Pada 2016, setelah berhasil mengumpulkan 1 juta dolar AS, Steve Adcock memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya di bidang pengembangan perangkat lunak dan pensiun di usia 35 tahun. Beberapa bulan setelahnya, sang istri Courtney juga mengikuti jejaknya untuk melakukan pensiun dini.

Adcock mengatakan, tidak semua orang bisa pensiun di usia 30-an. Akan tetapi, semua orang bisa mencapai sebuah kondisi yang namanya kemandirian finansial. “Ini mungkin tidak mudah, tapi kamu tak harus menjadi jenius untuk bisa sampai ke sana,” ujarnya.

Intinya, tak ada seorang pun yang mau bangkrut selama sisa hidupnya. Karena itu, meski tujuanmu bukan untuk pensiun dini, kamu tetap bisa menjadi kaya dengan menerapkan beberapa prinsip berikut:

Jadikan kebebasan finansial sebagai tujuan utama

Meski tak ada hubungannya dengan uang, tapi aturan pertama ini adalah yang paling penting. Ini tentang keinginan untuk mencapai tujuan dan menjadikannya sebagai prioritas utama.

Adcock menjelaskan, saat itu, ia memiliki gaji yang besar dan bagus dalam pekerjaannya. Meski demikian, ia mulai takut untuk pergi bekerja setiap hari, tidak menikmati memiliki bos, hingga mulai lelah dengan rapat dan konflik kantor. Saat itulah ia ingin meninggalkan kehidupannya dan berencana untuk pergi keliling dunia. Jadi, di usia akhir 20-an, Adcock memutuskan untuk menjadikan pensiun dini sebagai tujuan utama.

Baca juga: Miliarder Muda Tanner Chidester: Menabung adalah Cara Lambat Menuju Kaya!

“Saya fokus membuat perubahan pada kebiasaan finansial. Alih-alih membiarkan uang saya diam, saya berinvestasi lebih banyak. Saya juga mulai menabung 70% dari penghasilan yang didapat. Awalnya sulit, tapi menjadi lebih mudah karena saya terus mengingatkan diri sendiri bahwa semua yang telah saya belanjakan adalah hal-hal yang sebenarnya tidak saya gunakan atau butuhkan,” terang Adcock.

Tingkatkan penghasilan

Meski telah bergaji besar, Adcock tetap memikirkan cara lain untuk meningkatkan penghasilannya di luar kantor. Ia pun membuat situs keuangan dan menulisnya secara konsisten. Dari hal itu, ia bisa meraih pendapatan bulanan rata-rata 1.000 dolar AS.

Tak hanya itu, ia dan sang istri juga membuat konten YouTube yang mendokumentasikan perjalanannya hingga menjadi penulis lepas di beberapa media. Ratusan dolar pun ia dapatkan setiap bulannya.

“Meski begitu, saya tetap bekerja keras di kantor saya, karena itu sumber penghasilan utama. Saya ingin menunjukkan kepada bos bahwa saya layak mendapat kenaikan gaji sebesar 10%-15%. Di pertengahan karier, saya membangun keberanian untuk meminta promosi besar. Alhasil, empat bulan kemudian, saya ditempatkan menjadi direktur,” ungkapnya.

Baca juga: Mau jadi Kaya di Tahun 2020? Terapkan 5 Gaya Hidup ini Secara Konsisten! 

Investasi

Menyimpan uang atau mendapatkan kenaikan gaji saja tidak cukup untuk melakukan pensiun dini atau meraih kekayaan. Menurut Adcock, kamu perlu berinvestasi seperti halnya yang ia lakukan.

Dalam perjalanannya, Adcock berinvestasi di sejumlah instrumen, seperti pasar saham, real estate, hingga bisnis benda bersejarah. Gagasannya sederhana: Kamu membeli aset dengan harga tertentu. Seiring waktu, nilai aset itu akan ikut bertambah secara signifikan.

“Ketika datang untuk berinvestasi, terlambat selalu lebih baik daripada tidak sama sekali,” pungkas Adcock, sebagaimana dilansir CNBC.

Otomatiskan keuangan

Adcock selalu mengambil pendekaan ‘lepas tangan’ terkait keuangan. Kata dia, banyak perusahaan yang menawarkan program pensiun dengan memberikan kontribusi langsung melalui sistem pemotongan gaji. Jika itu diatur, kamu tak perlu khawatir lagi.

“Otomatisasi akan membuat hidup kamu jauh lebih mudah. Pasalnya, kamu tak harus bergantung pada disiplin untuk bayar tagihan, bisa menghindari biaya keterlambatan hingga biaya bunga,” jelasnya.

Baca juga: Milenial Punya Potensi Besar jadi Generasi Terkaya pada 2030, Benarkah?

Ketahui ke mana uang pergi

Salah satu cara paling efektif untuk menghindari utang adalah mengetahui dengan pasti ke mana uang pergi. Ini adalah prinsip dasar yang kerap diabaikan oleh banyak orang. Adcock menyarankan, periksa tagihan secara detail, cek setiap pengeluaran, jangan abaikan pengeluaran kecil, serta cek layanan berlangganan bulanan kamu secara rutin, apakah benar-benar digunakan atau tidak.

Lepaskan diri dari hal yang tak dibutuhkan

Adcock pernah jadi orang yang sangat boros. Ia punya mobil dan motor mewah dengan biaya asuransi yang tak sedikit. Tapi, setelah memutuskan pensiun dini, semuanya telah dijual dan ia pun hidup dengan hemat.

“Anda tak perlu mengurangi segalanya. Prinsip ini adalah tentang mengevaluasi kembali prioritas,” tutup Adcock.

 

Bagaimana, siap jadi kaya dengan tips dari Steve Adcock di atas?