Blog

Jadi Orang Super Tajir, Berapa Sih Total Kekayaan Elon Musk?

danain-Total kekayaan Elon Musk-gambar elon musk

Total kekayaan Elon Musk

Elon Musk dinobatkan sebagai orang paling kaya di dunia versi Forbes 2022. Yang jadi pertanyaan, berapa total kekayaan Elon Musk?

Nama Elon Musk tentu sudah tidak asing di telinga kita. Jumlah hartanya yang selangit membuat dirinya selalu muncul dalam daftar orang terkaya di dunia.

Apalagi baru-baru ini, ia telah membeli Twitter dengan harga yang sangat fantastis, yakni sekitar Rp 635 triliun. Dengan begitu, Elon Musk jadi salah satu pemegang saham terbesar di platform media sosial tersebut.

Menurut Elon Musk, berkat pengaruhnya yang sangat besar, Twitter punya potensi yang luar biasa di masa depan. Ia pun mulai meneken sejumlah kebijakan, seperti melonggarkan pembatasan konten hingga memberantas akun-akun palsu.

Elon Musk juga menilai bahwa Twitter merupakan pusat dari pusat demokrasi di dunia maya. Ia mengibaratkan Twitter sebagai alun-alun digital, di mana hal-hal penting terkait masa depan umat manusia sedang diperdebatkan.

Baca juga: Jadi YouTuber Sukses, Berapa Total Kekayaan Atta Halilintar?

Bicara Elon Musk, kurang lengkap rasanya jika kita tak mengulas tentang kekayaannya yang sangat besar. Penasaran, berapa total kekayaan Elon Musk yang terbaru?

Mengutip laman Sindonews.com, Elon Musk saat ini punya kekayaan mencapai 257 miliar dolar AS atau setara Rp 3.701 triliun. Demikian versi Bloomberg Billionaire Index.

Menariknya, pada awal tahun 2022, total kekayaan Elon Musk sempat menyentuh angka Rp 4.352 triliun, berkat kinerja saham perusahaan induknya, Tesla Inc, yang mengalami peningkatan. Hal ini juga didukung oleh hasil penjualan kendaraan listrik sebesar 936.000 sepanjang 2021, di mana angka tersebut tumbuh 87 persen dibanding tahun sebelumnya.

Adapun fakta terbaru yang juga mencengangkan tentang Elon Musk, ia baru saja kehilangan kekayaannya sebesar 18,7 miliar dolar AS atau setara Rp 270 triliun dalam waktu satu hari. Hal tersebut merupakan imbas dari penurunan bursa saham Amerika Serikat (Wall Street) pada pekan lalu, di mana The Fed mengumumkan kenaikan suku bunga 50 basis poin.

Baca juga: Raih Kekayaan, Ternyata 3 Kebiasaan ini yang Dilakukan oleh Orang-orang Sukses!

Nah, dengan jumlah harta yang begitu menakjubkan, banyak orang bertanya-tanya, dari mana saja sumber kekayaan Elon Musk? Setidaknya, ada 4 sumber yang berhasil kami rangkum, di antaranya:

Tesla

Sebagian besar kekayaan Elon Musk berasal dari Tesla Inc, produsen mobil listrik yang bermarkas di Amerika Serikat. Di perusahaan ini, Elon Musk jadi pendiri sekaligus pemegang saham sebesar 21 persen. Berkat tangan dinginnya, nilai kapitalisasi pasar Tesla diperkirakan mencapai 1,03 triliun dolar AS.

SpaceX

Selain Tesla Inc, Elon Musk juga menjalankan SpaceX yang merupakan penyedia layanan peluncuran terkemuka di dunia yang mengirimkan astronot ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional. Sekadar informasi, SpaceX didirikan pada Mei 2002 dan saat ini nilai kapitalisasi pasarnya diperkirakan mencapai 74 miliar dolar AS.

The Boring Company

Sumber kekayaan Elon Musk yang berikutnya berasal dari The Boring Company. Perusahaan ini bergerak di sektor jasa pembangunan terowongan dan infrastruktur lain Negeri Paman Sam. Nilai kapitalisasi The Boring Company juga tak main-main, yakni 5,7 miliar dolar AS.

Baca juga: Ramai Diperbincangkan, Apa itu Crazy Rich Surabaya?

Twitter

Seperti yang sudah kami singgung di atas, Elon Musk baru saja mengakuisisi Twitter dengan nilai yang sangat fantastis. Itu artinya, perusahaan ini juga akan menambah pundi-pundi Elon Musk di kemudian hari.

Ya, itulah ulasan singkat mengenai total kekayaan Elon Musk beserta sumber-sumbernya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply