Blog

Tak Melulu Soal Uang, Inilah Arti Sukses Di Mata Para Miliarder!

Tak_Melulu_Soal_Uang,_Inilah_Arti_Sukses_Di_Mata_Para_Miliarder!

Kesuksesan punya definisi yang beraneka ragam. Ada yang bilang, sukses itu saat seseorang punya gaji dan jabatan yang tinggi. Sebagian lainnya mengatakan bahwa sukses itu adalah punya banyak perusahaan dan harta yang berlimpah.

Ya, pada intinya, setiap orang punya pandangan yang berbeda-beda ketika menilai kesuksesan!

Bicara sukses, ada fakta menarik yang berhasil terungkap ke permukaan. Usut punya usut, ternyata sejumlah orang kaya di berbagai penjuru dunia punya definisi sukses yang sedikit berbeda dari orang pada umumnya. Mereka menganggap bahwa kesuksesan tak harus selalu diukur dengan berapa banyak uang yang dihasilkan atau berapa banyak perusahaan yang dimiliki.

Baca juga: Hati-hati, 7 Hal ini bisa jadi Penghalang Menuju Sukses!

Faktanya, jika kamu bertanya pada sejumlah orang terkaya di dunia ini tentang arti kesuksesan, mereka tak akan menyebutkan uang, investasi, bahkan angka sama sekali. Mereka punya penilaian sendiri tentang hal tersebut.

Langsung saja, inilah arti sukses di mata para miliarder, sebagaimana dilansir CNBC:

Richard Branson

Branson mengatakan, terlalu banyak orang yang mengukur kesuksesan dengan jumlah uang yang dihasilkan atau seberapa banyak orang yang bergaul dengan mereka. Menurutnya, kesuksesan sejati itu harus diukur dari seberapa bahagianya orang tersebut.

“Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa uang menjadi ukuran kesuksesan bagi setiap pengusaha. Tak seharusnya demikian,” ujar pendiri Virgin Group ini.

Tilman Fertitta

Menurut Fertitta, sukses adalah siapapun yang melakukan sesuatu lebih baik daripada orang lain. Kata dia, keterampilan atau keahlian tidak relevan.

“Saya tak peduli bisnis apa itu. Saya sangat menghormati orang yang bisa membongkar mesin mobil lalu menyatukannya kembali, pelukis yang bisa melukis garis sempurna, atau juru kamera yang mampu mengambil gambar terbaik. Kita semua berbakat dengan cara kita sendiri. Hanya sebagian dari kita menghasilkan lebih banyak uang daripada yang lain,” ungkapnya.

Baca juga: 5 Cara ini bisa Kamu Andalkan jika ingin Sukses Bernegosiasi!

Mark Cuban

Cuban punya definisi yang cukup unik tentang kesuksesan. Menurutnya, sukses adalah bangun di pagi hari dengan senyuman di wajah dan mengetahui bahwa hari itu akan menjadi hari yang menyenangkan.

“Saya bahagia dan merasa seolah sukses ketika saya masih miskin, tinggal enam orang di apartemen tiga kamar dan tidur di lantai. Saya akan bekerja keras untuk pergi ke suatu tempat, tapi saya bersenang-senang,” jelasnya kepada Steiner Sports.

Warren Buffett

Buffett mengungkapkan, saat kamu seusia dirinya, kamu akan benar-benar mengukur kesuksesan dalam hidup dari berapa banyak orang yang ingin kamu cintai, yang sungguh-sungguh mencintaimu. “Jika kamu sudah seusia saya dan tak ada yang berpikir baik tentang kamu, saya tak peduli seberapa besar isi rekening kamu, yang pasti hidup kamu adalah bencana,” tegasnya.

Baca juga: Sederet Tips Sukses dari 10 Wanita Hebat di Dunia

Inilah ujian terakhir tentang bagaimana kamu menjalani hidup. Sampai kapanpun, kamu tak akan pernah bisa membeli cinta. Satu-satunya cara untuk mendapatkan cinta adalah menjadi orang yang menyenangkan. Kata Buffett, “Semakin banyak kamu memberikan cinta, makin banyak pula kamu mendapatkan cinta.”

Bill Gates

Bill Gates punya dua definisi tentang kesuksesan. Yang pertama ia kutip dari temannya, yakni Warren Buffett. Dijelaskan Gates, Buffett selalu mengatakan bahwa ukurannya adalah, apakah orang-orang terdekat kamu bahagia dan mencintai kamu atau tidak.

Sementara definisi kedua adalah membuat dunia jadi tempat yang lebih baik. “Senang rasanya telah membuat suatu perbedaan, menemukan sesuatu, membesarkan anak, atau membantu orang yang membutuhkan,” pungkasnya.

John Paul DeJoria

 Diungkapkan DeJoria, sukses bukanlah seberapa banyak uang yang kamu miliki, bukan pula sebuah posisi. “Sukses adalah seberapa banyak kamu melakukan hal baik saat tak ada orang lain yang melihat,” katanya kepada Business Insider.

 

Ya, itulah sederet arti sukses menurut para miliarder. Lantas, seperti apa makna sukses versi kamu?

 

Leave a Reply