Blog

Mau Tahu Cara Menyimpan Uang di Celengan agar Tidak Hilang atau Dimakan Rayap? Simak Jawabannya di Bawah ini!

danain-cara menyimpan uang di celengan agar tidak hilang-gambar celengan

Cara menyimpan uang di celengan agar tidak hilang atau dimakan rayap

Celengan masih digunakan oleh sebagian orang untuk menabung. Berikut kami beberkan cara menyimpan uang di celengan agar tidak hilang atau dimakan rayap!

Orang tua kita selalu mengajarkan untuk menabung sejak masih kecil. Tak memakai cara modern seperti sekarang yang menggunakan rekening bank atau dompet digital, orang tua zaman dulu membiasakan anak-anaknya untuk menabung di celengan.

Seperti yang kita tahu, celengan adalah sebuah wadah untuk menyimpan uang yang umumnya terbuat dari kaleng, tanah liat, atau plastik. Untuk menarik minat dan perhatian anak-anak agar lebih semangat menabung, celengan umumnya dibuat dengan bentuk yang beraneka ragam.

Di zaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini, kebiasaan menabung di celengan perlahan mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Akan tetapi, tetap ada sebagian orang yang masih menganggapnya efektif, sebab uang yang tersimpan di dalam celengan tidak mudah diambil dan digunakan.

Baca juga: Mengenal Lembaga Keuangan Non Bank dan Jenis-jenisnya

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menabung uang di celengan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Agar aman, kami akan jelaskan sejumlah cara menyimpan uang di celengan agar tidak hilang atau dimakan rayap. Simak sampai tuntas!

Jangan bilang ke siapapun kalau kamu punya celengan

Saat kamu menabung uang di celengan, jangan pernah memberi tahu orang lain tentang hal itu, apalagi terkait jumlah uang yang disimpan. Makin kamu sembunyikan hal tersebut, maka makin kecil pula kemungkinan celengan kamu dicuri oleh orang lain. Begitu pun sebaliknya, jika kamu memberi tahu tentang celengan yang disimpan kepada orang lain, maka secara tak sadar kamu sudah menjadikan diri sebagai target pencurian.

Kunci celengan

Untuk memaksimalkan keamanan, pilihlah jenis celengan yang memiliki kunci. Langkah ini penting untuk menghindari perbuatan jahil dari orang-orang sekitar yang tak bertanggung jawab. Sebab bagaimana pun, uang tabungan adalah harta yang patut untuk dijaga.

Taruh celengan di tempat tersembunyi

Cara menyimpan uang di celengan agar tidak hilang yang selanjutnya adalah dengan menaruhnya di tempat tersembunyi. Hindari menaruh celengan di tempat strategis, seperti halnya di dalam lemari. Solusi terbaik, simpanlah di tempat lain yang menurutmu tak pernah terpikirkan oleh pencuri untuk menemukannya.

Baca juga: Selain Alat Tukar, ini Fungsi Turunan Uang yang Perlu Kamu Tahu!

Simpan di brankas

Jika tabungan di celenganmu jumlahnya banyak, akan lebih baik jika celengan tersebut dimasukkan ke dalam brankas. Tempat ini sangat aman dari pencuri dan risiko kebakaran, sebab brankas dilengkapi dengan kunci dan password.

CARA MENYIMPAN UANG DI CELENGAN AGAR TAK DIMAKAN RAYAP

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan menuturkan, menyimpan atau menabung uang kertas di celengan memang berisiko dirusak oleh rayap. Ia pun menyarankan, saat menyimpan uang di celengan, pastikan semuanya dalam keadaan bersih, kering, dan tidak lembab, sehingga rayap tidak datang.

Ditambahkannya, perlakukan juga uang kertas dengan baik dan tidak merusak. “Sebaiknya masyarakat tidak melipat-lipat, membasahi, men-stapler, mencoret-coret, dan sejenisnya karena itu juga akan merusak uang kertas,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman Kompas.com.

UANG RUSAK BISA DITUKAR KE BI

Kalau uang tabunganmu rusak atau dimakan rayap, kamu bisa menukarkannya ke BI dengan sejumlah persyaratan yang ditentukan. Di antaranya, ciri-ciri keaslian uang masih dapat dikenali dan secara fisik lebih besar 2/3 ukuran aslinya.

Baca juga: Bagaimana Sih Cara Mendapatkan Uang 50 Juta dalam Sehari? Yuk, Simak Jawabannya di Bawah ini!

Jika memenuhi syarat tersebut, uang bisa ditukar dengan nominal yang sama. Akan tetapi, jika tak memenuhi syarat, maka petugas akan meminta pemilik uang untuk mengisi formulir pengajuan penelitian yang disediakan.

Ya, itulah cara menyimpan uang di celengan agar tidak hilang dan dimakan rayap. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan!

Leave a Reply