Blog

Butuh Modal Buat Usaha? Sederet Cara Mendapatkan Investor Berikut ini Bisa Kamu Coba!

Danain-Cara_mendapatkan_investor-gambar orang jabat tangan

Cara mendapatkan investor dengan mudah

Dalam dunia bisnis, mencari investor bukanlah perkara gampang, butuh usaha ekstra untuk bisa mendapatkannya. Berikut sederet cara mendapatkan investor yang bisa kamu coba!

Apakah kamu sedang membutuhkan modal untuk merintis sebuah usaha? Jika ya, kamu bisa mendapatkannya dengan cara mengambil sebagian uang dari tabungan, menggadaikan barang berharga, menjual aset pribadi, hingga mengajukan pinjaman ke bank atau kerabat dekat. Namun, jika sederet cara tadi masih dirasa kurang tepat, masih ada cara lain yang bisa kamu tempuh, yakni mencari investor yang bisa mengucurkan modal.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan investor dengan mudah? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Buat daftar calon investor

Langkah pertama, buatlah daftar calon investor yang benar-benar potensial. Jangan hanya memasukkan satu atau dua nama, tapi sebanyak mungkin agar peluang untuk mendapatkan investor akan makin besar. Pastikan sederet nama yang sudah dicantumkan memang berkompeten, sehingga mereka tak cuma memberikan modal berupa uang saja, tapi juga bisa menyumbang ide-ide kreatif yang berkontribusi untuk kemajuan bisnis di kemudian hari.

Baca juga: Tipe Investor itu Bermacam-macam, Anda Masuk Kategori yang Mana?

Ajukan proposal

Cara mendapatkan investor yang selanjutnya adalah dengan mengajukan proposal. Seperti yang diketahui, proposal merupakan alat ‘meminta izin’ untuk mendapatkan sesuatu. Nah, untuk menarik minat calon investor, buatlah proposal semenarik mungkin dengan kondisi yang sebenarnya, mulai dari visi misi usaha, rencana usaha, ide, inovasi, gambaran produk, dan lain sebagainya.

Buat presentasi yang menarik

Setelah membuat dan mengajukan proposal, langkah selanjutnya adalah melakukan presentasi di hadapan calon investor. Sebelumnya, kamu harus menyiapkan dulu poin-poin presentasi yang menarik dan mudah dipahami. Jangan sia-siakan momen tersebut, sebab itulah waktu yang tepat untuk memperkenalkan keunggulan bisnis kamu secara langsung.

Jelaskanlah secara rinci terkait keunggulan produk, ide bisnis, prospek, laporan keuangan, manfaat, dan segala hal lain yang sejatinya bisa meyakinkan calon investor. Satu hal yang tak kalah penting, lakukanlah presentasi dengan tenang, tegas, dan tidak bertele-tele.

Baca juga: Hati-hati, Investor Pemula Sering Lakukan 5 Kesalahan Ini, Jangan Ulangi!

Jelaskan risiko usaha

Sudah bukan rahasia lagi jika setiap jenis usaha pasti punya risiko yang menghantui, baik besar maupun kecil. Meskipun risiko usaha adalah hal yang negatif, tapi hal ini tetap harus dijelaskan kepada calon investor.

Jangan sekali-kali menyembunyikan risiko usaha kepada calon investor, sebab hal ini justru akan merugikan kamu. Solusi terbaik, jelaskan saja sederet risiko yang ada secara jujur. Dengan begitu, mungkin saja calon investor malah punya masukan atau saran yang baik untuk meminimalisir risiko yang ada.

Ya, itulah cara mendapatkan investor yang berikutnya!

Buat strategi usaha dengan baik

Untuk meningkatkan kepercayaan calon investor, kamu perlu buat strategi usaha sebaik mungkin. Perlu kamu tahu, strategi usaha yang tersusun rapi dan terstruktur bisa memperlihatkan bagaimana prospek usaha kamu di kemudian hari. Sebab, tak sedikit perusahaan yang akhirnya gulung tikar karena tak punya strategi usaha yang matang.

Baca juga: Cegah Kerugian, ini 5 Risiko Investasi dan Contohnya yang Wajib Kamu Tahu!

Ikuti pameran atau kompetisi

Cara mendapatkan investor yang terakhir adalah dengan mengikuti pameran atau kompetisi. Sebagai informasi, dalam sebuah pameran atau kompetisi di bidang bisnis, biasanya akan banyak investor yang datang untuk melihat. Manfaatkanlah momen berharga ini untuk menarik investor.

Semakin menarik model bisnis yang kamu tampilkan, maka semakin banyak pula calon investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya di perusahaan kamu. Jadi, rajin-rajinlah ikut pameran atau kompetisi bisnis yang diselenggarakan oleh berbagai pihak.

Bagaimana, siap mendapatkan investor dengan sederet cara di atas?

Leave a Reply