Memperoleh penghasilan tambahan adalah keinginan setiap orang, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Pertanyaannya, memang bisa mencari penghasilan tambahan di tengah wabah corona yang notabene telah menghancurkan perekonomian?

Ingat, tak ada yang mustahil di dunia ini, selalu ada jalan di situasi apapun! Yang diperlukan hanyalah niat dan keseriusan untuk menerapkannya.

Berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk tambah income di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini masih bergulir:

Bisnis online

Untuk tambah income di tengah pandemi Covid-19, kamu bisa manfaatkan smartphone untuk melakukan bisnis online. Jika punya modal cukup, kamu dapat menjual beberapa produk fashion atau rumah tangga di media sosial atau platform jual-beli yang saat ini banyak tersedia.

Bagaimana kalau tak punya modal? Kamu bisa jual sejumlah barang, seperti tas, kamera, atau jam tangan, yang sudah tak terpakai. Selain bisa tambah penghasilan, cara tersebut juga ampuh untuk mengurangi penumpukan barang di dalam rumah.

 Baca juga: Mendadak di PHK karena Wabah Corona, ini yang Harus Dilakukan!

Sementara itu, kamu juga bisa jadi dropshipper yang pada prinsipnya tak memerlukan modal dan sediakan stok barang seperti supplier. Tugas kamu hanya memasarkan produk melalui media online yang kamu miliki.

Untuk jadi dropshipper, kamu terlebih dulu harus memilih supplier atau pemilik barang sebagai partner bisnis. Jika mereka setuju bekerjasama, kamu baru bisa mengunggah foto-foto produk mereka di akun media sosial, tentu saja dengan harga yang lebih tinggi dari yang dibandrol si pemilik.

Jika ada yang memesan dan melakukan pembayaran, kamu tinggal menghubungi supplier dan menyetorkan uang dengan nominal harga yang telah disepakati di awal. Setelahnya, supplier akan mengirimkan barang kepada pembeli atas nama kamu selaku dropshipper.

 Freelancer

Cara selanjutnya adalah jadi freelancer alias pekerja lepas.

Saat ini, banyak perusahaan atau startup yang membutuhkan tenaga profesional dengan status freelance untuk mendukung kegiatan mereka. Kamu bisa manfaatkan peluang ini untuk menghasilkan uang. 

Baca juga: Langkah Cerdas Stabilkan Keuangan di Tengah Pandemi Covid-19

Kamu bisa jadi penulis lepas, penerjemah, editor video, atau desainer grafis, bagi perusahaan yang membutuhkan. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait pekerjaan tersebut di media sosial atau platform penyedia informasi lowongan pekerjaan yang beredar luas di dunia maya.

Mengembangkan dana di Danain

Di era digital seperti sekarang, melakukan pengembangan dana sangatlah mudah. Hanya dengan smartphone yang dimiliki, kamu bisa mengembangkan dana kapan pun dan di mana pun, termasuk saat wabah corona. Dalam hal ini, kamu bisa manfaatkan platform Danain yang merupakan P2P Lending beragunan emas.

Apakah Danain aman?

Perlu kamu tahu, performa kinerja Danain justru moncer di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Jika Q1 tahun lalu pendanaan yang disalurkan oleh Danain sebesar Rp 64 miliar, periode yang sama tahun ini meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi Rp 153 miliar. Selengkapnya, baca: Siaran Pers: Pandemi Covid-19, Pendanaan yang Disalurkan Platform Danain Justru Meningkat Signifikan, Kok Bisa?

Bagaimana, siap tambah income di tengah pandemi Covid-19 dengan sederet cara di atas?