganggap bahwa hal tersebut tak akan pernah berhasil. Perlu diketahui, sikap pesimis seperti itu lah yang pada dasarnya menghambat keberhasilan.

Agar sukses berinvestasi, ubahlah sikap pesimis menjadi optimis. Yakinkanlah diri bahwa Anda memiliki kemampuan untuk bisa sukses dalam bidang tersebut.

Sabar

Menurut Buffett, karakter sabar juga perlu dimiliki untuk bisa sukses berinvestasi. Itu juga yang jadi alasan dirinya lebih memilih investasi jangka panjang ketimbang trading.

Seorang investor perlu memiliki kesabaran agar tak mudah bertindak gegabah atau reaktif terhadap tren investasi. Di sisi lain, investor sukses juga tak tergesa-gesa mencairkan investasi, terlebih untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya konsumtif.

Baca juga: Jangan Tunda Lagi, ini 5 Alasan Harus Investasi Sejak Masih Muda!

Selalu bersikap tenang

Proses investasi tak selamanya berjalan lancar. Ada kalanya seorang investor dihadapkan pada kondisi yang membuat emosi memuncak. Dalam keadaan seperti ini, diperlukan sikap kepala dingin untuk bisa mengatasinya. Bersikap tenang saat menghadapi pasar yang sedang bergejolak bukan tak mungkin akan membawa Anda pada keberhasilan.

Selalu belajar

Investor sukses selalu mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Karena itu, tak heran jika mereka selalu berusaha mempelajari segala hal tentang investasi yang dilakoni.

Mereka tak pernah berhenti belajar, sebab mereka paham betul jika perkembangan bisnis tak pernah diam di tempat. Mereka bahkan tak sungkan menyediakan waktu untuk membaca buku, surat kabar, atau ikut seminar guna meningkatkan kemampuan berinvestasi.

Baca juga: 10 Wejangan dari Orang-orang Sukses ini Bikin Semangat untuk Investasi, Simak Baik-baik!

Disiplin

Kesuksesan investasi juga bisa diraih jika sang investor memiliki sikap disiplin. Mereka harus konsisten mematuhi strategi yang telah disusun sejak awal. Selain itu, jangan pula mudah tergoda dengan keinginan konsumtif atau tren investasi yang tampak menggiurkan.

Pantang menyerah

Berbuat kesalahan adalah hal lumrah dalam dunia investasi, terutama bagi mereka yang baru memulainya. Jika ingin jadi investor sukses, penting bagi Anda untuk memiliki sikap pantang menyerah. Jadikan kesalahan sebagai pelajaran untuk jadi lebih baik lagi di kemudian hari.

Itulah sederet karakter yang harus dimiliki jika ingin sukses berinvestasi. Lantas, investasi jenis apa yang mampu mengantarkan Anda pada kejayaan?

Perlu dipahami, investasi itu banyak macamnya. Masing-masing investasi pun punya risiko tersendiri. Sebelum memutuskan berinvestasi, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis investasi yang paling umum bagi investor. Selengkapnya, baca: Investasi itu Banyak Macamnya, ini 7 Jenis Investasi Paling Populer di Indonesia!