Blog

Wah, Uang Koin Kuno yang Paling Dicari Kolektor 2021 ini Punya Harga Sangat Fantastis!

danain- Uang kuno yang paling dicari kolektor tahun 2021-gambar tumpukan uang kuno

Uang kuno yang paling dicari kolektor tahun 2021

Secara kasat mata, koin jadul alias kuno memang terlihat seperti recehan biasa yang tak punya nilai. Tapi, siapa sangka, makin lawas koin tersebut, maka makin tinggi pula harga jualnya. Berikut kami beberkan sederet uang koin kuno yang paling dicari kolektor 2021 yang punya harga sangat fantastis!

Apakah kamu termasuk orang yang gemar mengoleksi uang koin kuno? Jika ya, kamu patut berbahagia. Pasalnya, benda klasik tersebut bisa jadi investasi yang bernilai tinggi.

Perlu diketahui, kegiatan yang mengumpulkan benda-benda jadul, seperti uang kuno (kertas dan koin), token, dan benda-benda terkait lainnya yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat disebut Numismatik. Sementara orang yang mengoleksinya dikenal dengan sebutan Numismatis.

Pada prinsipnya, unsur kelangkaan jadi faktor penting dalam kegiatan Numismatik. Makin langka uang kuno yang dimiliki, maka makin tinggi pula harga jualnya. Selain itu, kondisi fisik juga memainkan peran penting dalam penentuan harga. Makin bagus kondisi fisik uang kuno, maka harga jualnya juga semakin mahal.

Adapun faktor lain yang juga memengaruhi harga jual uang kuno adalah kondisi fisik uang yang tidak sempurna, dalam hal ini misprint atau miscut alias salah cetak atau salah potong dalam pembuatannya. Bagi sebagian Numismatis, kondisi cacat ini merupakan hal yang menarik.

Di saat bersamaan, ada juga Numismatis yang tertarik pada nomor seri uang yang unik. Misal, nomor seri uang tersebut berurutan atau kombinasi angka tertentu yang dianggap cantik. Intinya, keunikan-keunikan itu bisa memengaruhi harga jual uang kuno.

Baca juga: Mau Tahu Cara Menyimpan Uang di Celengan agar Tidak Hilang atau Dimakan Rayap? Simak Jawabannya di Bawah ini!

Lantas, apa saja uang koin kuno yang paling dicari kolektor 2021? Berikut daftar lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Flowing Hair Silver/Copper Dollar

Flowing Hair Silver Copper Dollar

Flowing Hair Silver Copper Dollar

Uang koin kuno yang paling dicari kolektor 2021 yang pertama adalah Flowing Hair Silver/Copper Dollar. Sejumlah ahli Numismatik meyakini bahwa uang yang diterbitkan pada tahun 1794-1795 ini adalah koin perak pertama yang dicetak oleh Pemerintah Federal Amerika Serikat.

Saking bersejarahnya, uang koin ini mencetak rekor dunia baru sebagai uang koin termahal pada tahun 2013 lalu. Menurut catatan, harga satu koin ini mencapai lebih dari 10 juta dolar AS.

Double Eagle

Double Eagle

Double Eagle

Koin berikutnya adalah Double Eagle, yang dicetak pada tahun 1933. Sejarahnya cukup unik, di mana sempat terjadi penarikan dari masyarakat, kemudian dilebur kembali. Kabarnya, presiden saat itu Roosevelt melarang siapa pun memiliki emas, sebab dianggap membantu krisis perbankan.

Tapi, entah bagaimana, sejumlah kecil Double Eagle lolos dari penarikan. Menariknya, menyimpan koin ini masih dianggap ilegal oleh pemerintah Amerika Serikat. Jika ketahuan memilikinya, maka akan langsung disita.

Baca juga: Selain Alat Tukar, ini Fungsi Turunan Uang yang Perlu Kamu Tahu!

Kendati begitu, salah satu orang diketahui berhasil memilikinya. Sang pemilik bahkan sudah menjualnya kepada Raja Farouk dari Mesir, meski akhirnya dipaksa untuk bagi hasil dengan Mint Amerika Serikat.

Sekadar informasi, koin Double Eagle dijual dalam sebuah acara lelang senilai 7,6 juta dolar AS pada tahun 2002 silam.

Saint-Gaudens Double Eagle

Saint-Gaudens Double Eagle

Saint Gaudens Double Eagle

Uang koin kuno yang paling dicari kolektor 2021 yang ketiga adalah Saint-Gaudens Double Eagle. Diterbitkan tahun 1907, uang ini jadi koin yang sulit untuk diproduksi dalam jumlah besar karena desainnya yang terlalu rumit. Saat ini, koin kuno tersebut dibandrol dengan harga yang fantastis, yakni sekitar 7,6 juta dolar AS.

Brasher Doubloon

Brasher_Doubloon

Brasher_Doubloon

Koin Brasher Doubloon punya sejarah yang cukup unik. Awalnya, koin ini dibuat untuk meyakinkan Negara Bagian New York agar mau menggunakan koin tembaga sebagai pengganti emas dalam pembuatan koin. Akan tetapi, usulan itu tak disetujui oleh pemerintah dan pembuat koin yang juga pengrajin emas Ephraim Brasher memutuskan untuk tetap mencetak koin tersebut, dengan bahan utama perunggu dilapisi emas 22 karat di sisinya. Pada tahun 2011 lalu, Wall Street membeli koin ini seharga 7,4 juta dolar AS.

Baca juga: Simak Baik-baik, Inilah Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia Tahun 2021!

Edward III Florin

Edward_III_Florin

Edward_III_Florin

Koin ini dibuat pada tahun 1343. Karena usianya yang sudah berabad-abad, tak heran jika koin ini jadi buruan para kolektor. Menurut kabar, Edward III Florin pertama kali ditemukan pada tahun 2006. Di tahun yang sama, uang ini dijual di pelelangan dengan harga 7 juta dolar AS.

Ya, itulah deretan uang koin kuno yang paling dicari kolektor 2021. Dari nama yang disebutkan, adakah yang kamu punya?

Leave a Reply