Mengadopsi kebiasaan finansial orang kaya adalah salah satu cara tepat untuk membangun kekayaan. Begitu kata akuntan, perencana keuangan, sekaligus orang yang mempelajari jutawan, Tom Corley.

Corley melakukan survei terhadap 233 orang kaya atau miliarder tentang kebiasaan mereka sehari-hari. Ia membandingkan jawaban mereka dengan tanggapan dari 128 orang yang tidak kaya atau mereka yang berpenghasilan kurang dari 35.000 dolar AS per tahun.

Selain itu, ia juga membaca ratusan buku tentang kesuksesan dan psikologi. Semua dilakukan untuk mengetahui apa saja yang dilakukan oleh orang-orang sukses serta untuk bahan penulisan buku “Rich Habits, Poor Habits.”

Berikut 3 kebiasaan orang kaya yang patut untuk ditiru, menurut Corley:

Buat daftar tujuan keuangan dan fokus realisasikan

80 persen orang kaya ‘terobsesi’ mengejar tujuan. Mereka selalu merujuk pada tujuan harian dan jangka panjang secara teratur.

Corley menuturkan, jika rekening kamu tak pernah melebihi angka yang ingin dicapai, cobalah untuk mulai tuliskan daftar tujuan keuangan kamu dan letakkan di suatu tempat yang bisa dilihat setiap hari.

Baca juga: Catat, 5 Kesalahan ini Bikin Anda tak Pernah jadi Orang Kaya!

“Contoh, kamu bisa memasukkan dana darurat sebesar 5.000 dolar AS tahun ini dengan mencicilnya 14 dolar AS setiap harinya,” terang Corley.

Meninjau tujuan tersebut tiap hari akan membuat kamu tetap fokus pada tujuan dan menghindari pengeluaran yang sifatnya spontan.

Ikuti aturan pengeluaran 24 jam

Kendati orang kaya memiliki banyak uang, tapi mereka juga selalu melakukan pertimbangan ketika akan melakukan pembelian. Bagi mereka, menahan diri sebelum membeli sesuatu adalah kunci sukses keuangan yang sehat.

“Belajar menunda kepuasan sangat penting untuk kesuksesan. Terlebih ketika menyangkut investasi, bisnis, atau menghasilkan uang,” ungkap Corley seperti dilansir CNBC.

Baca juga: Terkuak, ini 5 Penyebab Orang Kaya Sulit Jatuh Miskin!

Tiap kali kamu tergoda untuk membeli sesuatu, cobalah pertimbangkan apakah barang tersebut kebutuhan atau hanya keinginan. Jika belum menemukan jawabannya, kamu bisa menunda pembelian selama 24 jam.

Sementara menunggu, sebaiknya ingat-ingat lagi tujuan keuangan jangka panjang yang ingin kamu capai. Dengan begitu, kamu bisa mengambil keputusan dengan bijak.

Sisihkan 20 persen penghasilan

Mayoritas orang kaya dalam penelitian Corley menghemat sejumlah besar pendapatan mereka. Corley pun merekomendasikan untuk menyisihkan 20 persen gaji tiap bulan untuk ditabung atau diinvestasikan.

Seiring waktu, lanjut Corley, kamu akan melihat jumlah uang di rekening kamu akan tumbuh.

 

Terkait risetnya tersebut, Corley juga menyampaikan sebuah fakta menarik terkait kekayaan. “80 pesen orang kaya dalam studi saya tidak menjadi kaya hingga usia 50 tahun. Poinnya, butuh waktu lama untuk menciptakan kekayaan,” tutup Corley.

Ya, itulah 3 kebiasaan finansial yang dilakukan oleh orang-orang kaya, menurut Corley.

Terkait hal itu, ada info menarik yang juga perlu kamu tahu. Kamu juga bisa melakukan pengembangan dana untuk meraih kekayaan. Salah satunya dengan memanfaatkan layanan P2P Lending. Selengkapnya, baca: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!