Blog

Yuk, Kenali Cara Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey Berikut ini!

danain-gadai sertifikat tanah tanpa survey-ilustrasi orang menggadai sertifiat tanah

gadai sertifikat tanah tanpa survey

Gadai sertifikat tanah tanpa survey bisa dijadikan opsi untuk mendapatkan uang tunai secara cepat, jika kamu dalam kondisi yang mendesak. Bagaimana caranya?

Seperti yang kita tahu, menggadaikan sertifikat tanah atau rumah membutuhkan proses yang cukup kompleks. Salah satunya adalah perlu survey ke lokasi tanah atau rumah yang akan digadaikan. Lewat survey tersebutlah dapat dipertimbangkan apakah dana yang akan dipinjam bisa dicairkan atau justru ditolak.

Tak heran jika banyak orang mencari opsi lain yang tidak begitu merepotkan. Salah satunya adalah dengan menggadaikan sertifikat tanah tersebut tanpa survey. Biasanya, pihak yang menawarkan jasa gadai sertifikat tanah tanpa survey adalah lembaga atau pihak-pihak non-resmi.

Dalam hal ini, kamu harus berhati-hati dalam memilih badan atau lembaga yang akan kamu gunakan untuk mengajukan pinjaman. Nah, berikut cara gadai sertifikat tanah tanpa survey yang bisa kamu coba:

  1. Pilih lembaga yang terpercaya

Legalitas perusahaan yang menerima gadai sertifikat tanah tanpa survey harus diperhatikan. Kamu harus berusaha mencari informasi mengenai perizinan dan legalitas perusahaan tersebut.

Jangan sampai kamu menggadaikan sertifikat tanah ke perusahaan yang salah. Sebab, bisa jadi sertifikat tanahmu nanti akan dibawa kabur atau disalahgunakan.

Baca juga: Perhatikan Baik-baik, inilah Cara Gadai Emas di Perusahaan Pergadaian!

Beberapa lembaga yang menerima gadai sertifikat tanah tanpa survey bisa meliputi koperasi atau layanan P2P Lending. Namun, karena prosesnya tanpa survey, ada plus minus yang perlu diketahui, salah satunya adalah pinjaman yang diberikan tidak bisa terlalu besar.

Kamu tak bisa menggunakan layanan pergadaian atau bank-bank resmi untuk menggadaikan sertifikat tanah tanpa survey. Sebab, mereka punya prosedur formal yang harus dijalankan.

Jika kamu menggunakan layanan P2P lending untuk menggadaikan sertifikat tanah, pastikan perusahaannya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator.

  1. Jenis sertifikat tanah

Agar pengajuan gadai sertifikat tanahmu cepat disetujui, sebaiknya gunakan jenis Sertifikat Hak Milik (SHM). Jenis sertifikat ini jauh lebih disukai karena menunjukkan kejelasan status kepemilikan dari tanah atau properti yang akan digadaikan.

Sedangkan jenis sertifikat lain, seperti Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) biasanya kurang diminati karena memiliki keterbatasan. Misal, masa pakai hanya 30 tahun serta pemegang HGB tidak memiliki kuasa penuh.

  1. Perhatikan nama di sertifikat

Nama yang tercantum dalam sertifikat tanah yang akan digadaikan sebaiknya berisi nama calon peminjam. Pasalnya, jika nama calon peminjam dan pemilik sertifikat tanah berbeda (misalnya atas nama orang tua atau pasangan), akan mempersulit proses pengajuan pinjaman.

Baca juga: Mengenal Lembaga Keuangan Non Bank dan Jenis-jenisnya

Solusinya, kamu bisa melakukan balik nama terlebih dahulu atau menggunakan surat kuasa.

  1. Pastikan sanggup membayar cicilan

Dalam hukum gadai barang, jika seorang peminjam tidak bisa mengembalikan atau melunasi utangnya tepat waktu, maka barang yang dijadikan agunan berhak dimiliki atau dijual oleh si pemberi pinjaman.

Maka dari itu, jika sertifikat tanahmu tak mau jadi hak milik lembaga yang kamu utangi, kamu harus bisa mengukur kemampuan bayar cicilan dari total pinjaman serta tenor yang sudah disepakati.

  1. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan

Umumnya, pengajuan gadai sertifikat tanah tanpa survey juga membutuhkan dokumen pelengkap lain, mulai dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Nikah, Slip Gaji, Mutasi Rekening Koran, NPWP, SHM/SHGB/IMB yang akan dijadikan agunan.

Kamu juga akan diminta untuk mengisi form pengajuan pinjaman sesuai dengan nominal yang dibutuhkan. Namun, perlu diketahui bahwa pencairan dana mungkin tidak sesuai dengan apa yang kamu mau. Biasanya, hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari gaji bulanan yang kamu terima, mutasi rekening, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ini Dia, Tempat Pinjam Dana Paling Mudah yang Kerap Dilupakan!

Intinya, sebelum dana cair, kamu akan diberitahu berapa besar pinjaman yang bisa dicairkan dan lamanya tenor yang harus disepakati. Apabila kamu tidak cocok, kamu bisa menarik kembali pengajuan pinjaman tersebut. Tapi, jika mau melanjutkan, maka kamu harus siap dengan konsekuensi pembayaran cicilan sesuai dengan jangka waktunya.

Ya, itulah cara gadai sertifikat tanah tanpa survey yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

3 Comments

  1. Saya mau mengajukan gadai sartifikat tanah dong

  2. Saya. Juga mengajukan jaminan sertifikat
    Mohon bisa

Leave a Reply