Blog

Lezatnya Luar Biasa, ini 5 Makanan Indonesia yang Mendunia!

Danain-makanan_indonesia_yang_mendunia-gambar sate

Makanan Indonesia yang mendunia

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan ragam kuliner. Lantas, apa saja makanan Indonesia yang mendunia?

Indonesia tak hanya kaya akan budaya dan wisata, namun juga kaya akan keragaman kuliner. Masing-masing daerah di nusantara punya hidangan khas yang lezat dan nikmat dengan cita rasa tersendiri.

Kekayaan rempah alami yang melimpah membuat masyarakat Indonesia sangat pandai dalam mengolah makanan dengan rasa yang unik, sehingga penyantapnya jadi terlena. Tak heran, jika pergi ke luar negeri, kita seringkali akan sangat rindu dengan makanan khas Indonesia.

Usut punya usut, ternyata makanan khas Indonesia tak hanya jadi primadona di negeri sendiri, namun juga digemari oleh masyarakat mancanegara. Penasaran apa saja makanan Indonesia yang mendunia?

Berikut kami beberkan sederet makanan Indonesia yang sudah terkenal  di lingkup internasional, seperti dikutip dari laman Merdeka.com:

Rendang

Makanan Indonesia yang mendunia pertama adalah rendang. Makanan tradisional asal Minangkabau ini sudah beberapa kali dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN Internasional, bahkan mengalahkan sushi khas Jepang.

Baca juga: Untung Menjanjikan, 7 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu Rupiah ini Wajib Banget untuk Kamu Coba!

Untuk diketahui, rendang dihasilkan dari proses memasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama. Adapun bahan-bahan yang digunakan meliputi daging sapi, santan, kelapa, cabai, dan sejumlah bahan rempah lainnya.

Nasi goreng

Makanan berbahan dasar nasi ini punya cita rasa yang gurih dan juga lezat. Dimasak dengan berbagai macam bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, kecap manis, hingga asam jawa, makanan ini tak hanya digemari oleh masyarakat dalam negeri saja, namun juga oleh masyakarat dari luar negeri. Salah satu tokoh dunia yang menyukai makanan nikmat ini adalah mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Sate

Makanan Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah sate. Saking lezatnya, makanan ini berhasil masuk dalam daftar makanan terenak di dunia versi CNN World’s Best Foods 2017.

Sate bisa diartikan sebagai potongan daging yang ditusuk dan dipanggang, lalu disajikan dengan bumbu kacang atau kecap. Di Tanah Air, jenis sate sangat beraneka ragam, mulai dari sate padang, sate maranggi, hingga sate klatak.

Baca juga: Bikin Geleng-geleng Kepala, Inilah 7 Makanan Termahal di Dunia yang Perlu Kamu Tahu!

Meski begitu, dari sekian banyak jenis sate yang ada, sate ayam dan sate kambing dengan campuran saus kacang atau kecap jadi yang paling populer dan digemari. Makanan satu ini dapat ditemui di pinggir jalan hingga restoran mewah sekalipun.

Sop buntut

Sop buntut juga masuk dalam jajaran makanan Indonesia terenak yang diakui oleh dunia. Terbuat dari potongan daging ekor sapi yang lezat, makanan ini sangat digemari oleh berbagai kalangan.

Sekadar informasi, sop buntut pernah disajikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol, oleh salah seorang chef asal Indonesia. Ketika itu, ratusan peserta memberikan respons yang positif pada makanan ini. Melalui acara itu juga, sop buntut mulai diakui sebagai salah satu makanan terlezat yang mendunia.

Tempe

Makanan Indonesia yang mendunia di nomor lima adalah tempe. Banyak orang luar negeri yang jatuh cinta pada makanan berbahan dasar kedelai ini.

Baca juga: Simak Baik-baik, Inilah Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan dengan Untung Menjanjikan!

Tempe berhasil mencatatkan namanya di kancah internasional pada acara Jakarta Kuliner Fest yang dihelat pada tahun 2012 lalu. Dalam acara tersebut, banyak pengunjung yang mengakui kelezatan tempe. Chef asal Korea Eduard Quad adalah satu dari ribuan orang yang mengakuinya.

Ya, itulah daftar makanan Indonesia yang mendunia. Dari nama-nama yang disebutkan, mana yang paling kamu suka?

Leave a Reply