Menjadi orang kaya adalah impian setiap manusia. Dengan harta yang dimiliki, seseorang bisa melakukan apapun yang diinginkannya. Alhasil, banyak orang berusaha keras untuk mencapai ke titik tersebut.

Bicara kekayaan, ada fakta menarik yang baru-baru ini muncul ke permukaan. Ternyata, ada beberapa faktor yang bisa menjauhkan seseorang dari kekayaan, sehingga penting bagi siapapun untuk menghindari hal-hal tersebut.

Berikut 5 kesalahan yang bikin Anda tak akan pernah jadi orang kaya:

Menitikberatkan menabung

Orang kaya paham betul pentingnya menabung dalam pengelolaan keuangan. Tapi, mereka juga sadar bahwa kunci utama untuk menjadi kaya adalah dengan terus menambah penghasilan. Mereka tak pernah menitikberatkan menabung dalam kehidupannya.

“Anda tak boleh mengabaikan strategi menabung pintar. Akan tetapi, jika Anda ingin menjadi kaya, berhentilah khawatir tentang kehabisan uang. Fokuslah pada bagaimana Anda menghasilkan lebih banyak uang,” tulis Siebold dalam “How Rich People Think.”

Sementara itu, menurut penulis Thomas C. Corley dalam penelitiannya selama lima tahun, orang kaya pada prinsipnya tak pernah bergantung pada satu sumber penghasilan saja. “Mayoritas, sebanyak 65 persen, memiliki setidaknya tiga aliran pendapatan sebelum mereka menjadi kaya,” terang

Baca juga: Terkuak, ini 5 Penyebab Orang Kaya Sulit Jatuh Miskin!

Tak punya tujuan keuangan

Alasan utama banyak orang tidak mendapatkan apa yang diharapkan adalah karena mereka pada dasarnya tidak tahu apa yang sebenarnya mereka inginkan. Demikian kata T. Harv Eker dalam bukunya “Secrets of the Millionaire Mind.”

Jika ingin meraih kekayaan, Anda harus punya tujuan yang jelas, rencana spesifik, serta menentukan tenggat waktu. Setelah menetapkan tujuan, jangan pernah takut untuk berpikir besar, sebab orang kaya selalu siap menghadapi tantangan.

Kata Siebold,”Tak ada orang yang berhasil kaya tanpa punya harapan besar dalam hidupnya.”

Sering melontarkan kata “Saya ingin” dan “Saya berharap”

Sama seperti pikiran dan kebiasaan, penggunaan kata yang biasa dilontarkan ternyata juga berpengaruh pada pencapaian di kemudian hari. Diungkapkan penulis buku “You Are a Badass at Making Money” Jen Sincero, cobalah untuk membiasakan diri menggunakan frasa-frasa membangun dalam kehidupan sehari-hari.

Diutarakannya, kata-kata seperti “Saya ingin” dan “Saya perlu” merupakan cara berbeda untuk mengatakan “Saya kekurangan” dan “Saya berharap.” Alih-alih mengatakan itu, lanjut Sincero, akan lebih baik jika Anda mengucapkan “Saya punya”, “Saya membuat” atau “Saya memilih.”

Merasa aman di zona nyaman

Impian meraih kekayaan juga bisa pupus jika Anda terus-menerus merasa aman berada di zona nyaman. Dikatakan Siebold, kebanyakan orang memang ingin merasa nyaman dalam menjalani kehidupan. Tapi, hal seperti itu tak berlaku bagi mereka yang memiliki banyak harta.

Baca juga: Berkat Barang Bekas, 5 Orang ini Kaya Mendadak, Beruntung!

Sebagian besar miliarder menganggap bahwa zona nyaman bisa menghancurkan. Mereka justru merasa lebih nyaman jika berhasil mengelola ketidakpastian.

Belum berinvestasi

Kesalahan lain yang menyebabkan Anda tak kunjung meraih kekayaan adalah karena Anda belum melakukan investasi. Padahal, menurut ahli keuangan, investasi merupakan salah satu cara paling efektif untuk membangun kekayaan. Semakin cepat Anda memulai, maka semakin mudah juga Anda mencapai titik tersebut.

“Perlu diketahui, rata-rata miliarder menyisihkan 20 persen pendapatan rumah tangga mereka setiap tahun untuk berinvestasi,” ungkap pakar keuangan Ramit Sethi, sebagaimana dilansir CNBC.

Nah, bagi Anda yang ingin meraih kekayaan dengan cara berinvestasi, tak ada salahnya untuk memilih platform P2P Lending Danain sebagai instrumen investasi. Danain mampu memberikan imbal hasil yang menjanjikan, yakni minimal 8% maksimal 120% per tahun. Selengkapnya, baca: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!