Blog

Apa Saja Sembako yang Paling Dibutuhkan oleh Masyarakat Indonesia?

danain-Sembako yang paling dibutuhkan-gambar sembako

Sembako yang paling dibutuhkan

Sembako dianggap sebagai bahan-bahan dasar untuk pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Lantas, apa saja sembako yang paling dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia?

Istilah sembako tentu sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Sembako adalah singkatan dari sembilan bahan pokok yang dipopulerkan setelah terjadinya krisis moneter pada tahun 1998 silam.

Sembako merupakan kebutuhan pokok yang wajib ada di setiap rumah. Karena perannya yang sangat vital, tak heran jika sembako kadang kala membuat heboh ibu rumah tangga, terutama jika harganya melambung tinggi.

Nah, bicara sembako, tahukah kamu bahan apa saja yang ada di dalamnya? Jika belum tahu, simak ulasan berikut ini hingga tuntas!

ISI DALAM SEMBAKO

Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 115/MPP/Kep/2/1998 pada 27 Februari 1998, sembako terdiri dari sembilan jenis bahan pokok, di antaranya:

  1. Beras

Bahan pangan yang pertama adalah beras, makanan pokok penduduk Indonesia. Beras dimanfaatkan untuk beragam olahan nasi khas Indonesia, mulai dari nasi padang hingga nasi kuning. Beras dapat ditemukan di sejumlah lokasi, mulai dari pasar tradisional sampai supermarket.

Baca juga: Wajib Coba, ini 3 Resep Makanan Unik dan Kreatif untuk Dijual dengan Untung Menjanjikan!

  1. Gula pasir

Isi sembako berikutnya adalah gula pasir. Pemberi rasa manis pada setiap hidangan ini telah menjadi bahan pokok dalam berbagai makanan atau minuman. Demikian dilansir laman Kumparan.com.

  1. Minyak goreng dan mentega

Di urutan ketiga ada minyak goreng dan mentega. Minyak goreng wajib dimiliki oleh setiap orang untuk mengolah makanan sehari-hari. Di pasaran, minyak goreng dijual dalam berbagai jenis, mulai dari curah, kemasan, hingga botolan. Masing-masing merek punya harga dan kualitas yang berbeda-beda.

Sementara itu, mentega kerap dipilih sebagai alternatif pengganti minyak goreng. Alasannya, kalori dan lemak jenuh yang ada di dalamnya terbilang lebih rendah.

  1. Daging sapi dan ayam

Daging-dagingan merupakan sumber protein bagi tubuh manusia. Karena itu, tak heran jika bahan pangan ini juga masuk dalam jajaran sembilan bahan pokok bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Cara Promosi Makanan di WhatsApp dengan Mudah, Dijamin Banjir Orderan!

  1. Telur

Telur adalah hasil produksi dari unggas. Bahan pokok ini punya banyak manfaat bagi kehidupan, mulai dari sebagai makanan harian, bahan baku kue, bahkan produk kecantikan. Selain itu, telur juga bermanfaat untuk perkembangan otak, kesehatan mata, dan menjaga stamina tubuh.

  1. Susu

Di daftar selanjutnya ada susu, minuman nikmat yang mampu menyehatkan tubuh. Salah satu manfaat susu adalah mencegah penyakit osteoporosis. Ada banyak jenis susu yang bisa dikonsumsi, mulai dari susu sapi, susu kedelai, hingga susu kambing.

  1. Sayur dan buah

Kebutuhan tubuh bisa terpenuhi dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk pemenuhan gizi. Sejumlah sayur yang kerap dikonsumsi sebut saja sawi, kangkung, hingga buncis. Sementara buahnya meliputi pisang, apel, jeruk, pepaya, hingga alpukat.

  1. Minyak tanah atau gas elpiji

Minyak tanah dan gas elpiji termasuk bahan pokok lantaran fungsinya yang penting untuk memasak. Kita tentu bisa bayangkan, apa jadinya jika kedua produk tersebut tidak ada dalam kehidupan. Proses memasak akan jadi lebih sulit.

Baca juga: Lezatnya Luar Biasa, ini 5 Makanan Indonesia yang Mendunia!

  1. Garam yodium

Garam yodium jadi bahan pokok yang terakhir. Semua kalangan membutuhkan produk ini, sebab punya manfaat sehat bagi tubuh manusia. Di antaranya bisa mencegah penyakit tiroid serta menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di kandungannya.

KESIMPULAN

Secara garis besar, sederet produk di atas adalah sembako yang paling dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Semuanya selalu dibutuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply