Blog

Urutan Pulau Terbesar di Dunia, Beberapa Ada di Indonesia!

danain-Urutan pulau terbesar di dunia-gambar kepulauan di Indonesia

Urutan pulau terbesar di dunia

Bumi terdiri dari banyak pulau. Ada yang besar, ada pula yang kecil. Berikut urutan pulau terbesar di dunia yang perlu kamu tahu!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pulau adalah tanah atau daratan yang dikeliling oleh air, baik itu laut, sungai, maupun danau. Sementara menurut UN Convention on The Law of The Sea (UNCLOS 1982), pulau merupakan massa daratan yang terbentuk secara alami, dikelilingi oleh air, dan tidak tenggelam saat terjadi pasang air laut.

Pulau berbeda dengan benua. Jika benua sangat luas dan jadi rumah bagi beberapa negara, pulau umumnya hanya berada di suatu negara dan punya ukuran yang jauh lebih kecil.

Secara teknis, Australia merupakan sebuah pulau lantaran wilayahnya tidak terhubung dengan daratan manapun. Australia bisa saja jadi pulau terbesar di dunia dengan luas wilayah yang mencapai 7.692.202 kilometer persegi.

Baca juga: Pernah Sangat Kaya, Begini Kondisi Negara Nauru Dulu dan Sekarang!

Akan tetapi, pada kenyataannya, Australia lebih sering disebut daratan kontinental, sehingga tidak termasuk dalam urutan pulau terbesar di dunia. Demikian dilansir Britannica.

Lantas, pulau apa saja yang termasuk dalam jajaran pulau terbesar di dunia? Berikut kami berikan daftarnya, seperti dikutip dari laman Kompas.com!

Greenland

Urutan pulau terbesar di dunia yang pertama adalah Greenland, dengan luas wilayah mencapai 2.166.086 kilometer persegi. Greenland tertelak di ujung utara bumi, sebelah timur teluk Baffin.

Melansir National Geographic, Greenland terkenal dengan gletser dan udara dinginnya. Sekitar 1,8 juta kilometer persegi dari total keseluruhan Greenland tertutup oleh es. Hal ini karena dua pertiga pulau berada di atas lingkaran Arktik, sehingga menciptakan iklim yang dingin sepanjang tahun.

Penduduk Greenland mengalami 24 jam sinar matahari ketika musim panas dengan suhu hanya mencapai 4 derajat celcius. Adapun saat musim dingin, langit di sana akan tampak gelap dan suhu akan turun hingga minus 34 derajat celcius.

Papua Nugini

Pulau terbesar kedua adalah Papua Nugini, luasnya mencapai 785.753 kilometer persegi. Pulau ini terletak di Samudra Pasifik, sebelah utara Australia.

Papua Nugini atau Papua dihuni oleh dua negara. Sebelah barat adalah wilayah Indonesia yang masuk Benua Asia, sementara sebelah timur merupakan Papua Nugini yang masuk wilayah Oseania.

Baca juga: Berapa Biaya Liburan ke Maldives? Berikut Rincian Lengkapnya!

Kalimantan

Tiga negara saling berbagi di pulau ini, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Indonesia menguasai 73 persen dari 743.330 kilometer persegi total luas Pulau Kalimantan, Malaysia menguasai 24 persen wilayah, dan sisanya dikuasai oleh Brunei Darussalam.

Madagaskar

Urutan pulau terbesar di dunia yang berikutnya adalah Madagaskar. Dengan luas mencapai 587.713 kilometer persegi, Madagaskar jadi pulau terbesar di Benua Afrika.

Madagaskar terletak di Benua Afrika bagian timur, tepatnya di Samudra Hindia. Pulau ini terkenal dengan satwa liar dan keanekaragaman hayatinya yang unik.

Pulau Baffin

Di daftar kelima ada Pulau Baffin, pulau terbesar di Kanada dengan luas mencapai 507.451 kilometer persegi. Pulau Baffin terletak di Kanada bagian utara, tepatnya di tepi paling timur wilayah Nunavut. Sejumlah satwa liar hidup di pulau ini, mulai dari burung hantu salju, beruang kutub, hingga paus beluga.

Sumatera

Pulau Sumatera 100 persen adalah bagian dari wilayah Indonesia. Dengan luas mencapai 443.066 kilometer persegi, Pulau Sumatera terletak di sebelah utara dan timur Samudra Hindia. Pulau ini menjadi rumah bagi banyak satwa liar, seperti monyet, harimau sumatera, badak, hingga gajah.

Baca juga: Keren, ini 5 Destinasi Wisata Eksotis di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Generasi Milenial!

Pulau Honshu

Terakhir ada Pulau Honshu, dengan luas mencapai 225.800 kilometer persegi. Kota-kota besar di Jepang, seperti Tokyo dan Kyoto, berada di pulau ini. Tak heran jika Pulau Honshu jadi rumah bagi sebagian besar penduduk Jepang.

Ya, itulah urutan pulau terbesar di dunia yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply