Blog

Punya Budget Terbatas? Coba Tips Bangun Rumah 50 Juta Rupiah Berikut ini!

danain-tips bangun rumah 50 juta rupiah-gambar orang membangun rumah

Tips bangun rumah 50 juta rupiah

Mau punya hunian nyaman, tapi budget yang dimiliki sangat terbatas? Jangan khawatir, kamu tetap bisa bangun rumah 50 juta rupiah dengan beberapa tips dan ide berikut ini!

Seperti yang kita tahu, harga properti terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bahkan, banyak data yang menyebutkan bahwa generasi milenial saat ini susah sekali untuk membeli rumah idamannya. Hal tersebut disebabkan karena kenaikan harga properti tidak sebanding dengan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) di setiap daerah.

Sebagai informasi, kenaikan harga properti berada di angka 5 sampai 20 persen setiap tahunnya. Sementara kenaikan UMP hanya berkisar di angka 0,5 sampai 3,5 persen per tahun. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor generasi milenial sulit sekali untuk mendapatkan rumah pertama mereka.

Namun, di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat dan ragam inovasi bermunculan, kini siapapun bisa membangun rumah, meski dengan dana yang terbatas. Bahkan, bangun rumah 50 juta rupiah bukan hal yang mustahil sekarang ini. Bagaimana caranya?

Tips Bangun Rumah 50 Juta Rupiah

Untuk membangun rumah dengan anggaran 50 juta rupiah, ada beberapa hal yang perlu diketahui, antara lain:

  1. Manfaatkan lahan yang terbatas

Pertama, untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa membangun rumah di atas lahan yang terbatas. Dalam hal ini, kamu bisa mendirikan bangunan rumah dengan tipe 21 sampai tipe 36, sesuai dengan besar lahan yang dimiliki dan preferensimu dalam memiliki tempat tinggal.

 

Baca juga: Simak Baik-baik, Inilah Cara Menghitung Pajak Jual Beli Rumah dengan Benar!

 

Tentu, dengan budget bangun rumah 50 juta rupiah, kamu tak bisa membuat rumah yang luas atau terlalu mewah. Namun, kamu bisa membuat desain rumahmu tetap keren dan elegan dengan menerapkan konsep minimalis.

2. Pilih material yang terjangkau

Selanjutnya, untuk membangun sebuah rumah sederhana dengan budget yang terbatas, kamu tak perlu muluk-muluk atau berlebihan dalam memilih bahan material yang akan digunakan. Cukup gunakan material yang memenuhi standar untuk bangunan layak huni, tak perlu memakai material kelas atas. Sebab, seperti yang kita tahu, alokasi dana untuk bahan material memakan persentase paling besar dalam membangun hunian.

Baca juga: Di Rumah Selama 2 Minggu Akibat Virus Corona? Lakukan ini agar tetap Produktif!

3. Gunakan tukang borongan

Dalam membangun sebuah rumah, kamu bisa menyewa tukang profesional yang bisa dibayar harian atau borongan.

Nah, buat kamu yang memiliki dana atau budget terbatas, sebaiknya pilih tukang profesional yang mau dibayar borongan. Dengan skema seperti ini, maka pembayaran bisa dilakukan berdasarkan luas bangunan yang akan mereka bangun. Ini sangat membantumu dalam menghemat pengeluaran, dibanding harus membayar tukang harian yang dibayar setiap hari.

4. Tentukan susunan bangunan secara matang

Susunan bangunan juga jadi faktor penting yang harus kamu perhatikan saat akan membangun rumah. Sebab, dengan budget yang terbatas, kamu harus membuat perencanaan yang sangat matang. Berikut sejumlah aspek yang perlu kamu pertimbangkan ketika akan membangun hunian:

– Pada bagian dinding luar rumah, sebaiknya gunakan susunan batu bata yang diakhiri dengan lapisan material plester atau aci.

– Untuk sisi atas atau bagian atapnya, sebaiknya gunakan rangka yang terbuat dari baja ringan, sebab lebih terjangkau jika dibandingkan dengan rangka kayu.

– Khusus untuk bagian lantai, jika budget sudah terasa sangat minim dan tidak cukup untuk membeli keramik, kamu bisa menggunakan karpet lantai terlebih dahulu.

Baca juga: Awas, 10 Masalah Finansial ini Bisa Bikin Rumah Tangga jadi Hancur!

– Prioritaskan beli perabotan rumah yang diperlukan dan pilih perabotan yang sesuai dengan konsep atau desain rumahmu. Rumah kecil dan sederhana sebaiknya menggunakan ragam perabotan minimalis agar tidak memakan banyak tempat.

Ya, itulah tips bangun rumah 50 juta rupiah yang perlu kamu tahu. Memang, rumah tersebut tak akan semewah atau seluas hunian lain, namun cukup untuk menjadi tempat tinggal bagi keluarga kecil atau bersama pasangan, sembari menabung untuk memperluas tempat tinggal di kemudian hari.

Leave a Reply