Kekayaan bersih Tanner Chidester mencapai 1 juta dolar AS sebelum ulang tahunnya yang ke-28. Itu berkat bisnis yang ia jalankan, seperti Fit Warrior and Elite CEO.

Setelah merintis karier dari nol, Chidester mengaku bahwa untuk menjadi kaya, jauh lebih mudah menghasilkan lebih banyak uang daripada menabung. Bahkan, ia dengan tegas mengatakan,”Menabung adalah cara lambat menuju kaya.”

Chidester, yang saat ini berusia 28 tahun, butuh beberapa tahun untuk benar-benar mengetahui cara tepat menghasilkan uang. Ketika berusia 22 tahun, ia keluar dari Texas A&M dan memutuskan untuk memulai bisnis kebugaran pribadi dan makanan.

Chidester hanya menghasilkan 2.000 dolar AS di dua tahun pertamanya. Untuk membayar tagihan, ia harus bekerja shift selama enam jam di Olive Garden. 

Baca juga: Hati-hati, Menabung dan Gunakan ATM Malah Bikin Boros, Kok Bisa?

Ia juga mengambil kursus tentang cara membangun bisnis pelatihan online yang sedang digeluti. Saat itulah, Chidester mulai menyadari bahwa orang berani membayar harga tinggi untuk sebuah layanan yang diberikan.

“Saya menjual program kebugaran seharga 40 dolar AS. Saat itu juga saya terdasar bahwa orang akan membayar 1.500 dolar AS untuk layanan saya,” ujar Chidester, yang ketika itu berusia 25 tahun.

Seiring berjalan waktu, Chidester makin yakin bahwa orang akan bersedia mengeluarkan uang empat digit untuk latihan kebugaran. Ia pun mulai menaikkan harga, hingga mampu hasilkan 10.000 dolar AS dalam waktu seminggu.

Tak berhenti sampai di situ, penghasilannya terus bertambah hingga mencapai 30.000 – 50.000 dolar AS dalam sebulan. Pada usia 27 tahun, Chidester pun berhasil meraih predikat sebagai miliarder.

Di sisi lain, Chidester mengakui jika menabung adalah hal yang penting. Meski begitu, lanjut dia, fokus menghasilkan lebih banyak uang jauh lebih efisien untuk meningkatkan kekayaan.

Baca juga: Jangan Menabung, Ini Cara Paling Ampuh untuk Persiapkan Biaya Nikah yang Makin Mahal!

“Jika Anda menghasilkan banyak uang, itu jauh lebih mudah untuk menyimpannya. Misal: jika Anda menghasilkan 3.000 dolar AS dalam sebulan, pada akhirnya, Anda hanya bisa menghemat 500 dolar AS atau maksimal 1.000 dolar AS pada akhir periode – Anda harus membayar sewa hingga biaya makan. Tapi, jika Anda meningkatkan penghasilan, peluang Anda untuk menabung lebih banyak akan makin besar,” terang Chidester.

Penuturan miliarder lain

Chidester bukan satu-satunya miliarder yang mendorong pemikiran seperti itu. Grant Cardone, seorang miliarder yang pernah terlilit utang juga mengatakan hal demikian.

Diungkapkannya, satu-satunya cara untuk meraih kekayaan adalah fokus meningkatkan penghasilan. “Saya bisa berjanji bahwa Anda tak akan menjadi kaya dengan menghemat pengeluaran harian hanya demi menabung. Jika Anda tak memiliki penghasilan, maka tak ada uang yang bisa ditabung,” ungkap Cardone.

Daripada menghemat pengeluaran harian, akan lebih baik jika Anda fokus untuk meningkatkan pendapatan. Kata Cardone,”Tingkatkanlah penghasilan Anda dengan maksimal. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan sesuatu yang lebih substansial.” 

Baca juga: Dukung Program Inklusi Keuangan, Danain Ajak Masyarakat Menabung di P2P Lending!

Steve Siebold juga mengemukakan hal serupa. Pria yang telah mempelajari perilaku orang kaya selama lebih dari 25 tahun ini menuturkan, banyak orang fokus pada hidup hemat hingga mereka kehilangan peluang yang lebih besar. Sementara orang kaya memfokuskan energi untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Siebold menambahkan, kenyataan ini bukan berarti orang kaya mengabaikan tabungan. Menurutnya, orang kaya tetap sadar bahwa menabung adalah hal penting. Akan tetapi, mereka tetap berpedoman bahwa menghasilkan lebih banyak uang adalah sesuatu yang lebih penting.

“Banyak orang lebih peduli dengan keuntungan sederhana yang dikumpulkan dengan menabung, daripada menggunakan pikiran mereka yang bernilai tinggi untuk menciptakan kekayaan,” pungkas Siebold.

Kesimpulan dari ini semua: Jika Anda ingin menjadi ‘besar’, ikuti uangnya. Demikian dilansir CNBC.