Tak dipungkiri, salah satu pemicu stres yang paling umum di dunia adalah karena uang. Maklum, tak semua orang punya ilmu yang cukup untuk mengelola keuangannya dengan baik dan tak semua orang juga punya kondisi keuangan yang senantiasa ideal.

Terkait hal itu, ada fakta menarik yang belum lama ini terungkap ke permukaan. Menurut sebuah jajak pendapat terhadap 2000 orang yang diterbitkan dalam Hari Kesehatan Mental Dunia, kecemasan terhadap uang sangat umum terjadi di Inggris sana. Bahkan, seperempat (23%) orang dewasa di Inggris mengaku bahwa mereka menderita masalah kesehatan mental akibat khawatir terhadap keuangan.

Fakta selanjutnya, empat dari lima (79%) orang dewasa di Inggris mengatakan jika mereka khawatir tentang uang, dengan yang ketiga (35%) mengeluh bahwa kecemasan finansial sangat membebani pikiran mereka setiap hari. Bahkan, 32% di antaranya mengklaim bahwa masalah tersebut membuat mereka terjaga di malam hari.

Lantas, adakah cara tepat untuk atasi stres karena masalah uang?

Berikut 5 langkah cerdas yang bisa dilakukan, sebagaimana dilansir CNBC!

Mulai menabung

Menabung adalah salah satu cara cerdas untuk untuk atasi stres karena masalah uang. Dengan menabung, hidup kamu bisa lebih tenang karena kamu punya ‘pegangan’ untuk jangka waktu tertentu dan mampu menghindari utang saat ada kebutuhan mendesak.

Terkait hal itu, CEO platform kesejahteraan finansial FairQuid, Vishal Jain, menyarankan agar kamu memisahkan rekening tabungan dengan rekening yang biasa digunakan sehari-hari, agar tak mudah diakses. Lakukan pula pemotongan secara otomatis setiap kali tanggal gajian, sehingga tak ada alasan untuk menunda menabung.

Tingkatkan pengetahuan tentang produk keuangan

Stres juga bisa disebabkan karena kesalahan memilih produk keuangan. Karena itu, penting bagi kamu untuk meningkatkan pengetahuan tentang produk keuangan yang sedang digunakan saat ini atau yang akan digunakan di kemudian hari.

“Jika Anda berbicara dengan penasihat keuangan, pegawai bank, atau penyedia keuangan lain, dan mereka tidak bisa menjelaskan produk keuangannya dengan baik, itu pertanda buruk. Kamu harus berpikir ulang sebelum menggunakan produk keuangan tersebut,” ujar pendiri Squanderlust Martha Lawton.

Baca juga: Lipat Gandakan Uang dengan Modal Minim, 5 Cara ini bisa Kamu Terapkan!

Bicara dengan orang lain

19 persen dari 2000 orang dewasa yang disurvei menuturkan, melunasi utang-utang dalam jumlah besar merupakan momok yang menakutkan. Untuk meredakan kecemasan terkait hal itu, CEO layanan saran keuangan online OpenMoney, Anthony Morrow, menyarankan untuk berbicara dengan keluarga, teman, atau atasan di kantor.

Perlu dipahami, berbicara dengan atasan sangat penting, mengingat kecemasan terkait uang akan memengaruhi kemampuan kamu untuk melakukan pekerjaan secara efektif.

“Berhadapan langsung dengan utang dan bersikap jujur tentang situasi yang dialami adalah suatu keharusan. Jangan pernah abaikan utang, sebab utang tak akan hilang dengan sendirinya. Utang perlu dikelola secara aktif,” ungkap direktur perusahaan jasa keuangan Quilter, Jane Goodland.

Tinggalkan hubungan yang tidak sehat

Masalah keuangan juga bisa timbul akibat gaya hidup yang tak sesuai. Sayangnya, banyak yang tak sadar akan hal itu.

Lawton mengingatkan agar kamu tidak menyerah pada tekanan yang diciptakan oleh kelompok kerja atau sosial tertentu. Ia menyarankan untuk menilai kembali hubungan yang bisa merusak kondisi keuangan atau kesejahteraan kamu.

Baca juga: Mau Dapat Uang dengan Cara Mudah? Manfaatkan Smartphone Kamu, ini Triknya!

“Saya melihat, banyak orang yang mengalami masalah keuangan karena mempertahankan gaya hidup yang dipromosikan oleh pekerjaan mereka. Padahal, itu menyebabkan pengeluaran yang tidak sehat. Poin penting yang perlu dipahami, orang-orang yang peduli dengan Anda tidak akan merusak keuangan Anda demi bisa bergaul dengan mereka,” terangnya.

Realistis dengan tujuan keuangan

Diungkapkan Morrow, menetapkan anggaran yang sulit untuk diraih punya efek yang sangat besar pada tingkat stres. Karena itu, cobalah untuk lebih realistis ketika menentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai. Kuncinya, sesuaikan dengan kondisi keuangan.

 

Ya, itulah sederet cara yang bisa dilakukan untuk atasi stres karena masalah uang. Penting bagi kamu untuk menerapkannya dengan baik ketika masalah tersebut datang menghampiri.

Jika stres sudah berhasil diatasi, terapkan pula langkah cerdas lain guna meningkatkan kondisi finansial. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengembangan dana di platform Danain. Apa saja keuntungannya? Cek di sini: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!