Seorang ayah pasti menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya, baik itu dalam hal pendidikan, pasangan, bahkan keuangan. Dalam kesempatan ini, sejumlah staf CNBC membagikan kisah inspiratifnya terkait sosok ayah mereka.

Mereka pun membagikan sederet nasihat yang disampaikan oleh sang ayah seputar kesuksesan, termasuk di dalamnya tentang karier dan keuangan.

Seperti apa nasihatnya?

Bedakan keinginan dan kebutuhan

Reporter keuangan senior Kathleen Elkins bercerita tentang masa kecilnya yang pernah diberitahu perihal perbedaan keinginan dan kebutuhan oleh ayahnya. Ia menuturkan, saat masih kecil, ia pernah memesan susu cokelat di sebuah restoran.

Ketika itu, sang ayah mengatakan bahwa susu cokelat merupakan sebuah keinginan. Mengetahui hal itu, segera saya menggantinya dengan memesan air es saja.

Seiring bertambahnya usia, Elkins mulai belajar bagaimana memisahkan potensi pembelian yang besar ke dalam dua kategori tersebut. Selain itu, ia juga menerapkan gaya hidup hemat seperti yang dilakukan oleh sang ayah, di mana selalu mengutamakan kebutuhan daripada keinginan.

“Tentu saja, selalu ada waktu dan tempat untuk minum susu cokelat. Saya hanya memastikan selalu melakukan pertimbangan sebelum menghabiskan uang dan senantiasa melakukan pembelanjaan pada barang yang benar-benar penting,” ungkap Elkins.

Baca juga: Inspiratif, ini 5 Sosok Ayah Hebat yang Rela Berjuang Keras untuk Anaknya!

Temukan dan jalani karier yang menarik

Megan Leonhardt bercerita, sang ayah sangat praktis tentang pendekatannya terhadap kehidupan, terutama dalam hal menemukan dan membangun karier yang sukses.

Sang ayah selalu mengatakan kepada Leonhardt dan saudara perempuannya bahwa mereka harus menemukan karier yang dianggap menarik, sebab mereka akan menghabiskan sisa hidup dengan melakukannya. Ketika telah menjalani karier tersebut, sang ayah juga menyarankan untuk selalu mempelajari hal-hal baru dan jangan pernah stagnan.

Leonhardt menambahkan, sang ayah selalu mendorong kedua anak gadisnya untuk memilih jurusan di perguruan tinggi dan karier yang menarik serta dapat menghasilkan cukup uang untuk makan dengan nyaman.

“Jika kamu memiliki passion yang tidak membayar, itu disebut hobi. Ayah ingin kami bisa berdiri sendiri. Dan ya, berkat pelajaran kecilnya itu, kami berdua melakukannya,” jelas Leonhardt.

Bicara sedikit, banyak mendengar

“Ayah saya mengajari saya untuk sedikit bicara dan banyak mendengar, seperti lirik yang terdapat pada lagu “When You Say Nothing At All” milik Alison Krauss. Itu saya dapat ketika berusia tiga tahun. Saya masih mengingat jelas semua liriknya, karena lagu itu sangat berarti bagi kami,” terang reporter keuangan Anna Hecht.

Diungkapkan Hecht, satu baris dalam lagu itu menyebutkan, ‘Anda mengatakan yang terbaik ketika Anda tidak mengatakan apa-apa’. Kata-kata itu selalu mengingatkan Hecht pada kekuatan mendengarkan dan dampak dari tindakan seseorang atas kata-kata mereka.

Baca juga: Kesalahan Terbesar Wanita dalam Mengelola Keuangan, Wajib Dihindari!

Passion penting, gaji juga penting

Wakil redaktur pelaksana Lindsey Stanberry menuturkan, sang ayah selalu berkata bahwa alasan seseorang dibayar untuk bekerja adalah karena pekerjaan itu sendiri. Kata dia, ayahnya selalu bersemangat tentang karier dan ia mendapat banyak dorongan dari sang ayah.

“Akan tetapi, ketika pekerjaan menjadi sulit karena alasan apapun, misalnya karena proyek tak berjalan sesuai rencana, politik kantor yang bikin rumit, atau terlalu banyak lembur, saya selalu mengingatkan diri sendiri: Inilah sebabnya saya mendapatkan gaji,” pungkas Stanberry, seperti dilansir CNBC.

Itulah sejumlah nasihat tentang karier dan keuangan yang disampaikan oleh ayah dari beberapa staf di CNBC. Sebagai orang bijak, sudah sepantasnya kita mengambil nilai-nilai positif yang telah diungkapkan oleh mereka.

Di sisi lain, penting juga bagi Anda untuk tetap cerdas dalam mengelola finansial guna meraih kebebasan finansial di masa yang akan datang. Salah satu langkah yang bisa Anda terapkan adalah dengan melakukan penghematan dan alokasikan uang yang dimiliki untuk pengembangan dana.

Anda bisa mengembangkan dana di Danain yang merupakan platform Peer to Peer (P2P) Lending beragunan emas di Indonesia. Selain aman dan mudah dilakukan,  mengembangkan dana di Danain memberikan imbal hasil yang menjanjikan. Selengkapnya, baca: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!