Rumah tangga tak selamanya berlangsung mulus. Dalam perjalanannya, ada saja masalah yang kerap menghampiri, di mana sebagian besar disebabkan karena faktor ekonomi alias keuangan.

Menurut riset yang dilakukan SunTrust Bank, penyebab utama stres dalam rumah tangga dipicu karena permasalahan keuangan. Hal itu diamini oleh pakar keuangan dari New York, Jacqueline Newman. Kata dia, sekitar 35 persen pertengkaran keluarga disebabkan karena uang. Demikian dilansir Kompas.com.

Fakta lainnya, masalah finansial rumah tangga tak hanya dialami oleh pasangan yang bergaji minim, tapi juga bisa dialami oleh mereka yang berpenghasilan selangit. Kenapa demikian? Sebab masalah keuangan tak melulu tentang seberapa banyak uang yang dimiliki, tapi ada banyak faktor yang melatarbelakanginya.

Berikut kami rangkum 10 masalah finansial yang bisa bikin rumah tangga jadi hancur berantakan:

Tidak terbuka soal keuangan

Dalam rumah tangga, penting bagi Anda dan pasangan untuk saling terbuka terkait finansial, mulai dari penghasilan hingga pengeluaran untuk kebutuhan pribadi dan rumah tangga setiap bulannya. Jangan pernah menyimpan rahasia sekecil apapun perihal keuangan, sebab hal tersebut sangat rentan memicu pertengkaran. Solusi terbaik, terbukalah satu sama lain terkait uang yang masuk dan keluar setiap bulannya.

Punya uang atau tabungan rahasia

Rumah tangga berpotensi jadi retak jika salah satu dari Anda punya uang atau tabungan yang dirahasiakan. Meski pada tahap awal mungkin tampak tak berbahaya, namun hal tersebut bisa menyebabkan pertengkaran hebat di kemudian hari.

“Saat pasangan menemukannya, kepercayaan mereka bisa hancur,” terang Newman.

Terkait hal itu, National Endowment for Financial Education melakukan survei pada 2018 lalu. Fakta yang ditemukan, dua dari lima pasangan ternyata sudah berbohong pada pasangannya tentang uang. Sementara itu, sekitar 75 persen mengklaim bahwa membohongi pasangan tentang uang memengaruhi hubungan mereka.

Baca juga: Ingin Keluarga Sukses secara Finansial? Ini 7 Langkah Cerdas yang Harus Dilakukan!

Kartu kredit terselubung

Jangan pernah coba-coba memiliki kartu kredit terselubung dalam rumah tangga. Diungkapkan Newman, hal tersebut sejatinya lebih buruk ketimbang menyembunyikan uang dari pasangan. Menurut laporan CreditCards.com, sekitar 31 persen orang berpendapat bahwa menyembunyikan kartu kredit dari pasangan lebih buruk daripada berselingkuh.

“Ini bukan sekadar kebohongan. Hal ini justru menimbulkan pertengkaran yang lebih besar. Karena itu, cobalah untuk saling jujur satu sama lain,” terang Newman.

Banyak utang

Rumah tangga juga bisa hancur jika salah satu dari Anda memiliki banyak utang. Dalam kondisi tersebut, Anda dan pasangan bukan tak mungkin akan sering merasa tertekan hingga akhirnya meluapkan emosi. Celakanya, banyak kasus perceraian yang dipicu akibat masalah ekonomi tersebut. Karena itu, hindarilah utang guna mencegah perselisihan dalam keluarga.

Boros

Sikap boros tentu akan membawa masalah dalam kehidupan rumah tangga. Anda pasti akan merasa kesal jika istri atau suami menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. Masalah yang timbul akan makin rumit jika Anda atau pasangan sampai berutang sana-sini untuk memenuhi perilaku tersebut. Untuk mencegah terjadinya konflik akibat sikap boros itu, buatlah kesepakatan dan anggaran setiap bulannya.

Terlalu hemat

Berhemat itu baik, tapi terlalu hemat juga tidak baik. Jika salah satu dari pasangan terlalu ‘ketat’ dalam hal keuangan, hal tersebut mungkin saja akan memicu terjadinya pertengkaran dalam rumah tangga.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, buatlah anggaran belanja yang sesuai kesepakatan atau setelah berkonsultasi dengan penasihat keuangan. Ingat, berhemat bukan berati tidak bisa menikmati hasil jerih payah yang telah dilakukan.

Tidak menyusun anggaran bersama

Saat masih lajang, Anda mungkin akan menyusun anggaran sesuka hati, dalam artian tidak perlu melibatkan orang lain. Namun, dalam rumah tangga. Anda harus melibatkan pasangan dalam setiap pengambilan keputusan, termasuk dalam menyusun anggaran. Jika tidak, masalah akan datang menghampiri.

Dengan menyusun anggaran bersama-sama, Anda dan pasangan menjadi tahu ke mana uang akan pergi. Selain itu, langkah tersebut juga bisa meminimalisir timbulnya kecurigaan satu sama lain.

Beda cara kelola keuangan

Perbedaan cara dalam mengatur keuangan juga bisa memicu konflik dalam rumah tangga. Misal, Anda mau berhemat, sementara pasangan lebih memilih menggunakan uang untuk mencari kebahagiaan, seperti melakukan perjalanan ke suatu tempat.

Secara garis besar, perbedaan cara pandang inilah yang semestinya harus didiskusikan dengan pasangan. Tujuannya tak lain untuk menemukan titik tengah dalam pengelolaan keuangan.

Baca juga: Ingin Raih Kebebasan Finansial? Intip Caranya Melalui Buku Rich Dad Poor Dad Karya Kiyosaki Ini!

Tak punya tujuan jangka panjang

Pasangan seringkali tidak memiliki tujuan jangka panjang dalam menjalani bahtera rumah tangga. Perlu diketahui, hal tersebut juga berpotensi besar memicu pertengkaran keluarga, sebab uang yang dimiliki mungkin akan menguap begitu saja untuk hal-hal yang sebenarnya bukan prioritas.

Alangkah baiknya Anda dan pasangan menentukan tujuan jangka panjang guna menghindari konflik tersebut. Anggap saja tujuan jangka panjang layaknya peta yang bisa memandu Anda untuk pergi ke suatu tempat.

Perbedaan jumlah penghasilan

Ketimpangan jumlah penghasilan antara suami dan istri juga bisa memicu keretakan dalam rumah tangga. Biasanya, kasus ini terjadi pada keluarga yang istrinya punya gaji lebih besar daripada sang suami.

Memang, tak semua pasangan mengalami hal demikian. Tapi, bagi beberapa keluarga, perbedaan jumlah penghasilan adalah hal yang sensitif dan kerap memicu terjadinya keretakan. Jika tidak pintar menyikapinya, pertengkaran yang hebat pun mungkin saja akan terjadi.

Jika Anda termasuk orang yang mengalami hal ini, kunci terbaik adalah saling pengertian dan toleransi. Cobalah untuk jangan terlalu mempermasalahkan perbedaan penghasilan, selama kebutuhan keluarga terpenuhi dengan baik.

Itulah 10 hal yang bisa memicu keretakan dalam rumah tangga. Karenanya, penting bagi Anda untuk bijak dalam mengelola keuangan agar hal tersebut bisa dihindari. Caranya, baca: Agar Terhindar dari Masalah, ini 5 Tips Cerdas Atur Keuangan Bersama Pasangan!

Selain itu, ada pula beberapa hal yang perlu Anda bicarakan dengan pasangan sebelum memutuskan untuk berumah tangga. Hal tersebut penting untuk mencegah terjadinya konflik di kemudian hari. Selengkapnya, baca: Penting, 6 Masalah Finansial ini Harus Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah!

Ingat, jangan biarkan masalah finansial membuat hubungan yang sudah harmonis berakhir tragis!