Blog

Terbukti Ampuh, ini Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Perlu Kamu Tahu!

danain-Tips menabung 5 juta setahun-gambar orang menabung

Tips menabung 5 juta setahun

Punya rencana untuk mengumpulkan uang Rp 5 juta dalam waktu satu tahun? Jika ya, penting untuk tahu sederet tips menabung 5 juta setahun berikut ini!

Menabung adalah cara paling mudah untuk mengumpulkan uang. Setidaknya, itulah yang diajarkan orang tua kita sejak masih kecil. Dan hingga saat ini, metode tersebut masih sangat relevan untuk dilakukan.

Pada prinsipnya, menabung bisa jadi hal yang menyenangkan jika kita menemukan cara yang tepat. Berapapun jumlah yang ingin kamu capai sejatinya bisa terealisasi, apabila dijalanan dengan niat yang benar dan tidak setengah hati.

Sebagai contoh, kamu membutuhkan uang Rp 5 juta di tahun depan untuk membeli sebuah barang. Dalam hal ini, ada beberapa langkah yang bisa kamu contek.

Berikut tips menabung 5 juta setahun, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Kenali kondisi keuangan

Sebelum memutuskan untuk menabung, ketahuilah terlebih dulu kondisi keuanganmu. Hal ini akan memudahkanmu untuk mengetahui cara yang efektif dalam mewujudkan tujuan keuangan dalam setahun.

Dalam konteks ini, kamu bisa hitung pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Jika ternyata masih ada sisa, itu berarti aktivitas menabung bisa dilakukan.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan saat Wabah Covid-19, Berhenti Menabung!

Biasakan hidup hemat

Untuk mewujudkan jumlah tabungan 5 juta dalam setahun, penting bagi kamu untuk menerapkan hidup hemat dalam keseharian. Jangan pernah terhasut untuk berbelanja barang konsumtif dan fokuslah pada pengeluaran untuk kebutuhan pokok.

Seringkali, banyak orang tergoda untuk berbelanja hanya untuk memenuhi keinginannya saja. Jika kamu termasuk salah satunya, tinggalkanlah kebiasaan tersebut mulai saat ini!

Buat tabel tabungan

Tips menabung 5 juta setahun yang berikutnya adalah dengan membuat tabel tabungan. Caranya sangat mudah, kamu cukup membuat tabel per hari, per minggu, atau per bulan.

Jika sudah, kamu tinggal mengisinya secara konsisten. Jumlahnya tidak harus sama, yang penting rutin dan tidak ditunda-tunda. Misal, kamu bisa menabung 50 ribu di minggu pertama dan menaikkannya jadi 100 ribu di minggu kedua dan seterusnya hingga jumlah 5 juta terpenuhi.

Baca juga: Miliarder Muda Tanner Chidester: Menabung adalah Cara Lambat Menuju Kaya!

Tetapkan hari untuk menabung

Jika kamu belum terbiasa untuk menabung, cara satu ini akan sangat membantu. Kamu bisa tetapkan jadwal menabung di hari-hari tertentu.

Misal, kamu menetapkan hari Senin, Kamis, dan Sabtu sebagai hari menabung. Rutinlah menabung di hari-hari tersebut untuk memudahkan mencapai target 5 juta dalam setahun. Jika perlu, buat alarm pengingat dalam perjalanannya.

Sisihkan setiap menerima gaji

Jika kamu seorang karyawan yang menerima gaji setiap bulan, cara menabung satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Intinya, kamu tinggal menyisihkan sebagian penghasilan kamu setiap kali menerima gaji.

Contoh, gaji kamu Rp 4,5 juta setiap bulan. Kamu bisa sisihkan 10 persennya secara rutin, yakni Rp 450 ribu. Di akhir periode, kamu bisa mengumpulkan uang sebesar Rp 5,4 juta.

Nabung Rp 14 ribu tiap hari

Tips menabung 5 juta setahun yang terakhir adalah dengan menyisihkan uang secara harian sebesar Rp 14 ribu. Kamu bisa melakukannya dengan mengurangi anggaran untuk membeli kopi atau makanan setiap harinya.

Jika dihitung, Rp 14 ribu x 365 hari = Rp 5.110.000. Sudah lebih dari target!

Baca juga: Hati-hati, Menabung dan Gunakan ATM Malah Bikin Boros, Kok Bisa?

Ya, itulah tips menabung 5 juta setahun yang bisa kamu terapkan. Satu hal yang tak kalah penting, hindarilah belanja impulsif selama proses pengumpulan uang ini berlangsung. Dengan begitu, tujuan kamu mengumpulkan uang akan lebih mudah untuk dicapai.

Selamat mencoba!

Leave a Reply