Sebagian besar dari kita mungkin dapat dengan mudah menemukan cara untuk menghemat 100 dolar AS. Tapi, pernahkah kamu bertanya: Bagaimana cara menggunakan uang sebesar itu untuk meningkatkan keuangan?

Terkait hal itu, CNBC meminta sejumlah investor sukses, miliarder, dan penasihat keuangan untuk membagikan gagasan mereka tentang cara mengubah uang 100 dolar AS menjadi 1 juta dolar AS.

Penasaran dengan jawaban mereka?

Berikut 5 cara yang bisa kamu terapkan untuk lipat gandakan uang dengan modal minim:

Investasikan sesuatu yang kamu sukai

Meraih kekayaan tidaklah mudah. Kamu harus rajin menabung dan menghasilkan banyak uang untuk transaksi bisnis atau investasi. Sementara itu, mengembangkan bisnis juga membutuhkan banyak uang, sehingga kamu perlu membangun kolega. Begitu kata pendiri Skinnygirl Bethenny Frankel.

Menurutnya, mengombinasikan 100 dolar AS dan menginvestasikannya dengan kolega yang terpercaya sangat ampuh untuk melipatgandakan uang.

Satu hal yang penting, apapun investasi yang kamu pilih, sebaiknya pilih yang memang kamu sukai. “Saya percaya, jika kamu melakukan sesuatu yang disukai, maka kamu akan mahir menjalankannya,” ungkap Frankel seperti dilansir CNBC.

Beli dan jual barang dari garage sale

Untuk melipatgandakan uang, kamu juga bisa membeli barang dari garage sale kemudian menjualnya di situs online. Langkah pertama yang harus kamu lakukan, bandingkanlah harga-harga barang yang akan kamu beli di garage sale dengan harga yang ada di situs jual-beli online. Jika terdapat perbedaan yang signifikan, terapkanlah skema jual beli tadi. Manfaatkan juga uang 100 dolar AS yang kamu punya untuk biaya transportasi dan pengiriman.

“Kamu mungkin berpikir, tak mungkin bisa menghasilan 1 juta dolar AS dengan hanya menerapkan cara tersebut. Ya, kamu mungkin benar. Tapi, percayalah, jika kamu berusaha dengan keras, setidaknya kamu bisa menghasilkan 100 ribu dolar AS,” terang pendiri dan CEO VaynerX Gary Vaynerchuk.

Vaynerchuk juga membagikan kisahnya dalam menggapai kesuksesan. Ketika berusia 20-an, ia mengaku tak pergi berlibur atau membeli barang-barang mewah. Ia menyimpan uang yang dimiliki hingga berusia 30-an.

Setelah memiliki ratusan ribu dolar, ia menginvestasikan uang tersebut dan menghasilkan uang jutaan dolar. “Intinya, kamu harus bersabar,” pungkasnya.

Baca juga: Mau Dapat Uang dengan Cara Mudah? Manfaatkan Smartphone Kamu, ini Triknya!

Tingkatkan dan investasikan diri kamu

Ada orang yang berinvestasi pada tempat dan waktu yang tepat, kemudian menghasilkan banyak uang. Seandainya kamu menginvestasikan 100 dolar AS pada Bitcoin pada 2010, kamu mungkin akan mendapatkan hasil yang baik. Tapi, itu sama halnya dengan bermain lotre.

Menurut penulis kenamaan New York Times Grant Cardone, salah satu cara cerdas untuk bisa kaya dengan uang 100 dolar AS adalah dengan menginvestasikan diri sendiri, baik itu melalui kursus, buku, atau mengikuti seminar-seminar yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan.

Dikatakan Cardone, habiskan uang tersebut untuk mengembangkan keterampilan baru, menambah pengetahuan, serta menjalin koneksi yang kuat. Ketika kamu berinvestasi pada diri sendiri, lanjut Cardone, maka kamu tak akan pernah rugi.

Pelajari keahlian yang bisa menghasilkan pendapatan tinggi

“Jika kamu tak punya uang untuk memulai bisnis, maka jangan berbisnis. Lebih baik gunakan uang 100 dolar AS kamu untuk membeli buku atau mengikuti pelatihan guna mempelajari keterampilan baru yang bisa menghasilkan banyak uang,” ujar pendiri Closers.com Dan Lok.

Ia menyarankan untuk memilih ketrampilan yang berpotensi menghasilkan uang banyak, seperti pemasaran, penjualan, atau copywriting. Kamu bisa mempelajarinya relatif cepat dan punya kesempatan luas untuk mempromosikannya ke banyak industri.

Setelah menghasilkan cukup uang, gunakanlah uang tersebut untuk investasi. Begitulah cara tepat untuk membangun kekayaan. Ingat, meraih kekayaan tak bisa terjadi dalam satu malam, perlu proses panjang untuk mendapatkannya. 

Baca juga: Pesan Miliarder Michael Bloomberg kepada Generasi Muda: Jangan Terlalu Memikirkan Uang! 

Menulis e-book

Pendiri Crush The CPA Exam Bryce Welker menuturkan, untuk menghasilkan banyak uang, gunakanlah pengetahuan dan sumber daya kamu untuk menulis buku elektronik alias e-book. Kemudian, bayarlah seorang desainer lepas untuk membuatkan sampul e-book agar terlihat menarik.

Berikan insentif kepada orang yang telah membantu menjual e-book kamu melalui program pemasaran afiliasi. Tawarkan pemberian komisi kepada mereka untuk meningkatkan traffic sekaligus membangun kepercayaan pada konsumen. Dengan begitu, kamu tak perlu repot membuat situs web.

 

Ya, itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk melipatgandakan uang dengan modal minim, menurut sejumlah orang sukses. Meski demikian, cara-cara tersebut sejatinya bukan satu-satunya jalan untuk bisa meraih kesuksesan atau kebebasan finansial.

Masih ada langkah lain yang juga bisa kamu terapkan untuk menggapai keinginan tersebut, yakni dengan melakukan pengembangan uang. Selengkapnya, baca: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!