Sebagian besar orang Amerika tidak cukup menabung untuk masa pensiun. Bahkan, disebutkan, mendapatkan kenaikan gaji sebenarnya bisa menambah masalah, ketimbang membuatnya lebih mudah untuk menyimpan uang. Demikian menurut laporan terbaru Morningstar “More Money, More Problems: How to Keep a Bigger Paycheck From Spoiling Retirement.”

Penyebab utamanya bisa dibilang karena faktor gaya hidup yang di luar batas atau kecenderungan untuk tingkatkan standar hidup setelah menerima gaji dengan nominal yang lebih besar.

Ini bak pedang bermata dua. Kamu tak hanya menghabiskan lebih banyak uang sebelum pensiun, tapi juga membutuhkan lebih banyak uang untuk mengikuti gaya hidup baru selama masa pensiun.

Baca juga: Hati-hati, Menabung dan Gunakan ATM Malah Bikin Boros, Kok Bisa?

Di sisi lain, kenaikan upah tak selalu diimbangi dengan meningkatkan kebiasaan menabung. Alhasil, masih banyak orang yang jumlah tabungannya relatif sedikit, meski penghasilannya terus berangsur naik.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar bisa menabung uang lebih banyak? Menghabiskan uang lebih sedikit adalah solusi paling tepat!

Terkait hal itu, Morningstar memberikan formula sederhana yang bisa diikuti. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir CNBC.

 

Ikuti aturan pengeluaran ini!

Jumlah uang yang harus kamu tabung tergantung pada faktor-faktor yang tak terhitung jumlahnya: berapa banyak yang kamu hasilkan, standar hidup kamu, usia, dan masih banyak lagi. Menggunakan data Survei Keuangan Konsumen 2016, Morningstar memodelkan tiga formula tabungan untuk menemukan cara yang paling efektif dan mudah digunakan.

Penulis laporan mencatat, setiap persamaan adalah titik awal yang baik untuk menabung, tapi bisa dengan mudah disesuaikan secara individu untuk memperhitungkan kebiasaan dan tujuan pengeluaran kamu.

1. Dua kali masa kerja

Jika kamu memiliki masa kerja selama 20 tahun sebelum pensiun, maka kamu bisa menggunakan 40 persen dari gaji dan menyimpan sisanya untuk ditabung.

2. Simpan kenaikan gaji sesuai usia

Jika kamu berusia 30 tahun, kamu harus menghemat 30 persen kenaikan gaji kamu.

3. Simpan setidaknya 33 persen kenaikan gaji

Jika kamu mendapatkan kenaikan gaji (katakanlah) 5.000 dolar AS, kamu harus menghemat uang setidaknya 1.650 dolar AS.

Baca juga: Jangan Menabung, Ini Cara Paling Ampuh untuk Persiapkan Biaya Nikah yang Makin Mahal!

Laporan tersebut menyebutkan, cara pertama adalah cara paling efektif dalam hal menabung paling banyak, terlepas dari usia. Sementara dua formula lainnya dinilai kurang efektif.

Jika kamu ingin menerapkan salah satu aturan, pertimbangkan tingkat tabungan kamu saat ini dan apa tujuan yang ingin dicapai. Di sisi lain, jika kamu mendapatkan kenaikan gaji atau bonus di tahun ini, kamu harus menghitung berapa jumlah yang dapat ditabung dengan formula yang ada di atas. Pertimbangkan juga apa yang diperlukan untuk menyimpan persentase tertinggi.

Idealnya, rencana pensiun harus mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan pribadi. Setelah kamu berhasil menabung lebih banyak dan mampu menghindari gaya hidup mewah, maka rencana ini akan lebih mudah untuk dilakukan.