Pandemi covid-19 punya dampak yang mendalam bagi pasar tenaga kerja global. Menurut data yang dikumpulkan LinkedIn, hal itu terjadi akibat krisis ekonomi yang memaksa banyak pengusaha memangkas jumlah tenaga kerja dan menunda perekrutan di sebagian besar wilayah.

Terkait hal itu, sebuah laporan dari Organisasi Buruh Internasional PBB memperkirakan bahwa jumlah jam kerja yang hilang pada kuartal II 2020 diprediksi akan setara dengan 400 juta pekerjaan penuh waktu. Dengan demikian, masyarakat dituntut untuk mencari posisi yang benar-benar diminati oleh pengusaha dan bisa bersaing dalam iklim pekerjaan yang kompetitif ini.

Di Inggris, misalnya. LinkedIn mengatakan bahwa pasar tenaga kerja saat ini tiga kali lebih kompetitif dibanding periode yang sama pada tahun lalu. “Inggris menghadapi pasar tenaga kerja terberat dalam satu generasi terakhir, sebagai dampak dari kejatuhan ekonomi akibat pandemi covid-19,” ujar Josh Graff selaku manajer LinkedIn di negara tersebut.

Baca juga: Tambah Income di Tengah Pandemi Covid-19, ini Sederet Caranya!

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan beberapa waktu lalu, LinkedIn mengidentifikasi beberapa pekerjaan yang paling banyak diminati dalam perekonomian global dengan menganalisa data lamaran kerja pada platform-nya. Alhasil, jejaring sosial profesional ini mendapati sejumlah profesi yang dipercaya memiliki peluang kerja lebih besar dibanding profesi lainnya. Terlebih lagi, mereka juga melihat pertumbuhan yang stabil selama 4 tahun terakhir, tanpa ada penurunan yang signifikan dalam hal perekrutan selama periode tersebut.

LinkedIn menambahkan, posisi-posisi ini juga dibayar dengan upah yang sesuai, bahkan lebih tinggi dari upah rata-rata. Fakta menarik lainnya, ditemukan pula sejumlah kursus untuk posisi-posisi ini, sehingga bisa diakses oleh orang-orang yang tak memiliki gelar sarjana. Singkat kata, orang-orang yang tak mengenyam pendidikan di universitas juga bisa diberdayakan dalam pekerjaan-pekerjaan ini.

Berikut 10 pekerjaan paling laris di dunia yang tak memerlukan gelar sarjana, sebagaimana dilansir CNBC:

– Software Developer

– Sales Representative

– Project Manager

– IT Administrator

– Customer Service Specialist

– Digital Marketer

– IT Support/Help Desk

– Data Analyst

– Financial Analyst

– Graphic Designer

“Saya pikir, keindahan dari seluruh pekerjaan tadi adalah kamu tak perlu pendidikan formal untuk bisa bekerja di bidang tersebut. Kamu bisa mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan secara online,” ujar Graff, sebelum menambahkan bahwa ia tetap berpikir bahwa perguruan tinggi masih memiliki peran yang besar dalam dunia kerja.

Baca juga: Pandemi Covid-19 adalah Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis, ini Alasannya!

Di sisi lain, Graff juga menuturkan bahwa ia termasuk orang yang putus kuliah. Itulah kenapa dia benar-benar memahami orang yang lebih suka mengarah langsung pada pekerjaan untuk mendapatkan pengalaman profesional.

Ya, itulah 10 pekerjaan paling laris di dunia yang tak memerlukan gelar sarjana. Jika saat ini kamu menekuni salah satu dari profesi yang disebutkan tadi, kamu masuk kategori orang yang beruntung. Pasalnya, keahlian kamu tetap dibutuhkan meski pandemi tengah menggerogoti perekonomian dunia.