Jika ditanya apakah ingin memiliki utang atau tidak, semua orang di dunia tampaknya akan sepakat menjawab tidak. Begitu idealnya.

Akan tetapi, pada kenyataannya, utang merupakan salah satu fenomena ekonomi yang sulit lepas dari kehidupan manusia. Karena berbagai alasan, baik itu untuk modal usaha, biaya sekolah, biaya pengobatan, dan lain sebagainya, seseorang mau tak mau terkadang harus berutang untuk mengatasinya.

Sementara kalau sudah terlilit utang, seseorang biasanya akan berusaha semaksimal mungkin untuk segera melunasinya, sehingga uang yang dimiliki bisa digunakan untuk sederet hal lain yang lebih diperlukan.

Nah, bagi kamu yang baru saja terbebas dari jeratan utang, ada beberapa hal yang sejatinya perlu kamu lakukan. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam mengelola keuangan, serta mengantarkan kamu pada kondisi finansial yang sehat tanpa masalah.

Berikut 5 hal yang harus kamu lakukan setelah bebas dari jeratan utang:

Usahakan selalu berhemat

Hal pertama yang harus kamu lakukan pasca bebas dari jeratan utang adalah menanamkan pola pikir hidup hemat. Jangan sampai pengelolaan uang yang salah bikin kamu kembali masuk pada perangkap tersebut.

Gunakanlah uang yang semula harus kamu sisihkan untuk bayar tagihan dengan bijak dan cerdas. Atur kembali anggaran bulanan dan usahakan untuk selalu prioritaskan pengeluaran yang memang jadi kebutuhan, bukan keinginan.

Mulai menabung

Menyisihkan uang untuk ditabung pasca terbebas dari utang juga merupakan langkah cerdas yang harus dilakukan. Tak hanya bisa menopang kondisi ekonomi saat terjadi hal tak diinginkan, menabung juga mampu perkecil kemungkinan untuk kembali berutang di kemudian hari. Karenanya, sisihkanlah sebagian uang untuk ditabung tiap kali menerima penghasilan.

Baca juga: Awas, 4 Jenis Utang ini Berbahaya, Jangan Sampai Terjebak di Dalamnya!

Sisihkan dana darurat

Selain menabung, coba juga untuk sisihkan dana darurat setelah terbebas dari jeratan utang. Perlu dipahami, dana darurat punya manfaat yang luar biasa bagi kehidupan kamu. Dana tersebut bisa jadi jalan keluar ketika ada kebutuhan yang sifatnya mendadak, seperti saat kendaraan rusak atau lampu rumah tiba-tiba mati.

Miliki asuransi kesehatan

Sehat itu mahal! Karenanya, sisihkan pula sebagian penghasilan yang kamu terima untuk membayar asuransi guna memproteksi diri. Perlu kamu ingat, asuransi kesehatan bisa membantu kamu untuk menghindari pengeluaran  besar yang mungkin saja terjadi akibat masalah kesehatan. Satu hal yang penting, kamu pun bisa terhindar dari yang namanya utang ketika masalah itu terjadi.

Mengembangkan uang

Hal lain yang juga harus kamu lakukan usai bebas dari jeratan utang adalah mengembangkan uang. Perlu dipahami, melakukan pengembangan uang merupakan kunci utama untuk meraih kebebasan finansial. Jika tabungan atau dana darurat bisa dijadikan solusi untuk menopang kondisi ekonomi saat sedang sulit, pengembangan dana bisa jadi tabungan kamu untuk masa depan.

Baca juga: Awas, 5 Hal Ini Ternyata Bikin Kamu Sulit Lepas dari Utang!

Namun ingat, aktivitas tersebut memiliki risiko sehingga tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum melakukan pengembangan uang. Baca selengkapnya di sini!

Namun, apabila kamu ingin mengembangkan uang dengan aman, mudah, sekaligus menguntungkan, kamu bisa kembangkan uang di platform Danain yang merupakan Peer to Peer (P2P) Lending beragunan emas di Indonesia. Keuntungannya, baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!