Seni bernegosiasi adalah salah satu keterampilan paling berharga dalam kehidupan manusia, terlebih dalam dunia bisnis. Sayangnya, tak semua orang punya keterampilan tersebut dalam dirinya.

Nah, bagi kamu yang kebetulan kurang mahir dalam bernegosiasi, tak perlu khawatir dengan hal itu. Kamu bisa mengembangkan keterampilan tersebut dengan cara belajar dari mereka yang pandai melakukannya.

Berikut tips sukses bernegosiasi dari sejumlah CEO dan pengusaha hebat di berbagai penjuru dunia, sebagaimana dilansir Business Insider:

Jadi pendengar yang baik, biarkan orang lain berbicara

Agar sukses bernegosiasi, kamu bisa memulai dengan pendekatan mendengarkan. Begitu kata co-founder Echelon Front, Jocko Willink.

Ketika kamu membiarkan orang lain berbicara, kamu punya keunggulan kompetitif yang bisa digunakan untuk membuat kesepakatan yang adil bagi semua orang. Perlu kamu tahu, menjadi pendengar yang baik bukan sekadar taktik negosiasi.

Baca juga: Pernah Putus Sekolah, Pria ini Sukses jadi Pengusaha Bergelar Miliarder!

Saat kamu benar-benar tertarik dengan apa yang dikatakan orang lain, kamu mungkin akan belajar sesuatu yang baru. Melalui pendekatan seperti ini, negosiasi pun akan berjalan lancar.

Memahami karakter lawan bicara

Kunci sukses bernegosiasi adalah memahami dengan siapa kamu berhadapan. Selain itu, kamu juga harus tahu apa yang mereka inginkan, sehingga bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan.

“Ketika saya memulai Hint, saya pergi ke toko untuk menempatkan produk saya. Awalnya, saya tak tahu bawa pihak toko harus mematuhi planogram berdasarkan kategori produk: air, soda, atau jus. Produk saya adalah air rasa tanpa pemanis, tentu tidak cocok dengan salah satu dari kategori tersebut,” ungkap CEO Hint Inc. Kara Goldin.

Dalam prosesnya, Goldin pun bekerja sama dengan penjual. Ia meminta mereka untuk mengubah planogram yang berlaku. Penjual ingin bekerja sama dengan Goldin karena Goldin menunjukkan bahwa ia mampu memahami tantangan yang dihadapi. “Mereka menyukai kami. Orang-orang suka bernegosiasi dengan mereka yang bekerja keras dan mau menemukan solusi,” tambahnya.

Baca juga: Benarkah Sifat Individualis bisa Buat Orang jadi Sukses?

 Mulai dengan membangun relasi

Untuk bisa bernegosiasi dengan baik, cobalah bangun sebuah relasi. Kemukakan apa yang kamu inginkan dan dengarkan pula apa yang lawan bicara inginkan. Dalam negosiasi yang sukses, semua orang akan ‘menang’. Tidak ada isitilah “Saya menang, Anda kalah”.

“Negosiasi tidak bersifat pribadi. Jika kamu bijak dalam melihat kedua belah pihak, kemungkinan besar kamu akan meraih tujuan yang ingin dicapai,” terang CEO Douglas Elliman, Dottie Herman.

Atur nada bicara

Semua negosiasi yang berhasil berakar pada kebenaran dan kepercayaan. Karena itu, dalam bernegosiasi, pastikan percakapan tidak mengancam agar kesepakatan bisa dicapai. Ingat, negosiasi bukan tentang mengintimidasi atau mengancam orang lain.

Sementara itu, penting juga bagi kamu untuk mewaspadai nada bicara. Ini tentang bagaimana kamu berkomunikasi, bukan hanya tentang apa yang kamu ungkapkan. Poin pentingnya, mulailah percakapan dengan nada bicara yang tenang namun antusias. Setelah itu, lanjutkan dengan nada bicara yang bersemangat untuk mencapai tujuan. Demikian kata pendiri dan CEO Tim The Holly Parker, Holly Parker.

Baca juga: Studi: Bawa Ponsel saat Rapat Bukan Ciri Orang Sukses!

Jangan bertele-tele

Dalam bernegosiasi, kamu tak perlu mengungkapkan semua informasi yang dimiliki, cukup intinya saja. Sebaiknya langsung masuk ke inti masalah, seperti halnya membahas keuntungan dan kerugian. Jangan bertele-tele.

Cobalah untuk fokus pada pembahasan, sehingga proses tidak berlarut-larut. Negosiasi yang panjang hanya akan membuang waktu dan energi. “Saya telah menutup puluhan merger dan akuisisi dengan pendekatan ini,” pungkas direktur pelaksana Finofin, Alon Rajic.

 

Ya, itulah sederet tips ampuh agar sukses bernegosiasi. Mulai saat ini, tak ada salahnya untuk menerapkan cara tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Selamat mencoba!