Meraih sukses bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang bisa jadi penghambat untuk menuju ke arah tersebut. Berbagai kesalahan pun kadang kala jadi ‘penghias’ dalam proses perjalanannya.

Terkait hal itu, penting bagi siapapun untuk belajar dari kesalahan yang telah diperbuat, tak terkecuali dari mereka yang telah lebih dulu meraih sukses. Perlu kamu tahu, belajar dari kesalahan orang lain bisa membuat perbedaan besar dalam kehidupan dan di saat bersamaan juga bisa membantu kamu untuk meraih kekayaan.

Berikut kami beberkan 7 hal yang bisa jadi penghalang menuju sukses, sebagaimana dilansir CNBC:

Tak melakukan apapun

Pendiri Cardone Capital Grant Cardone mengatakan, tidak melakukan apapun adalah alasan paling utama seseorang menjadi gagal. Itu juga jadi kesalahan umum yang mudah dilakukan.

“Berbuat sesuatu butuh iman dan kegigihan. Itu juga menciptakan kedisiplinan. Ingat, Anda tidak akan pernah menaklukkan apapun yang tidak Anda tuju. Jika Anda tidak melakukan apa-apa, Anda akan stagnan, tidak termotivasi, dan akhirnya jatuh,” ujar Cardone.

Malas

Bermalas-malasan memang nikmat dan setiap orang pasti memiliki rasa malas dalam dirinya. Itu manusiawi. Tapi, jika kamu ingin mencapai hasil yang luar biasa, kamu harus bekerja.

Baca juga: Ingin Sukses Seperti Miliarder? 5 Cara Berpikir ini harus Kamu Miliki!

“Orang tua saya mengatakan, saya bisa melakukan apapun yang saya inginkan dan menjadi siapapun yang saya inginkan, selama saya bekerja keras,” terang mantan presiden The Walt Disney Company Michael Ovitz.

Terlalu lama ambil keputusan

“Bertahun-tahun yang lalu, saya belajar prinsip berharga dari Jenderal Colin Powell. Prinsipnya: Anda hanya perlu 40% hingga 70% informasi untuk membuat keputusan. Jika Anda membutuhkan kepastian total, Anda akan kehilangan peluang.  Percayalah pada naluri dan lanjutkanlah,” jelas CEO Rawls Consulting Shaun Rawls.

Dilanjutkannya, kepemimpinan yang efektif adalah perpaduan antara pengetahuan dan pengalaman. Seringkali, kemampuan seseorang mengambil keputusan tanpa adanya informasi bisa berbuah baik.

Tidak tersenyum

Senyum punya kekuatan yang tak bisa diremehkan. Senyum yang hangat dan tulus bisa menciptakan kepercayaan, yang merupakan landasan penting dalam setiap transaksi bisnis. Tak hanya itu, senyum juga mampu menambah energi positif pada diri dan membuat kamu terlihat mudah untuk didekati.

Baca juga: 5 Cara ini bisa Kamu Andalkan jika ingin Sukses Bernegosiasi!

Perlu dipahami, semua orang ingin berbisnis dengan orang yang mereka sukai, sebab akan merasa nyaman. Jangan pernah memalsukan senyum yang kamu berikan. Makin otentik senyuman kamu, maka dampaknya juga akan makin baik.

Di sisi lain, riset juga menemukan bahwa tersenyum bisa membuat kamu lebih bahagia, sehat, dan kreatif. Demikian kata CEO The Holly Parker, Holly Parker.

Fokus pada banyak hal sekaligus

Pendiri Daily Law Group James Daily menuturkan, kamu hanya perlu memilih satu hal yang dikuasai, kemudian mengembangkannya untuk bisa sukses. Banyak orang yang punya 1.000 ide cemerlang, tapi tak pernah memulai salah satunya. Alhasil, mereka malah terlibat dalam bisnis orang lain.

“Saya pernah meninggalkan perusahaan karena pendiri lebih mencintai ide berikutnya ketimbang keberhasilan bisnis. Ketika ia memimpikan penemuan baru, ia membuat perusahaan dan sumber dayanya kelaparan. Akibatnya, kami kehilangan banyak peluang terobosan,” ungkapnya.

 Baca juga: Benarkah Sifat Individualis bisa Buat Orang jadi Sukses?

Tidak membuat jadwal pengingat

Sebagai seorang wirausahawan, Dennis Najjar selalu menyelesaikan segala sesuatunya dengan berpegang pada satu prinsip, yakni menjadwalkan dan mengatur setiap hal yang telah menjadi tanggung jawabnya. Mungkin terdengar unik, tapi banyak orang yang gagal melakukannya.

“Jika Anda dapat menerapkan hal ini dengan tepat, maka Anda akan mengingat semua hal dan itu baik untuk meraih kesuksesan,” lanjut pendiri AccountingDepartment.com ini.

Coba mengendalikan semua hal

Untuk mencapai kesuksesan, jangan pernah berpikir jika kamu bisa mengendalikan semua hal. Terkadang, kamu harus menerima kenyataan bahwa kamu harus bersikap tegas dan mengalokasikan waktu ke tempat yang benar-benar bisa membuat perbedaan.

“Ini adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi,” pungkas CEO Review Home Warranties Alon Rajic.