Baru-baru ini, pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kesehatan telah menyatakan bahwa virus corona merupakan bencana nasional. Data terbaru saat ini (17/3), jumlah kasus positif COVID-19 di dalam negeri terkonfirmasi sebanyak 134 kasus.

Presiden Joko Widodo secara resmi juga mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah selama 2 minggu ke depan. Langkah tersebut diambil guna mencegah penyebaran virus corona yang makin meningkat.

Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh masyarakat selama 2 minggu di dalam rumah agar tetap produktif?

Berikut ulasan lengkapnya!

Selesaikan pekerjaan kantor

Berada di rumah bukan berarti kamu tak bisa menyelesaikan pekerjaan kantor. Sebagai karyawan yang notabene masih menerima gaji, kamu tetap harus bekerja seperti biasa, meski dengan tempat yang berbeda. Selesaikan pekerjaan dengan baik sesuai SOP yang diberlakukan oleh perusahaan. Dengan begitu, kamu akan tetap produktif selama 2 minggu berada di rumah.

Baca juga: 3 Cara Jeff Bezos agar Rapat Lebih Efektif dan Produktif, Patut Ditiru!

Olahraga rutin dan istirahat cukup

Agar kondisi tubuh tetap prima, usahakan untuk berolahraga secara rutin. Kamu bisa terapkan olahraga ringan, seperti push up, sit up, atau yoga. Selain itu, pastikan istirahat cukup dan konsumsi makanan yang bergizi setiap hari.

Ngobrol dengan keluarga

Pada hari biasa, kamu dan keluarga mungkin jarang ngobrol karena aktivitas yang begitu padat. Berhubung selama 2 minggu ini kamu berada di rumah, gunakan waktu tersebut sebaik mungkin. Berbincanglah dengan keluarga untuk mempererat kebersamaan.

Bersihkan rumah

Rumah yang kotor dan berdebu tak cuma mengganggu kenyamanan tapi juga bisa jadi sarang kuman. Menurut ahli kesehatan, membersihkan benda yang tampak kotor dan banyak disentuh orang dengan disinfektan mampu mencegah penyebaran virus. Gunakan sarung tangan saat membersihkan dan cuci tangan hingga bersih setelah melakukan aktivitas tersebut.

Baca juga: Simak, 5 Hal ini Bisa Bikin Anda jadi Lebih Produktif dan Bahagia!

 Lakukan pendanaan di platform Danain

Virus corona punya dampak yang signifikan terhadap perekonomian. Salah satu yang jadi perbincangan sebut saja anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan diprediksi, para pelaku pasar masih akan merasakan sentimen negatif dari pandemi COVID-19 ini.

Nah, bagi kamu yang tetap ingin menambah penghasilan dengan aman dan nyaman di tengah kondisi seperti ini, kamu bisa manfaatkan platform Danain yang merupakan P2P Lending beragunan emas.

Kamu bisa melakukan pendanaan di rumah hanya dengan gadget yang kamu punya. Keunggulan lainnya? Baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!

 

Ya, itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah selama 2 minggu agar tetap produktif. Tetap jaga kesehatan dengan rajin cuci tangan dan hindari bepergian ke luar rumah jika tak diperlukan.

Yang tak kalah penting, ikuti terus perkembangan terkait fenomena ini dari institusi yang terpercaya, jangan mudah termakan berita hoax. Intinya, tetap tenang dan saling menjaga.