Kehidupan akan terasa lebih bahagia apabila Anda bersemangat dengan pekerjaan yang dilakukan dan menemukan kesenangan dalam hal-hal yang sederhana.

Akan tetapi, jika ternyata Anda kerap merasa kurang produktif ketika melakukan pekerjaan, mungkin ada yang tak beres dengan kebiasaan Anda setiap harinya. Cobalah perhatikan dengan seksama hal apa saja yang biasa Anda lakukan saat beraktivitas.

Tanyakan pada diri sendiri, apakah kebiasaan tersebut merupakan motivasi atau malah sebaliknya, bikin Anda jadi tidak produktif?

Jika memang ada yang salah dengan kebiasaan yang dilakukan, Anda tak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, 5 hal berikut bisa bikin Anda jadi lebih produktif dan bahagia:

Cari sesuatu yang bisa memotivasi

Sebelum memulai pekerjaan, cobalah untuk mencari sesuatu yang bisa memotivasi diri untuk bersemangat. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari menikmati secangkir kopi sembari menikmati musik klasik, menenggak susu yang bisa memberikan tambahan energi, hingga bangun lebih pagi seperti yang dilakukan oleh orang sukses di berbagai penjuru dunia. Intinya, temukanlah ritual yang bisa membuat Anda termotivasi.

Selalu apresiasi diri

Ketika Anda melakukan sesuatu dan berhasil, jangan pernah lupa untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri, sekalipun itu hanya tugas kecil. Perlu dipahami, mengapresiasi diri atas keberhasilan yang diraih merupakan cara tepat untuk mempertahankan pola pikir agar tetap sehat. Selain itu, langkah tersebut juga ampuh untuk meningkatkan produktivitas dan membuat Anda jadi lebih bahagia.

Baca juga: Hindari 5 Hal ini saat Bulan Puasa agar tak Bangkrut!

Usahakan dapat udara segar

Hindarilah berdiam diri di meja kerja sepanjang hari, sebab hal tersebut tidak baik untuk kesehatan dan tentu saja membosankan. Agar lebih produktif, cobalah luangkan sedikit waktu untuk mendapatkan udara segar dengan berjalan-jalan di sekitar kantor. Perlu Anda tahu, langkah tersebut sangat baik untuk menyegarkan pikiran. Setelah melakukannya, bukan tak mungkin Anda akan jadi lebih produktif dan kreatif di tempat kerja.

Jangan pernah anggap sepele tugas yang kecil

Menganggap sebuah pekerjaan kecil sebagai hal yang sepele akan membuat Anda cenderung tidak produktif. Karenanya, penting bagi Anda untuk menghindari sikap tersebut dalam dunia kerja.

Cobalah untuk tetap menghargai tugas apapun yang diberikan oleh atasan, sekalipun itu tugas kecil. Kenapa demikian? Sebab mungkin saja tugas tersebut punya pengaruh besar terhadap kelangsungan perusahaan.

Selalu prioritaskan istirahat

Istirahat yang cukup pada malam hari punya banyak manfaat bagi kehidupan Anda. Selain bisa menyegarkan pikiran setelah seharian beraktivitas, langkah tersebut juga bisa bikin Anda jadi lebih kreatif dalam bekerja.

Baca juga: Awas, 5 Hal Sepele ini Tanpa Disadari Bikin Uang Cepat Habis!

Perlu diketahui, Thomas Edison merupakan salah seorang yang percaya akan hal ini. Ia mengklaim bahwa beberapa ide jeniusnya datang ketika dirinya sedang atau telah terbangun dari tidur.

Itulah beberapa poin yang bisa bikin Anda jadi lebih produktif dalam beraktivitas. Ingat, ketika Anda selalu bersemangat saat melakukan kegiatan, maka hidup Anda pun akan lebih berawarna dan bahagia.

Di sisi lain, kebahagiaan juga bisa dirasakan apabila Anda mampu meraih kebebasan finansial dalam kehidupan. Kebebasan finansial merupakan kondisi di mana Anda tak perlu bekerja untuk mencari uang, sebab uang yang akan bekerja untuk diri Anda.

Bagaimana cara untuk meraih kebebasan finansial? Salah satunya dengan cara berinvestasi. Dalam hal ini, Anda bisa berinvestasi di platform Danain yang merupakan Peer to Peer (P2P) Lending pertama beragunan emas di Indonesia. Selain mudah dan minim risiko, investasi di Danain juga memberikan imbal hasil yang menjanjikan, minimal 8% maksimal 120% per tahun. Selengkapnya, baca: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!