“Perasaan pengeluaran bulan ini tidak banyak, tapi kenapa uang saya cepat habis, ya?”

Apakah Anda pernah mengalami kondisi tersebut? Jika ya, berarti ada yang tidak beres dengan pengelolaan keuangan Anda! Segera lakukan perubahan agar kondisi finansial kembali membaik.

Pakar keuangan menyebutkan, pemborosan finansial tak melulu disebabkan karena aktivitas belanja yang dilakukan dalam skala besar. Ternyata, ada faktor lain yang sejatinya bisa membuat pengeluaran jadi membengkak setiap bulannya.

Berikut 5 hal sepele yang tanpa disadari bikin uang Anda jadi cepat habis:

Beli barang murah

Anda mungkin berpikiran, membeli barang murah bisa membuat pengeluaran jadi lebih irit. Namun, perlu dipahami, harga tak akan pernah membohongi kualitas. Buat apa beli barang murah akan tetapi tidak awet. Ketika rusak, Anda akan mengeluarkan uang lagi untuk membelinya.

Akan lebih baik jika Anda membeli barang mahal namun dengan kualitas yang istimewa. Dengan begitu, Anda bisa lebih berhemat dalam jangka panjang. 

Beli barang diskonan

Saat pergi ke pusat perbelanjaan, tak jarang orang melakukan pembelian barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Alasan yang kerap mengemuka salah satunya karena ada diskon. Mereka menganggap bahwa membeli barang diskon akan menghemat pengeluaran, padahal tidak juga. Jika Anda benar-benar ingin berhemat, belilah barang yang sesuai kebutuhan. Batasi pembelian yang tidak perlu. Demikian dilansir Lifehack.

Baca juga: Uang Bulanan Selalu Habis Padahal Tidak Boros? Waspadai Latte Factor Anda!

Mudah akses tabungan

Perkembangan teknologi membuat kita semakin udah untuk mengakses berbagai hal, termasuk tabungan. Fenomena seperti ini punya sisi positif dan negatif.

Positifnya, Anda dapat mudah membeli barang hanya dengan melakukan transfer melalui internet banking. Fleksibel! Sementara sisi negatifnya, Anda bisa dengan mudah juga menjadi orang yang konsumtif.

Solusi terbaik, buatlah tabungan tidak mudah diakses, salah satunya mungkin tidak menggunakan fasilitas internet banking di ponsel Anda. Langkah tersebut bisa membuat Anda berpikir dua kali setiap ingin menggunakan uang yang ada di tabungan.

Tak berpikir panjang saat membeli sesuatu

Jangan heran jika uang Anda akan selalu cepat habis jika memiliki perilaku impulsif saat berbelanja. Jika dibiarkan terus-menerus terjadi, hal tersebut bisa jadi bencana besar bagi kondisi finansial.

Cobalah untuk menunggu setidaknya hingga 30 hari setiap kali ingin melakukan pembelian besar. Setelah menempuh waktu tersebut, tanyakan lagi pada diri Anda apakah masih menginginkan barang itu atau tidak. Dalam banyak kasus, seseorang biasanya baru akan sadar jika barang yang diinginkan sejatinya tidak terlalu dibutuhkan.

Baca juga: Hati-hati, 4 Kegiatan Akhir Pekan ini Tanpa Disadari Bikin Kantong Jebol!

Tidak bikin catatan belanja

Hal sepele lain yang juga bisa bikin kantong jebol adalah tidak membuat catatan saat ingin berbelanja. Kondisi ini mirip dengan perilaku impulsif. Banyak orang tanpa sadar mengeluarkan uang untuk membeli hal-hal yang sejatinya tidak terlalu dibutuhkan. Karena itu, usahakan selalu membuat catatan kecil setiap kali ingin berbelanja dan berpeganglah pada apa yang telah ditulis!

Ya, itulah beberapa hal sepele yang berpotensi besar membuat uang jadi cepat habis. Sebagai orang bijak, alangkah baiknya jika Anda menghindari hal-hal tersebut guna mencegah terjadinya krisis finansial di kemudian hari.

Kelolalah uang dengan baik agar roda kehidupan berjalan lancar. Satu hal yang tak kalah penting, lakukan pula investasi agar bisa mencapai kebebasan finansial di masa yang akan datang. Anda bisa berinvestasi di sektor Peer to Peer (P2P) Lending yang saat ini tengah naik daun.

Apa saja keuntungan yang bisa didapat? Baca: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!