Pekerjaan yang tak kunjung habis, tekanan dari atasan, hingga jenuh terhadap pekerjaan yang itu-itu saja, seringkali membuat seseorang mengalami stres di tempat kerja. Tak hanya itu, masalah keluarga atau pribadi yang dialami juga menambah panjang daftar pemicu stres pada diri seseorang. Jika sudah terjadi, performa kerja di kantor pun otomatis akan menurun. Dampak lebih luasnya, Anda akan tak disenangi rekan kerja, bahkan dicap tidak profesional oleh atasan.

Stres pada dasarnya harus dihindari. Pasalnya, stres merupakan akar dari masalah kesehatan yang cukup serius. Stres digambarkan sebagai suatu kondisi di mana terdapat tekanan emosional atau perasaan negatif lainnya yang berpengaruh terhadap kesejahteraan emosional seseorang.

Lalu, adakah cara mudah untuk mengatasi stres di tempat kerja? Berikut 5 langkah yang bisa Anda lakukan!

Dengarkan musik

Ketika mengalami stres di tempat kerja, cobalah luangkan sedikit waktu (15 sampai 30 menit) untuk mendengarkan musik yang Anda sukai. Perlu Anda tahu, musik sangat ampuh dalam mengurangi tingkat stres yang dialami, bahkan sanggup membuat pikiran jadi lebih relaks.

Teresa Lesiuk, Ph.D, asisten profesor terapi musik dari Universitas Miami menuturkan, orang yang mendengarkan musik saat bekerja lebih mampu menyelesaikan tugasnya lebih cepat, serta memiliki ide-ide yang cemerlang. Menurutnya, itu karena musik berpotensi besar meningkatkan mood dalam diri seseorang.

Lakukan olahraga kecil

Olahraga merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi stres di tempat kerja. Olahraga dapat  melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan otak, meningkatkan energi, bahkan membuat pikiran jadi lebih jernih.

Anda mungkin bertanya-tanya, olahraga apa yang bisa dilakukan di tempat kerja? Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga ringan, seperti push up, peregangan tubuh, atau jalan-jalan santai mengitari lingkungan kantor.

Baca juga: Gaji di Kantor Tak Kunjung Naik? Tenang, ini Cara Cerdas Dapatkan Penghasilan Tambahan tanpa Harus Kerja Keras!

Meditasi

Stres di tempat kerja juga bisa lenyap dengan cara meditasi. Dengan melakukannya, tubuh dan pikiran Anda akan jadi lebih tenang dan bukan tak mungkin produktivitas kerja akan lebih meningkat.

Cobalah pejamkan mata lalu bayangkan seberapa baik dan nyaman pekerjaan yang Anda lakukan dibanding orang lain yang nasibnya tak seberuntung Anda. Selain mampu membuat Anda kembali semangat dalam bekerja, langkah tersebut juga akan menjadikan Anda jadi orang yang lebih bersyukur.

Berbincang dengan teman

Saat stres menghampiri, luangkanlah waktu untuk beretemu dan berbincang dengan teman atau pasangan via telepon. Cara tersebut ampuh untuk meningkatkan suasana hati ketika Anda kehilangan motivasi.

Kadang kala, stres bisa diredam dengan cara berbagi cerita dengan orang terdekat, sehingga ketegangan yang dirasakan bisa mereda dan pikiran pun menjadi lebih tenang. Dalam hal ini, teman Anda tidak selalu harus memperbaiki masalah Anda, melainkan hanya perlu menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu, setidaknya Anda akan mendapat suntikan semangat untuk melanjutkan aktivitas.

Fokus pada tujuan

Cara mengatasi stres yang terakhir adalah dengan fokus pada tujuan Anda menjalani pekerjaan. Anda bisa menulis atau mengingat-ingat lagi apa saja yang ingin Anda capai di kemudian hari. Apakah Anda ingin mempersiapkan pernikahan idaman, melanjutkan pendidikan, atau mungkin membangun sebuah usaha yang sesuai keinginan. Perlu Anda ingat, fokus pada tujuan ketika sedang stres merupakan cara tepat untuk memotivasi diri sendiri.

Setiap orang punya kecenderungan untuk mengalami stres di lingkungan kerja. Tinggal bagaimana mereka mengendalikannya. Poin penting yang perlu diingat, cobalah untuk senantiasa bersyukur setiap kali mengalami stres. Syukurilah apa yang kamu dapat dan kerjakan saat ini, sebab ada banyak orang di luar saja yang mungkin saja menginginkan posisi Anda.

Baca juga: Pensiun di Usia Muda, Kenapa Tidak? Ini Trik Cerdas agar bisa Bahagia Meski Sudah Tak Lagi Bekerja!

Nah, itulah sederet cara mudah untuk mengatasi stres di tempat kerja. Lantas, bagaimana cara mencegahnya? Anda bisa menerapkan beberapa hal, seperti tidak menunda-nunda pekerjaan, susun rencana dan jadwal kerja yang rapi, istirahat yang cukup, luangkan waktu untuk menyenangkan diri (berlibur), dan yang tak kalah penting teruslah berpikir positif.