Blog

Tak Main-main, ini Sederet Manfaat Pasar Modal bagi Investor!

danain-Manfaat pasar modal bagi investor-gambar kantor pasar modal

Manfaat pasar modal bagi investor

Istilah pasar modal tentu sudah tidak asing di telinga kita. Yang jadi pertanyaan, apa sih manfaat pasar modal bagi investor?

Seperti yang diketahui, pasar modal merupakan tempat bertemunya investor dengan emiten. Menurut Pasal 1 ayat (13) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995, pasar modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Pada umumnya, instrumen atau efek yang diperdagangkan dalam pasar modal meliputi saham, obligasi, dan reksa dana. Meski begitu, ada juga instrumen lain yang diperdagangkan, seperti waran, right, dan produk derivatif lainnya.

Bicara pasar modal, ada satu pertanyaan yang kerap mengemuka: sebenarnya, apa manfaat pasar modal bagi investor? Untuk tahu jawabannya, simak ulasan berikut ini hingga tuntas!

JENIS-JENIS PASAR MODAL

Sebelum mengulas manfaat pasar modal bagi investor, ada baiknya untuk tahu dulu jenis-jenis pasar modal yang ada di Indonesia beserta fungsinya, antara lain:

Pasar Perdana (Primary Market)

Jenis yang pertama adalah Pasar Perdana. Ini merupakan jenis pasar modal yang memperdagangkan saham-saham dan sekuritas lain yang bisa dijual untuk pertama kalinya sebelum saham tersebut dicatat di bursa. Biasanya, perusahaan menggunakan jasa profesional dan lembaga pendukung pasar modal untuk membantu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk go public.

Baca juga: Butuh Modal Buat Usaha? Sederet Cara Mendapatkan Investor Berikut ini Bisa Kamu Coba!

Adapun penjamin yang ditunjuk oleh perusahaan juga akan membantu dalam menentukan harga perdana saham dan memasarkan sekuritas tersebut ke calon investor.

Pasar Sekunder (Secondary Market)

Ini adalah perdagangan saham usai melewati masa penawaran atau pasar perdana. Harga saham di pasar ini ditentukan oleh permintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli.

Besarnya permintaan dan penawaran dalam pasar ini dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal biasanya berhubungan dengan kebijakan internal perusahaan sebagai kinerja yang sudah dicapai, sementara faktor eksternal adalah hal-hal lain di luar kemampuan perusahaan untuk mengendalikan. Demikian dilansir laman Merdeka.com.

FUNGSI PASAR MODAL

Pasar modal punya sejumlah fungsi yang tak main-main, yakni:

– Meningkatkan kapasitas produksi perusahaan.

– Menciptakan lapangan kerja baru yang bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi.

– Membantu perusahaan dalam mendapatkan dana atau suntikan modal.

– Sarana pemerataan pendapatan.

Baca juga: Tipe Investor itu Bermacam-macam, Anda Masuk Kategori yang Mana?

– Meningkatkan pendapatan negara, sebab dividen yang diberikan kepada pemegang saham akan dikenakan pajak oleh pemerintah.

– Sebagai indikator perekonomian negara.

MANFAAT PASAR MODAL BAGI INVESTOR

Investor merupakan pemodal yang ingin menginvestasikan uangnya untuk membeli saham, reksa dana, obligasi, atau produk derivatif lainnya. Berikut kami beberkan manfaat pasar modal bagi investor yang jarang diungkap ke permukaan:

Sebagai wahana investasi

Manfaat yang pertama adalah sebagai wahana investasi. Pasar modal bisa jadi tempat terbaik bagi seseorang yang ingin menginvestasikan uangnya di aset keuangan.

Meningkatkan kekayaan

Hasil investasi di pasar modal bisa meningkatkan kekayaan investor seiring berjalannya waktu. Itu karena pemegang saham akan mendapatkan dividen dan pemegang obligasi akan mendapatkan bunga tetap setiap periode.

Alternatif investasi

Pasar modal bisa jadi alternatif investasi bagi semua pihak. Jika berinvestasi di sektor properti butuh modal yang sangat besar, pasar modal tak demikian. Berinvestasi di pasar modal bisa dilakukan dengan modal yang terjangkau dan tetap menguntungkan.

Baca juga: Hati-hati, Investor Pemula Sering Lakukan 5 Kesalahan Ini, Jangan Ulangi!

Bisa mengurangi risiko kerugian

Berinvestasi di pasar modal tidak terbatas hanya pada satu perusahaan saja, melainkan bisa di beberapa perusahaan sekaligus. Ini bisa mengurangi risiko kerugian dalam berinvestasi.

Dapat hak suara dalam RUPS

Saat investor sudah menanamkan modal pada satu instrumen, maka investor tersebut akan mendapatkan hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Di sisi lain, investor juga punya kuasa untuk mengganti instrumen investasi jika dirinya sudah tak berminat pada instrumen yang telah dipilih.

Bagaimana, sudah paham kan manfaat pasar modal bagi investor?

Leave a Reply