Blog

Ini Dia, Tempat Pinjam Dana Paling Mudah yang Kerap Dilupakan!

Danain-pinjaman_dana_paling_mudah-gambar orang meminjam uang

Tempat pinjam dana paling mudah

Sedang bingung mencari pinjaman dana untuk kebutuhan yang mendesak? Beberapa tempat berikut bisa kamu jadikan pilihan untuk pinjam dana paling mudah dan nggak ribet!

Dalam literasi keuangan, kita mengenal istilah dana darurat yang merupakan dana khusus untuk kebutuhan yang bersifat mendadak atau di luar dugaan. Salah satu contohnya adalah ketika kendaraan kita mogok, anggota keluarga atau diri sendiri jatuh sakit, rumah butuh renovasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan dana darurat, kita bisa memenuhi kebutuhan urgent tersebut tanpa harus khawatir tidak bisa membayar tagihan rumah sakit, bengkel atau hal lain yang sifatnya tak terduga.

Lantas, bagaimana kalau kita ternyata tidak memiliki dana darurat? Biasanya, solusi yang sering diambil adalah dengan meminjam uang dari tempat lain, seperti pinjaman online atau bank.

Baca juga: Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar, Benarkah Tidak Masalah?

Sayangnya, seperti yang kita tahu, kedua jenis pinjaman tersebut membutuhkan persyaratan yang cukup kompleks, serta beberapa di antaranya membebankan bunga yang terlampau tinggi.

Apakah tak ada cara lain yang bisa ditempuh? Tentu saja ada! Berikut sejumlah opsi tempat pinjam dana paling mudah yang bisa kamu coba:

1. Kasbon dari Kantor

Jika kamu saat ini sudah memiliki pekerjaan, kasbon menjadi salah satu solusi pinjaman termudah yang bisa kamu ajukan ke perusahaan tempatmu bekerja. Kasbon sendiri adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh perusahaan, di mana pinjaman yang diajukan oleh karyawan tersebut nantinya akan diganti melalui sistem pemotongan gaji.

Memang, tidak semua perusahaan memberlakukan sistem kasbon bagi para pekerjanya. Namun, ada kalanya perusahaan mau memberikan pengertian pada karyawan mereka, terlebih jika memang terjerat kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan.

Baca juga: Cegah Perselisihan dalam Kegiatan Pinjam Meminjam Uang, Surat Perjanjian Utang Piutang Harus Dibuat oleh Kedua Belah Pihak!

Buat kamu yang saat ini mungkin sedang pusing mencari pinjaman, daripada harus terjerat pada pinjaman online ilegal, lebih baik coba ajukan kasbon di perusahaan tempatmu bekerja terlebih dahulu.

2. Tarik Tunai Kartu Kredit di ATM

Selanjutnya, apabila kamu memiliki kartu kredit dari bank tertentu, biasanya limit yang disediakan bisa ditarik tunai apabila memang diperlukan. Hanya saja, penting untuk diketahui bahwa biaya admin yang dikenakan cukup besar dengan bunga yang tak jauh beda.

Selain itu, kamu juga tidak bisa menarik seluruh saldo limit kartu kreditmu. Biasanya, hanya 40 – 60% saldo yang bisa kamu tarik, dengan biaya admin dan bunga mulai dari 4% tiap bulannya.

3. Pinjam Dana Paling Mudah Lewat Pergadaian

Maraknya pinjaman online yang beredar saat ini membuat keberadaan perusahaan pergadaian perlahan mulai terlupakan. Dulu, orang-orang yang membutuhkan dana dadakan harus pergi ke pergadaian untuk menggadaikan barang atau aset tertentu.

Nah, buat kamu yang tidak mau terjerat pinjaman online dengan biaya bunga tinggi, kamu bisa mencoba mengajukan pinjaman dana di pergadaian dengan menggadaikan barang berharga yang kamu miliki. Kamu bisa gadaikan kendaraan bermotor, perhiasan, peralatan elektronik, sertifikat, dan lain sebagainya.

4. Koperasi Simpan Pinjam

Cara pinjam dana paling mudah yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah melalui koperasi simpan pinjam. Memang, nominal pinjaman yang bisa diberikan tidak terlalu besar, namun setidaknya cukup untuk meringankan beban kebutuhan yang sedang kamu tanggung saat ini.

Baca juga: Ini Dia, Ciri-ciri Pinjaman Online Terpercaya yang Perlu Kamu Tahu!

Kamu hanya perlu memenuhi beberapa syarat yang diajukan oleh koperasi simpan pinjam tersebut. Apabila seluruh syarat dan kriteria yang diminta sudah terpenuhi, kamu bisa mendapatkan dana pinjaman yang sudah disepakati sebelumnya.

Syarat utama untuk meminjam di koperasi biasanya harus menjadi anggota, serta menyiapkan data diri lain, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), hingga slip gaji atau bukti penghasilan bulanan.

Ya, itulah beberapa opsi pinjam dana paling mudah yang bisa kamu coba jika kesulitan mengajukan pinjaman di bank atau sengaja menghindari perusahaan fintech atau pinjaman online lainnya.

Leave a Reply