Meraih kekayaan bukanlah hal yang mudah. Butuh usaha ekstra untuk bisa mendapatkannya.

Jika kamu ingin meningkatkan kekayaan di tahun 2020 ini, kamu harus pandai mengelola uang dan segera tinggalkan pola hidup yang konsumtif. Langkah lain untuk menunjangnya, terapkanlah 5 gaya hidup berikut dengan baik dan konsisten:

Hasilkan dua pendapatan atau lebih

Orang kaya selalu fokus untuk menghasilkan uang. Mereka umumnya tidak puas dengan satu sumber pendapatan saja.

Diungkapkan Thomas C. Corley, orang kaya tidak bergantung pada sumber penghasilan tunggal. “Faktanya, 65 persen miliarder setidaknya memiliki tiga aliran pendapatan yang mereka ciptakan sebelum menghasilkan 1 juta dolar AS pertama mereka. Itu mereka dapat dari menyewakan real-estate, pekerjaan sampingan, atau pekerjaan paruh waktu,” jelas penulis “Change Your Habits, Change Your Life” ini.

Baca juga: Milenial Punya Potensi Besar jadi Generasi Terkaya pada 2030, Benarkah?

Setelah berhasil mendapatkannya, apa yang harus dilakukan? Terapkanlah strategi Jay Leno!

Simpan penghasilan yang besar dan hiduplah dari penghasilan yang lebih kecil. Perlu kamu tahu, cara tersebut tak hanya bisa meningkatkan jumlah tabungan, tapi juga bisa membantu kamu dalam mencegah inflasi gaya hidup, yakni kondisi di mana kamu akan meningkatkan pengeluaran saat pendapatan kamu ikut meningkat.

Simpan buat investasi

Menginvestasikan uang adalah cara terbaik untuk menjadi super kaya. Satu-satunya alasan menghemat uang adalah untuk menginvestasikannya suatu hari. Demikian kata miliarder Grant Cardone, sebagaimana dilansir CNBC.

Sementara menurut pakar keuangan Ramit Sethi, seberapa banyak kamu menabung dan berinvestasi seringkali lebih penting daripada jumlah gaji yang kamu terima.

“Rata-rata miliarder menginvestasikan 20 persen dari pendapatan rumah tangganya setiap tahun. Kekayaan mereka tidak diukur dari jumlah yang mereka hasilkan tiap tahun, tapi diukur dengan cara menabung dan investasi dari waktu ke waktu,” terangnya.

Ingin berinvestasi atau mengembangkan dana dengan mudah dan menguntungkan? Baca ini: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!

Otomatiskan keuangan

Setelah berkomitmen untuk investasi, buatlah prosesnya jadi otomatis. Siapkanlah transfer reguler, sehingga sebagian gaji yang kamu terima tiap bulan bisa langsung dikirim secara otomatis ke rekening khusus untuk investasi.

Jika kamu ingin tingkatkan kekayaan, mengotomatiskan uang untuk investasi akan sangat membantu kamu. Langkah itulah yang membantu Grant Sabatier menghemat lebih dari setengah penghasilannya, hingga akhirnya menjadi seorang miliarder. 

Bangun hubungan dengan orang sukses

Pergaulan itu penting, sebab dipercaya bisa memengaruhi kekayaan seseorang. Dalam banyak kasus, kekayaan seseorang bisa tercermin dari orang-orang di sekitarnya. Itulah sebabnya para ‘pemenang’ sangat tertarik untuk bergabung dengan sesama ‘pemenang’. Begitu kata miliarder Steve Siebold.

Corley mengamini hal tersebut. Kata dia, orang sukses sangat tegas terkait dengan siapa mereka akan bergaul. Tujuannya agar mereka bisa mengembangkan hubungan dengan individu-individu yang juga berpikiran sukses lainnya.

“Jika kamu tidak punya sosok inspiratif dalam jaringan, kamu disarankan untuk bergabung dengan orang lain yang memiliki tujuan atau minat sukses yang sama dengan dirimu,” ungkap Corley.

Baca juga: Hati-hati, 5 Kesalahan ini bisa Hancurkan Peluang Milenial untuk jadi Kaya!

Berpikir besar

Jika kamu menetapkan harapan yang sangat tinggi dan siap untuk menghadapi tantangan apapun, kamu berada di jalur yang benar. Lagi pula, kata Siebold, tak akan ada orang yang kaya dan mampu mewujudkan impiannya tanpa menetapkan harapan yang besar.

“Untuk meningkatkan kekayaan, segera tetapkan tujuan dan terapkan gaya hidup ini. Satu-satunya faktor penting untuk menjadi kaya adalah memulai, bukan menjadi orang pintar,” pungkas Sethi.

 

Bagaimana, siap jadi orang kaya di 2020 dengan terapkan gaya hidup di atas?