Di dunia ini, ada 2.095 orang yang tercatat dalam daftar Miliarder Dunia 2020 versi Forbes. Fakta menariknya, lebih dari 26% atau sekitar 552 dari miliarder tersebut tinggal di 10 kota yang terletak di tiga benua di dunia.

Jumlah terbanyak ada di kota New York, Amerika Serikat, dengan total miliarder sebanyak 92 orang. Pendiri LP Bloomberg yang juga mantan Walikota New York Michael Bloomberg jadi sosok paling kaya di kota tersebut. Miliarder terkenal lainnya meliputi penyanyi Jay-Z dan Julia Koch.

Sementara itu, Hong Kong jadi kota kedua dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. Sedangkan China mempertahankan gelarnya sebagai negara dengan kota terbanyak yang masuk dalam daftar, yakni Shenzhen, Shanghai, dan Beijing. Keempat kota ini adalah rumah bagi 228 miliarder.

Berikut kami jabarkan 10 kota dengan jumlah miliarder paling banyak di dunia, sebagaimana dilansir Forbes:

New York

Selama enam tahun berturut-turut, New York menempati posisi teratas sebagai kota dengan jumlah miliarder paling banyak di dunia. Kota tersebut punya 92 miliarder dengan total kekayaan bersih mencapai 424 miliar dolar AS.

Michael Bloomberg jadi yang terkaya dengan total kekayaan mencapai 48 miliar dolar AS. Miliarder baru lainnya meliputi Tony Tamer, Steven Klinsky, Daniel Dines dan Jay-Z.

Baca juga: 4 Penyesalan Miliarder Grant Cardone di Usia 20-an, Jadikan Pelajaran!

Hong Kong

Hong Kong tetap mempertahankan posisinya sebagai kota kedua dengan miliarder paling banyak di dunia. Ada 71 miliarder yang tinggal di sana, dengan total kekayaan mencapai 321 miliar dolar AS. Sosok paling kaya adalah Lee Shau Kee, bos properti dengan jumlah kekayaan 28,1 miliar dolar AS.

Meski begitu, Hong Kong harus kehilangan 8 miliarder karena jatuhnya harga properti pada akhir 2019 lalu. Hal ini tentu sangat berpengaruh, mengingat industri real estate merupakan sumber kekayaan bagi banyak orang tajir di kota itu.

Moskow

Kota dengan jumlah miliarder terbanyak selanjutnya adalah Moskow. Ada 70 miliarder yang tinggal di sana, dengan total kekayaan mencapai 301,7 miliar dolar AS.

Menurut kabar, banyak miliarder di kota ini yang punya kedekatan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Orang terkaya di sana adalah pengusaha nikel Vladimir Potanin yang punya kekayaan mencapai 19,7 miliar dolar AS.

Beijing

Ada 67 miliarder yang tinggal di kota Beijing. Jika ditotal, kekayaan mereka mencapai 218,2 miliar dolar AS. Orang terkaya di sana adalah pendiri Tik Tok Zhang Yiming yang punya kekayaan bersih sebesar 16,2 miliar dolar AS.

Jumlah miliarder di kota ini bertambah 6 orang dibanding tahun lalu. Dua di antaranya sebut saja Larry Xiangdong Chen dari GSX Techedu dan Liu Yachao dari TAL Education Group. Kedua miliarder ini punya bisnis yang bergerak di sektor pendidikan online.

 Baca juga: Ingin Sukses Seperti Miliarder? 5 Cara Berpikir ini harus Kamu Miliki!

London

Kota selanjutnya adalah London. Ada 56 miliarder yang tinggal di sana, dengan total kekayaan bersih mencapai 212,7 miliar dolar AS. Yang terkaya adalah Len Blavatnik, pemilik perusahaan Access Industries. Jumlah kekayaannya ditaksir mencapai 17 miliar dolar AS.

Shanghai

Jumlah miliarder yang tinggal di Shanghai bertambah 1 orang. Total keseluruhannya menjadi 46 miliarder, dengan total kekayaan bersih mencapai 130,7 miliar dolar AS. Orang terkaya di sana bernama Colin Huang, pemilik e-commerce raksasa Pinduoduo. Jumlah kekayaannya sekitar 16,5 miliar dolar AS.

Selama pandemi covid-19, seiring dengan kebijakan penutupan wilayah, bisnis e-commerce di China memang naik daun. Kondisi ini membuat banyak miliarder yang bergerak di sektor tersebut terus mengalami peningkatan kekayaan.

Shenzhen

Kota yang menjadi pusat manufaktur di China ini merupakan tempat tinggal bagi 44 miliarder dengan total kekayaan bersih mencapai 220,2 miliar dolar AS. Orang terkaya di Shenzhen bernama Ma Huateng, bos dari raksasa media internet Tencent Holdings. Ia merupakan orang terkaya kedua di China setelah pendiri Alibaba, Jack Ma. 

Mumbai

Sejak 2019, miliarder yang tinggal di Mumbai mengalami peningkatan. Saat ini, total miliarder yang ada di sana sebanyak 38 orang, dengan total kekayaan mencapai 149,3 miliar dolar AS.

Orang terkaya di Mumbai bernama Mukesh Ambani. Jumlah kekayaannya ditaksir mencapai 36,8 miliar dolar AS. Sementara pendatang baru meliputi Abhay Vakil (bos perusahaan cat terbesar di India), Parekh bersaudara (bos Pidilite Industries), dan Rajan Raheja (bos real estate).

Baca juga: Terungkap, 5 Miliarder ini Ternyata tak Lulus dari SMA!

San Francisco

Miliarder yang tinggal di San Francisco berjumlah 37 orang. Total kekayaannya mencapai 90,7 miliar dolar AS. Salah satu pendatang baru di sana adalah Orlando Bravo, pemilik perusahaan investasi Thoma Bravo. Sedangkan orang terkaya di kota tersebut bernama Dustin Moskovitz, rekan Mark Zuckerberg dalam merintis Facebook. Jumlah kekayaannya ditaksir mencapai 9,3 miliar dolar AS.

Singapura

Kota terakhir adalah Singapura. Ada 31 miliarder yang tinggal di sana, dengan total kekayaan bersih mencapai 95,3 miliar dolar AS. Posisi Singapura naik dari tahun lalu yang berada di peringkat ke-22. Orang terkaya di kota tersebut adalah Zhang Yong, pendiri Haidilao International Holding Ltd, dengan jumlah kekayaan sebesar 11 miliar dolar AS.

 

Ya, itulah 10 kota dengan jumlah miliarder paling banyak di dunia. Semoga suatu saat nanti Jakarta bisa bertengger dalam daftar bergengsi tersebut!