‘Ngabuburit’! Kata tersebut selalu mengemuka setiap kali bulan Ramadan. Menurut kabar, isitilah ‘Ngabuburit’ berasal dari kata burit dalam bahasa Sunda yang artinya sore atau petang. Secara garis besar, ‘Ngabuburit’ bisa diartikan sebagai kegiatan menunggu waktu berbuka puasa.

Di Indonesia, ada banyak aktivitas yang biasa dilakukan oleh masyarakat saat ‘Ngabuburit’. Ada yang cuma bermalas-malasan di sofa rumah, tidur, bahkan bermain game dengan keluarga atau teman. Intinya, setiap orang punya cara tersendiri untuk memanfaatkan momen tersebut.

Dalam kesempatan ini, kami ingin mengulas sejumlah aktivitas menunggu waktu berbuka puasa yang bisa kamu lakukan agar waktu yang dimiliki tak terbuang sia-sia. Berikut 5 kegiatan ‘Ngabuburit’ berfaedah yang bisa kamu terapkan selama bulan puasa:

Baca buku

Membaca buku bisa jadi pilihan tepat untuk mengisi waktu ‘Ngabuburit’. Dalam hal ini, kamu bisa baca buku apapun yang memang kamu suka, seperti novel, sejarah, motivasi, dan lain sebagainya.

Menunggu berbuka puasa dengan membaca buku sangat ampuh untuk membuat kamu lupa waktu. Satu hal yang pasti, wawasan kamu akan bertambah dengan melakukan aktivitas tersebut.

Perbanyak ibadah dan beramal

Memperbanyak ibadah juga merupakan cara cerdas untuk menunggu waktu berbuka puasa. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam hal ini. Di antaranya sebut saja dengan membaca Al Quran, dengarkan ceramah Ustaz, mengikuti kajian, atau berbagi takjil gratis kepada sesama yang membutuhkan. Ingat, bulan suci adalah waktu yang tepat untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Sementara dengan beramal, pahala kamu otomatis akan meningkat.

Baca juga: Hindari 5 Hal ini saat Bulan Puasa agar tak Bangkrut!

Olahraga

Olahraga saat puasa malah bikin lemas? Tidak juga kok, asal dilakukan dalam waktu yang tepat, yakni mendekati waktu berbuka!

Perlu kamu tahu, berolahraga saat puasa punya banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mampu menurunkan berat badan, membuat tubuh jadi lebih prima, hingga membuat pikiran jadi lebih segar.

Untuk dapatkan hasil maksimal, lakukanlah beberapa olahraga ringan yang tak terlalu menguras tenaga. Kamu bisa yoga, jalan santai, bersepeda, atau joging di sekitar rumah.

Membuat hidangan berbuka

Aktivitas ‘Ngabuburit’ berfaedah selanjutnya adalah membuat hidangan berbuka puasa sendiri di rumah. Kamu bisa membuat sejumlah makanan atau minuman ringan untuk berbuka, seperti pisang goreng, kentang goreng, roti bakar, puding, atau es buah. Selain bisa menghemat pengeluaran, membuat hidangan berbuka sendiri sejatinya lebih menyehatkan karena bahan dan proses pembuatannya lebih higienis.

Baca juga: Banyak Tawaran Bukber, Bagaimana cara Menyiasati agar Kantong tetap Aman?

Buka list pendanaan di platform Danain

Menunggu waktu berbuka dengan berselancar di platform Danain juga bisa jadi pilihan tepat. Jika beruntung, mungkin saja kamu bisa menemukan pendanaan yang sesuai budget dengan imbal hasil yang menarik.

Dengan berinvestasi di Danain, kamu bisa menambah penghasilan, menghindari perilaku boros, mewujudkan keinginan, hingga mempersiapkan hari tua yang cerah. Selain itu, kamu juga bisa meraih kebebasan finansial, di mana dalam kondisi tersebut kamu tak perlu lagi pusing memikirkan cara untuk mendapatkan uang, sebab uang yang akan bekerja untuk kamu. Dengan begitu, kekayaan pun bisa kamu genggam. Selengkapnya, baca: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!

Lantas, apa saja sih keunggulan berinvestasi di Danain? Cek di sini: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!

Bagaimana, siap ‘Ngabuburit’ dengan sederet kegiatan berfaedah di atas?