Di Indonesia, tren traveling terus meningkat dari tahun ke tahun, tak terkecuali bagi generasi milenial. Makin beragam dan memukaunya destinasi wisata membuat kaum milenial rela menyisihkan sebagian uangnya untuk bisa mendatangi tempat-tempat indah yang ada di berbagai penjuru negeri.

Bicara traveling, ada fakta menarik yang perlu kamu tahu. Menurut riset yang dilakukan salah satu agen perjalanan terbesar di Indonesia, sekitar 60 persen wisatawan milenial Indonesia lebih memilih lokasi wisata dalam negeri ketimbang mancanegara.

Berdasarkan riset tersebut, alasan generasi milenial memilih destinasi wisata domestik adalah karena faktor dana yang masih terjangkau, sebab mayoritas mereka masuk dalam kategori pekerja baru atau yang baru berkeluarga. Alasan lainnya, keindahan alam Indonesia juga tak kalah memesona dibanding destinasi wisata di negara-negara lain. Demikian dilansir Tribun Travel.

Sementara menurut survei yang dilakukan salah satu penyedia layanan penginapan berbasis online, traveler milenial di Indonesia diketahui makin memperluas jangkauan lokasi liburannya. Bukan lagi ke mal atau lokasi wisata perkotaan, melainkan lebih mencari ketenangan dengan nuansa berbau alam. Yang tak kalah penting, generasi milenial juga lebih memilih tempat wisata yang instagrammable alias yang menarik untuk diunggah di media sosial Instagram.

Berikut kami sajikan 5 destinasi wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi oleh generasi milenial:

Labuan Bajo

Sumber: IDN Times

Keindahan Labuan Bajo sudah tak perlu diragukan lagi. Lokasi wisata yang berada di wilayah administrasi Nusa Tenggara Timur tersebut memiliki keindahan alam yang luar biasa. Ada banyak spot wisata yang siap memanjakan mata kamu, mulai dari Pulau Kanawa, Sebayur, Gili Laba, Manta Point, Pulau Kelor, Pulau Komodo, Pink Beach, hingga Pulau Rinca.

Nikmatilah pemandangan matahari terbit di Gili Laba yang begitu eksotis. Kamu harus trekking terlebih dahulu untuk menuju ke puncaknya. Selain itu, jangan lewatkan pula kesempatan bertemu Komodo dan snorkeling atau diving bersama ikan pari di Manta Point.

Estimasi biaya: Tiket pesawat PP Jakarta-Labuan Bajo Rp 4.000.000 + Paket wisata 4 hari 3 malam Rp 3.000.000, total = Rp 7.000.000

 

Raja Ampat

Sumber: Kompas.com

Gugusan pulau yang eksotis di Raja Ampat memang tak ada habisnya untuk di-explore. Tak heran jika lokasi wisata yang terletak di Papua Barat ini dinobatkan oleh generasi milenial sebagai prioritas tujuan wisata 2018. Pesona bawah lautnya yang mengagumkan juga membuat destinasi wisata tersebut diklaim sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia.

Di Raja Ampat, ada beberapa tempat populer yang kerap dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing. Sebut saja Piaynemo, Arborek, Yenbuba, Misool, Wayag, dan masih banyak lagi. Oh ya, jika bertandang ke Misool, jangan lewatkan kesempatan untuk berenang bareng ubur-ubur di Danau Cinta. Kamu juga bisa diving atau snorkeling dengan bayi-bayi hiu yang menggemaskan di perairan Wayag.

Estimasi biaya: Tiket pesawat PP Jakarta-Sorong Rp 6.000.000 + Paket wisata 4 hari 3 malam Rp 6.500.000, total = Rp 12.500.000

 

Pantai Ora

Sumber: Liputan6.com

Pantai Ora bisa dibilang salah satu ‘surga’ tersembunyi di wilayah timur Indonesia. Hamparan pasir putih serta air lautnya yang jernih dan biru membuat pantai ini wajib ada dalam daftar destinasi wisata yang harus kamu kunjungi. Lokasinya yang terpencil dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan sangat cocok buat kamu yang suka ketenangan.

Ketika menginjakkan kaki di Desa Saleman, sebelum akhirnya menyebrang ke Pantai Ora, kamu akan disuguhkan pemandangan gunung dan hutan yang sungguh eksotis. Selain itu, ada pula laguna cantik yang konon tak kalah memukau dengan yang ada di Bora-Bora. Satu hal yang pasti, hanya butuh satu langkah untuk bisa berenang atau snorkeling dengan koral-koral indah dari depan kamar.

Estimasi biaya: Tiket pesawat PP Jakarta-Ambon Rp 5.000.000 + Paket wisata 4 hari 3 malam Rp 5.500.000, total = Rp 10.500.000

 

Derawan

Sumber: Hipwee

Destinasi wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi oleh kaum milenial adalah Derawan. Berlokasi di  Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, kepulauan ini menawarkan pemandangan yang eksotis, terutama taman bawah lautnya yang sangat diminati oleh para penyelam kelas dunia. Kamu juga wajib menyambangi Pulau Kakaban untuk berenang bareng ubur-ubur yang memesona.

Puas berinteraksi dengan ubur-ubur, tak ada salahnya untuk kembali mengeksplorasi Pulau Sangalaki dan menyaksikan keindahan ikan pari berukuran besar. Di pulau tersebut, kamu juga bisa melihat penyu-penyu cantik dan memotretnya dari jarak dekat.

Estimasi biaya: Tiket pesawat PP Jakarta-Berau Rp 3.000.000 + Paket wisata 4 hari 3 malam Rp 2.500.000, total = 5.500.000

 

Wakatobi

Sumber: Tribun news

Wakatobi juga merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh generasi milenial. Kepulauan yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara ini menyuguhkan sederet pemandangan indah, terutama titik-titik selamnya yang begitu menawan. Salah satunya sebut saja di Wangi-wangi. Di sana, terdapat Pantai Waha dan Sombu yang memiliki hamparan terumbu karang hanya beberapa meter dari tepi pantai.

Wakatobi juga punya beberapa destinasi menarik lainnya yang sayang untuk dilewati. Kamu bisa mengunjungi benteng peninggalan Belanda atau datang ke perkampungan Suku Bajo. Selain itu, kamu juga dapat ber-snorkeling ria di Pulau Hoga sembari menikmati hamparan pasir putihnya yang elok.

Estimasi biaya: Tiket pesawat PP Jakarta-Wakatobi Rp 4.000.000 + Paket wisata 4 hari 3 malam Rp 5.000.000, total = Rp 9.000.000

 

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa estimasi biaya yang dicantumkan adalah biaya paket wisata? Itu karena harga paket wisata lebih murah ketimbang jalan secara pribadi. Jadi, untuk menekan biaya, kamu disarankan mengikuti trip wisata yang diselenggarakan oleh sejumlah agen perjalanan. Harga yang dibandrol sudah mengakomodir kebutuhan kamu selama berwisata, mulai dari transportasi selama perjalanan, penginapan, makan, dan lain-lain.

Untuk memuluskan langkahmu berpelesir ke sejumlah tempat tadi, ada tips menarik yang bisa kamu ikuti. Jangan menabung untuk mengumpulkan uang. Sarannya, gunakan uang yang kamu punya untuk mengembangkan dana di platform Danain.

Berikut perbedaan signifikan antara menabung dengan investasi di Danain:

Menabung memang punya keunggulan, seperti risiko yang kecil sebab dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga 2 miliar rupiah. Meski begitu, bunga yang diberikan tergolong kecil (0-1,7% per tahun) serta terdapat biaya admin yang harus kamu tanggung.

Ingin tahu lebih jelas tentang Danain? Cek: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!

Sementara di Danain, imbal hasil yang kamu terima lebih besar, minimal 8% up to 120% per tahun. Dari segi risiko, Danain sangat aman. Pasalnya, pihak peminjam dana diharuskan menyerahkan agunan emas atau logam mulia kepada mitra pergadaian Danain. Jika, peminjam tidak mampu melunasi pinjamannya, mitra akan mengembalikan pokok dan bunga tanpa potongan.

Simulasi perhitungan

Misal: Kamu menabung Rp 800.000 selama satu tahun. Hasil yang akan kamu dapat dengan bunga 1,7% per tahun ialah: Rp 9.688.861, belum termasuk biaya admin.

Sementara di Danain, dengan nominal deposit yang sama, hasil yang kamu terima akan lebih besar, yakni Rp 10.026.340. Itu jika memakai imbal hasil yang terkecil, 8% per tahun. Jika perputaran investasi kamu lebih cepat, hasil maksimalnya bisa mencapai Rp 18.818.170 dengan imbal hasil 120% per tahun.

Gimana, siap berpelesir ke beberapa tempat tadi?