Blog

Tetap Kaya hingga Usia 90 Tahun, ini 7 Rahasia Sukses Jimmy Pattison yang bisa Dicontoh!

Rahasia-sukses-Jimmy-Pattison

Usia Jimmy Pattison saat ini sudah tak muda lagi. Pada Oktober tahun lalu, ia merayakan hari jadinya yang ke 90 tahun. Meski telah berusia senja, ia berhasil mempertahankan statusnya sebagai seorang miliarder. Menurut data terbaru yang dipublikasikan Forbes, kekayaan Pattison saat ini ditaksir mencapai 5,6 miliar dolar AS.

Pria yang akrab disapa Jim ini merupakan pemilik dari Jim Pattison Group. Kabarnya, perusahaan tersebut merupakan perusahaan swasta terbesar kedua di Kanada dengan jumlah karyawan mencapai 45 ribu orang dan pendapatan lebih dari 7,5 miliar dolar AS.

Lahir pada masa Great Depression, Jim diketahui memulai bisnisnya pada usia 7 tahun. Saat itu, ia menjual benih tanaman dan mengantar koran dari pintu ke pintu. Sementara saat ini ia telah memiliki Great Wolf Lodge, Ocean Brands, Buy-Low Foods, dan Ripley’s Believe It or Not. Bahkan, beberapa bidang usaha lain juga ia tekuni, mulai dari otomotif, periklanan, media, alat pertanian, makanan-minuman, hiburan, ekspor, keuangan, real estate, hingga distribusi.

Beberapa waktu lalu, Jim berbincang dengan awak media dan berbagi rahasia tentang kesuksesannya. Dari percakapan tersebut, diketahui bahwa ada 7 poin yang membuat Jim bisa sukses hingga saat ini.

Berikut ulasan lengkapnya!

Bahagia setiap hari, lakukan yang disuka

Rahasia sukses Jim yang pertama adalah selalu bahagia tiap hari dan lakukan apa yang disuka. Menurut pengakuan Jim, ia selalu bangun dan tidur dalam keadaan bahagia. Ia juga mengungkap bahwa rahasia kebahagiaannya itu adalah dengan melakukan apa yang disuka, entah itu menjual mobil atau membangun gedung. Intinya, Jim selalu mengerjakan hal-hal yang ia gemari.

Belajar dari semua orang

Jim berteman dengan banyak orang, mulai dari Reagans hingga Oprah Winfrey. Ia percaya, untuk meraih kesuksesan seseorang perlu belajar dari banyak pihak. Sebagai sosok yang rendah hati, Jim juga menekankan bahwa kebijaksanaan bukanlah sesuatu yang eksklusif, yang hanya dimiliki oleh orang terpelajar dan orang kaya saja.

Baca juga: Wah, 7 Sosok ini Menyandang Predikat Orang Paling Kaya Tertua di Dunia!

Selalu jujur

Pria kelahiran 1 Oktober 1928 ini meyakini, berbisnis membutuhkan kejujuran total, kerja keras, dan fokus yang jelas. Mengutip pernyataan Dale Carnegie, Jim menyarankan untuk menjual sesuatu yang pelanggan butuhkan, bukan sesuatu yang hanya ingin coba-coba Anda jual.

Utamakan reputasi

Kejujuran adalah hal yang sangat penting bagi diri Jim. Ia sangat bangga dengan hal ini dan ia percaya bahwa reputasi lebih penting daripada uang di bank. Meski ia tak pernah mengungkap alasan di balik keyakinan akan hal ini, namun yang jelas reputasi Jim sebagai pengusaha yang tangguh dan jujur dikenal di seluruh dunia.

Jangan takut perubahan

Ketika ditanya apakah membangun sebuah ‘kerajaan’ akan lebih mudah hari ini, Jim meyakini hal itu. Ia mendasari argumennya itu pada dua faktor utama, yakni akses pada modal yang lebih mudah dan perubahan yang lebih cepat.

Bagi Jim, semua perubahan mengarah pada peluang. Semakin banyak hal yang berubah, maka semakin banyak pula peluang yang Anda punya untuk sukses. Hari ini, kata Jim, dunia adalah tentang perubahan.

Berikan 10 persen dari yang dihasilkan

Jim selalu memberikan 10 persen dari apa yang ia hasilkan untuk membantu sesama. Sekadar info, ia telah menyumbangkan 100 juta dolar AS kepada rumah sakit setempat dan memberi bantuan pada sejumlah organisasi, seperti Vancouver Symphony Foundation, Food Banks Canada, hingga Pathways Clubhouse and Ryerson University.

Baca juga: Catat, 5 Kesalahan ini Bikin Anda tak Pernah jadi Orang Kaya!

Donasikan waktu dan uang untuk aksi sosial

Kesuksesan yang diraih Jim juga tak lepas dari perilakunya yang selalu meluangkan waktu dan uang untuk melakukan aksi sosial. Sebagaimana dilansir Inc, Jim diketahui telah memimpin Vancouver’s Expo 86 selama enam tahun berturut-turut secara sukarela alias tak dibayar.

Selama memimpin, Jim berhasil mendatangkan 22 juta orang ke kota asalnya. Tak hanya itu, ia juga sukses menghasilkan lebih dari 2 miliar dolar AS, sehingga memberikan dampak yang positif bagi kota tersebut.

 

 

Tips cerdas untuk sukses dan raih kebebasan finansial

Menjadi orang sukses seperti Jimmy Pattison adalah impian setiap orang. Apalagi, ia berhasil mempertahankan kesuksesannya itu hingga usia senja.

Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan untuk bisa sukses dan meraih kebebasan finansial, selain dengan menjalankan 7 poin yang telah disampaikan oleh Jim tadi?

Cara paling cerdas dan tepat adalah dengan menjadi seorang pengusaha, investor, atau keduanya!

Dalam hal ini, Anda bisa menjalani berbagai jenis usaha yang sesuai keinginan dan kemampuan. Atau jika ingin menjadi seorang investor, Anda bisa menjatuhkan pilihan investasi di platform Danain yang merupakan Peer to Peer (P2P) Lending pertama beragunan emas di Indonesia. Keuntungannya, baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!

1 Comment

  1. wah, ini menambah referensi bagi saya. pesan dakwahnya sangat keren

Leave a Reply