Apakah kamu termasuk salah seorang yang diminta untuk work from home alias kerja dari rumah saat pandemi Covid-19?

Jika ya, bisa dipastikan bila kamu akan menghabiskan banyak waktu di depan laptop sepanjang hari. Dan itu artinya, kemungkinan kamu untuk tergoda melakukan belanja online akan makin besar ketika ada waktu luang atau saat mengakhiri pekerjaan.

Perlu kamu pahami, menghabiskan uang untuk belanja online bukan hal yang tepat dalam kondisi seperti saat ini, sebab akan memperbesar pengeluaran. Akan lebih baik jika uang yang kamu miliki disimpan untuk dana darurat.

Baca juga: Berapa Jumlah Dana Darurat yang Perlu Dimiliki saat Pandemi Covid-19?

Lalu, bagaimana jika keinginan untuk belanja online saat work from home ternyata masih tetap tinggi, apa yang harus dilakukan?

Berikut beberapa tips untuk menghindarinya, sebagaimana dilansir CNBC:

Tetapkan waktu browsing

Diungkapkan pakar belanja RetailMeNot, Sara Skirboll, cobalah untuk mengatur waktu browsing saat bekerja dari rumah. Daripada beralih ke belanja online setiap kali kamu merasa bosan atau gelisah, sebaiknya beri waktu untuk menjelajah toko online beberapa jam dalam seminggu.

“Perlu diketahui, langkah ini tak hanya akan membantu kamu untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu, tapi juga bisa membuatmu tetap fokus menyelesaikan tugas selama hari kerja,” jelas Skirboll.

Baca juga: 5 Kesalahan Terbesar saat Work from Home, Wajib Dihindari!

Tunggu 24 jam

Toko online sangat memudahkan kamu untuk berbelanja, hanya dengan meng-klik tombol. Tapi, sebelum melakukan pembelian, sebaiknya beri jeda waktu 24 jam untuk memikirkannya.

Lontarkan beberapa pertanyaan pada diri kamu untuk memastikan apakah ini pembelian impulsif atau tidak. Bagaimana barang itu akan menambah nilai bagi hidup kamu? Apakah barang itu benar-benar bagus? Apakah kamu benar-benar membutuhkannya?

Cara lainnya, lakukan pemblokiran pada situs web tertentu, yang notabene tempat kamu cenderung menghabiskan banyak uang untuk berbelanja. Selain itu, hapus pula informasi terkait kartu kredit kamu dari situs mana pun yang menyimpannya.

Secara keseluruhan, strategi ini bisa membantu kamu untuk menahan godaan belanja online saat work from home.

Lakukan riset

Dalam kondisi tertentu, jika kamu memang ingin melakukan pembelian, cobalah untuk melakukan riset terlebih dulu. Bandingkan harga barang yang ingin kamu beli di beberapa toko online.

“Riset adalah langkah penting yang harus selalu dilakukan sebelum melakukan pembelian. Periksa harga di sejumlah penjual lain dan pastikan kamu mendapatkan harga terbaik sebelum meng-klik tawaran yang pertama kamu lihat,” ungkap Skirboll.

Baca juga: 4 Tips agar tetap Produktif selama Work from Home

Di sisi lain, penting juga bagi kamu menentukan waktu yang tepat untuk berbelanja. Perlu kamu ingat, di industri tertentu, harga barang cenderung akan turun pada waktu tertentu dalam periode setahun. Cobalah untuk sedikit bersabar dan manfaatkan momen tersebut.

“Memang sangat menggoda untuk meningkatkan kapasitas TV saat kamu menghabiskan waktu lebih banyak di rumah. Tapi, ingat, jangan terlalu bernafsu untuk segera membelinya! Biasanya, pertengahan tahun akan banyak diskon besar yang menanti. Manfaatkan momen itu untuk melakukan pembelian,” pungkas Skirboll.