Setiap orang punya nasib yang berbeda-beda. Ada orang yang sukses setelah mengantongi gelar sarjana di belakang namanya, ada pula orang yang berhasil sukses meski tak pernah mengenyam bangku pendidikan tinggi.

Ya, seperti kata orang tua dulu: “Rejeki sudah ada yang mengatur.”

Di dunia ini, fenomena seperti itu sangat mudah untuk dijumpai. Bahkan tak menutup kemungkinan ada di sekitar kamu sendiri.

Jika mau melihat dalam konteks yang lebih luas, ada banyak contoh yang bisa dikemukakan. Di antaranya sebut saja Mark Zuckerberg dan Bill Gates, dua sosok miliarder yang diketahui tak pernah lulus dari universitas.

Meski demikian, ternyata ada yang lebih ‘parah’ dari mereka. Usut punya usut, ada sejumlah orang bergelar miliarder yang diklaim tak pernah lulus dari SMA alias Sekolah Menengah Atas.

Siapa saja mereka? Berikut rangkumannya sebagaimana dilansir Business Insider!

Zhou Qunfei

Zhou Qunfei putus sekolah pada usia 16 tahun. Saat itu, ia memutuskan untuk bekerja di sebuah pabrik lensa arloji. Tak ingin begitu saja melupakan pendidikan, Zhou mengikuti kursus akuntansi pada malam harinya.

Ia menabung hampir 20.000 dolar Hong Kong, kemudian membangun pabrik lensa jam sendiri dan menjalankannya bersama keluarga.

Kini, Zhou merupakan CEO dari Lens Technology, sebuah perusahaan yang memproduksi kaca untuk sejumlah produk ternama, seperti Apple, Samsung, dan Tesla. Pada 2015 lalu, perusahaan ini melantai di bursa dan saham Zhou pada saat itu mencapai 7,2 miliar dolar AS, menurut laporan New York Times.

Baca juga: Pernah jadi Miliarder, 5 Orang ini Akhirnya Jatuh Miskin, ada yang karena Foya-foya!

“Saya telah mengalami banyak kesulitan dan rintangan sebagai pengusaha. Tapi, kunci kesuksesan adalah tekun, terutama pada masa-masa paling sulit,” ujar Zhou dalam wawancara dengan CNBC Make It.

Kekinian, menurut Forbes, total kekayaan Zhou diketahui berkisar di angka 6 miliar dolar AS.

Amancio Ortega

Pada usia 14 tahun, Ortega keluar dari sekolah dan bekerja di sebuah toko lokal. Bertahun-tahun kemudian, ia pun mendirikan jaringan ritel Zara di negara asalnya, yakni Spanyol.

Sejak itu, perusahaannya terus berkembang secara global. Hari ini, Ortega merupakan orang terkaya kedua di Eropa dengan kekayaan bersih mencapai 70,4 miliar dolar AS.

Francois Pinault

Pinault merupakan pendiri grup ritel mewah bernama Kering. Dikabarkan Forbes, ia memutuskan untuk berhenti sekolah pada usia 11 tahun dan bekerja di pabrik kayu milik sang ayah.

Alasannya keluar dari sekolah: ia kerap diolok-olok oleh temannya karena latar belakangnya yang miskin. Meski begitu, hari ini, ia berhasil membuktikan bahwa dirinya bisa sukses dengan kekayaan bersih yang mencapai 33,2 miliar dolar AS.

Baca juga: Dipecat 3 Kali Hingga Tak Punya Uang untuk Buka Rekening, ini Kisah Miliarder Mark Cuban yang Inspiratif!

Jay-Z

Miliarder selanjutnya yang juga tak lulus SMA adalah Jay-Z. Meski begitu, ia berhasil mencatatkan namanya sebagai miliarder hip hop pertama di dunia pada Juni 2019 lalu.

Kekayaan Jay-Z ditaksir mencapai 1 miliar dolar AS. Semua itu berasal dari saham-sahamnya di perusahaan minuman keras, seni, properti, hingga perusahaan rintisan seperti Uber.

Menurut kabar, Jay-Z pernah bersekolah di George Westinghouse Career and Technical Education High School, namun ia tak pernah lulus. Kendati demikian, ia secara pribadi kerap mendorong orang-orang untuk serius dalam mengenyam pendidikan.

“Pendidikan sangat penting. Saya memang tak punya ijazah SMA atau perguruan tinggi, tapi saya belajar di beberapa jenis sekolah untuk mengartikulasikan pikiran saya,” terangnya.

Richard Branson

Yang terakhir adalah Richard Branson. Ia berhenti sekolah pada usia 16 tahun setelah berjuang dengan disleksia. Tak lama usai berhenti sekolah, Branson mendirikan bisnis pertamanya, yakni majalah siswa, kemudian sebuah perusahaan rekaman. Branson pun mengembangkan bisnisnya hingga berdirilah label musik Virgin Records.

Kini, konglomerasi bisnisnya Virgin Group telah memiliki hampir 500 anak perusahaan, termasuk di dalamnya maskapai penerbangan. Adapun kekayaan Branson ditaksir mencapai 3,9 miliar dolar AS.

 

Ya, itulah sejumlah miliarder yang ternyata tak lulus dari SMA. Pertanyaannya, apakah kita harus menjalankan sederet bisnis raksasa seperti mereka dulu untuk bisa meraih kesuksesan?

Tentu saja, tidak! Kamu tetap bisa meraih sukses dengan cara lain yang juga cerdas, yakni dengan melakukan pengembangan dana di platform Danain. Selengkapnya, baca: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!